Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ingin Menjadi Semakin Pintar? Cobalah Hal-Hal Berikut Ini!

Ada banyak faktor yang menyebabkan otak terasa mandeg dan tidak berjalan seperti dulu, misalnya karena bertambahnya usia atau hanya melakukan kegiatan rutin yang itu-itu saja. Otak manusia memang ibarat pisau, harus terus diasah agar dapat tetap tajam dan berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengasah otak dan menjadi semakin pintar:

1. Memperbanyak Variasi Bacaan

Anda tentu sering mendengar ungkapan membaca adalah jendela dunia. Kalimat yang disampaikan secara turun-temurun dari nenek moyang dahulu itu memang benar adanya. Membaca adalah cara yang sangat efektif untuk menambah pengetahuan dan wawasan, yang tentunya akan merangsang otak untuk bekerja lebih baik. Selain itu, membaca berbagai variasi dan genre bacaan akan memperkaya informasi yang dimiliki. Dari mulai surat kabar, majalah, jurnal ilmiah, hingga tulisan fiksi sekalipun bagus untuk kinerja otak.
Membaca di jaman sekarang seharusnya menjadi hal yang sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja, karena sudah banyak buku dalam bentuk digital seperti e-book dan audio book. Anda tidak perlu lagi repot membawa buku yang tebal dan berat, tinggal membuka gadget dan membaca dari situ. Dengan begitu, otak akan lebih terasah karena selalu update informasi terbaru sekaligus memanfaatkan waktu yang ada dengan baik.

2. Mempelajari Keterampilan Baru

Meski tampaknya sepele, namun ternyata mempelajari hal dan keterampilan baru bisa mengasah otak menjadi semakin pintar. Seperti yang telah diulas di bagian awal, salah satu penyebab otak tidak bisa bekerja dengan baik adalah terkurung di kebiasaan yang itu-itu saja. Otak menjadi stagnan karena keadaan yang monoton dan tidak ada trigger yang membuatnya terpacu menjadi lebih baik.

Anda bisa mencoba mempelajari hal baru seperti belajar bahasa asing yang belum dikuasai, atau mencoba hobi baru. Misalnya saja mencoba memelihara tanaman atau ikan hias, atau hobi lain yang sama sekali baru bagi Anda. Dengan mencoba hal-hal tersebut, otak akan lebih terasah dan pikiran lebih terbuka dengan pengalaman baru yang dialami. Hal yang penting untuk diingat adalah jangan takut mencoba, dan jangan takut gagal. Seperti kata orang bijak, pengalaman adalah guru yang terbaik.

3. Bergaul dengan Orang Pintar

Pada dasarnya bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain akan membuat Anda mendapatkan hal baru dan mempelajari banyak hal. Seperti saat mencoba hal baru, bertemu dengan banyak orang juga akan dapat membantu membuka pikiran lebih luas. Dan akan lebih baik jika Anda bertemu dan bergaul dengan orang-orang yang pintar agar otak lebih terasah.

Hal ini karena dengan siapa kita bergaul dan berteman akan mempengaruhi apa yang dibicarakan dan dipikirkan oleh otak. Jika kita bergaul dengan orang-orang pintar, maka yang dibahas pun hal-hal yang selayaknya dibahas oleh orang pintar. Mencakup pengetahuan juga informasi terkini yang menambah wawasan dan tentunya akan membuat Anda semakin pintar.

4. Istirahat yang Cukup

Tidur adalah cara yang sangat ampuh untuk mengistirahatkan otak dan membuatnya dapat bekerja dengan baik keesokan harinya. Dengan tidur yang cukup, otak Anda lebih prima dan siap untuk fokus pada kegiatan yang akan dilakukan. Dan sebaliknya, saat kekurangan tidur otak Anda akan lelah dan sulit berfungsi sebagaimana mestinya. Jadi tidak heran ketika kurang tidur, Anda akan merasa lebih mudah emosi karena otak tidak dapat berpikir dengan jernih.

Kurang tidur juga membuat Anda kesulitan untuk dapat produktif dalam menjalankan pekerjaan atau kegiatan rutin lainnya. Karena itu sangat penting untuk mengatur waktu agar mendapatkan tidur yang cukup demi kesehatan dan kinerja otak. Anda perlu menjauhkan gadget kurang lebih satu jam sebelum tidur, karena hal itu membuat lebih susah tidur. Anda juga bisa tidur siang sebentar agar otak dapat beristirahat dengan cukup dan kembali segar.

5. Berolahraga Rutin

Anda pasti sering mendengar kalimat bijak bahwa di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Tubuh yang sehat akan membentuk pikiran yang sehat juga, karenanya olahraga sangat penting untuk kinerja otak. Olahraga akan membantu mengalirkan oksigen ke dalam otak sehingga Anda lebih dapat berkonsentrasi, fokus, dan meningkatkan memori. Olahraga juga dapat membantu mengatasi kelelahan, kegelisahan, hingga depresi yang dialami.

Anda dapat melakukan olahraga ringan, misalnya jogging, senam, yoga, atau bahkan berjalan santai. Tidak perlu memaksakan melakukan olahraga yang berat, tapi sesuaikan dengan kondisi dan kemampuan Anda. Bukan berapa banyak Anda bisa berolahraga, tapi bagaimana Anda berolahraga agar bisa terus rutin dan menjadikannya sebagai kebiasaan yang baik.

6. Memperhatikan Asupan Untuk Tubuh

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan agar semakin pintar adalah memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Perbanyaklah makan makanan yang bergizi, terutama protein dan omega 3 yang baik untuk otak. Dan sangat penting untuk mengurangi rokok dan alkohol, karena keduanya dapat merusak fungsi otak dan memori. Menerapkan gaya hidup yang sehat adalah jawaban tepat untuk mengasah otak dan tentunya dapat menjadikan Anda semakin pintar.

Demikianlah beberapa hal yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar otak Anda terus terasah. Menjadi semakin pintar bukan hanya untuk orang yang memiliki IQ tinggi sejak lahir saja, tapi bisa dicapai oleh semua orang. Selama terus berusaha mengasah otak dan tidak terjebak dalam zona nyaman, Anda pun bisa untuk terus menjadi lebih pintar lagi. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips menjadi semakin pintar, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kamu Mau Menjadi Orang yang Smart? Ini Tip agar Kamu Lebih Pintar!
10 Hal yang Harus Dilakukan Setiap Hari agar Menjadi Lebih Pintar
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Mengapa Orang Yahudi Sukses?
Jangan Beli Mainan Anak-anak Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses


Bagikan Ke Teman Anda