Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ibu Rumah Tangga Ingin Bisa Menabung? Berikut Tipsnya!

Menjadi seorang ibu rumah tangga memang merupakan hal yang membutuhkan kemampuan untuk dapat melakukan berbagai hal atau multitasking. Dari mengurus suami dan anak, memasak untuk keluarga, membersihkan rumah, hingga mengatur keuangan rumah tangga. Dalam mengatur keuangan ini, terkadang ibu rumah tangga memiliki kesulitan menyiasati agar semua kebutuhan keluarga bisa terpenuhi. Dan kalau sudah begitu, menabung rasanya seperti hal yang terlalu sulit dilakukan, padahal sangat penting untuk memiliki dana simpanan sebagai bentuk persiapan masa depan.

Namun, jangan berkecil hati dulu! Jika mau berusaha dan pandai menyiasati keadaan, ibu rumah tangga pun bisa menabung untuk masa depan keluarga. Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan oleh para ibu rumah tangga untuk dapat menabung:

1. Dapur, urusan paling mendasar

Kita tentu sudah tahu betul kalau urusan yang paling mendasar dalam rumah tangga, termasuk dalam alokasi keuangan, adalah urusan dapur. Karena itu, sangatlah penting untuk mengelola urusan dapur sebijak dan se-efisien mungkin hingga ke hal-hal terkecil. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih menekan pengeluaran dan mengalokasikannya menjadi tabungan.

Mulailah dengan membuat perencanaan menu harian sehingga memudahkan Anda dalam mengatur apa saja yang harus dibeli dan bagaimana menyiasatinya supaya tidak banyak uang yang dikeluarkan. Simpan baik-baik bahan makanan agar tidak membusuk dan dapat lebih awet sehingga tidak ada yang terbuang. Anda bisa memasak dan menyiapkan bekal makan untuk suami dan anak agar mereka tidak perlu membeli makan di luar, yang berarti penghematan uang. Anda juga bisa melakukan penghematan lebih dengan memasak camilan untuk keluarga, terutama untuk anak, sehingga tidak banyak uang yang keluar untuk membeli jajanan.

2. Tabungan tidak cukup satu

Satu tabungan saja sulit, apalagi lebih? Mungkin hal semacam itu melintas dalam pikiran Anda ketika membaca tulisan diatas. Tapi percaya atau tidak, memiliki beberapa tabungan adalah salah satu cara yang sangat ampuh untuk dapat menabung. Baik itu beberapa rekening bank atau bahkan celengan di rumah, Anda akan merasakan keuntungannya di masa depan. Jika Anda memiliki beberapa tabungan, Anda tidak akan terfokus hanya kepada satu tabungan dan akan langsung habis jika terpakai.

Misalnya saja ketika Anda membutuhkan dana mendesak, Anda akan mengambil salah satu tabungan namun masih memiliki beberapa tabungan lain. Karena itu mulai sekarang biasakanlah untuk memiliki beberapa tabungan dibanding hanya bergantung pada satu tabungan. Dan terus rajin untuk mengisi tabungan-tabungan itu, meski hal itu membutuhkan usaha keras dari Anda.

3. Rekap belanja

Selalu catat belanja Anda, baik itu rencana sebelum berbelanja maupun nota setelah berbelanja. Mencatat rencana belanja akan membantu Anda mengorganisir apa saja yang memang perlu dibeli, dan pastikan Anda memisahkan mana yang memang dibutuhkan dengan mana yang hanya diinginkan. Lalu usahakanlah untuk membeli sesuai dengan apa yang Anda rencakanan dalam catatan sebelumnya, sehingga dapat terhindar dari impulsive buying yang hanya menghabiskan uang Anda.

Sedangkan pencatatan sesudah belanja berguna untuk merekap apa saja yang telah Anda beli, apakah sudah sesuai dengan rencana yang dibuat atau masih ada hal-hal yang dibeli diluar rencana. Rekap catatan pembelian setelah belanja juga dapat membantu Anda mengevaluasi berapa jumlah yang habis di bulan tersebut, apakah lebih sedikit atau justru lebih banyak dari bulan lalu. Anda juga bisa memanfaatkan rekap nota pembelian untuk membandingkan harga di pembelian sekarang dengan yang sebelumnya, apakah lebih murah atau tidak. Atau mengetahui dimana tempat yang memberikan harga yang lebih murah dibanding yang lainnya.

4. Strategi 31 amplop

Strategi ini sebenarnya sudah ada sejak lama dari jaman nenek moyang kita dulu, namun kita tahu bahwa the truth never grows old, kan? Caranya pun sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan amplop yang disesuaikan dengan kebutuhan rumah tangga. Jumlahnya tidak harus 31, tergantung dengan bagaimana kondisi rumah tangga Anda saja seperti misalnya SPP anak, biaya listrik, biaya telepon, dan semacamnya. Lalu masukkan uang sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan, atau uang pas, ke dalam masing-masing amplop tersebut.

Cara ini dapat membantu Anda mengeluarkan uang dengan efisien dan menghindari kemungkinan mengeluarkan uang lebih dari nominal yang dibutuhkan. Jika Anda membayar kebutuhan-kebutuhan tersebut seperti biasa, tidak menutup kemungkinan ada nominal-nominal yang keluar lebih meskipun kecil. Namun jangan salah, hal-hal kecil itu kalau dihitung totalnya akan membuat Anda kaget sendiri dan akhirnya menyesal mengapa harus dikeluarkan.

5. Merk bukan segalanya

Tidak akan ada orang yang menarik Anda untuk melihat apa merk dibalik bagian belakang baju saat Anda sedang berjalan-jalan. Itu adalah sebuah fakta yang sebenarnya telah diketahui bersama namun kerap dilupakan orang. Karena itu, Anda perlu selalu ingat bahwa tidak penting membeli barang dengan merk tertentu yang membandrol harga selangit kalau ada barang lain dengan fungsi, bahan, dan model yang tidak jauh berbeda.

Lagipula, tidak berarti barang yang mahalnya selangit selalu memiliki kualitas yang lebih baik dibanding barang lain, kan? Justru membeli barang dengan merk terkenal dan harga tinggi biasanya lebih untuk memenuhi gengsi dibanding fungsi. Dan ingatlah bahwa gengsi tidak dapat memberi keluarga Anda jaminan atau tabungan untuk masa depan.

Demikianlah beberapa tips untuk menabung yang bisa diterapkan oleh ibu rumah tangga dalam mengelola keuangan keluarga. Tentu saja hal-hal tersebut membutuhkan usaha yang tidak mudah, namun tidak mudah bukan berarti tidak mungkin, bukan? Selama Anda terus ingat bahwa tabungan sangat penting untuk keluarga tercinta, Anda akan dapat menguatkan diri untuk terus menabung. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips menabung ibu rumah tangga, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Cara Menabung yang Benar dan Mudah untuk Masa Depan
Cara Mengajari Anak Menabung
Bagaimana Caranya Menabung di Kantor Pos?
Untung Rugi Ibu Rumah Tangga vs Ibu yang Bekerja
Bagaimana Cara Menabung Dollar?
Inilah 6 Cara Unik Menabung Orang Jaman Dahulu
Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga
Pilih Mana Arisan vs Menabung?
Masih Ragu Menabung di Bank? Simak Manfaatnya Berikut Ini!
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang


Bagikan Ke Teman Anda