Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Dia Cara Praktis Belajar Ekonomi yang Mudah, Efektif dan Efisien!

#belajar #efekstif #efisien #ekonomi #mudah

Diakui atau tidak, ekonomi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang paling banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, bagaikan oksigen di dalam udara, eksistensinya sering diabaikan dan kurang diapresiasi. Padahal, sejak bangun tidur hingga tidur lagi, tidak ada barang sedetik pun waktu kita yang terlepas dari pengaruh ekonomi praktis maupun teoretis. Hal ini menjadikan sadar akan ekonomi merupakan sesuatu yang mutlak untuk dicapai siapapun. Mengapa demikian?

Satu-satunya penjelasan terbaik atas hal ini adalah kita sekarang hidup di tengah tatanan global yang terhubung satu sama lain secara finansial, secara perekonomian. Uang, belakangan ini, tidak lagi mengenal batas negara. Layaknya manusia, uang merupakan sesuatu yang organik, yang eksistensinya bisa membuat inangnya kaya atau bangkrut. Nah, agar tidak menjadi korban dari sisi negatif uang, perlu bagi seseorang untuk mempelajari ekonomi, bahkan sejak usia dini. Ini tak lain karena hanya ilmu ekonomi lah yang mampu menjelaskan bagaimana dan mengapa kita mampu atau tidak mampu mendapatkan apa yang kita butuhkan untuk hidup.

Tidak hanya itu, hanya ilmu ekonomi yang bisa menjelaskan berapa banyak barang yang bisa kita peroleh, dimana persebaran barang dan jasa yang murah, siapa yang lebih mampu untuk memproduksi barang dan jasa tersebut serta bagaimana cara termudah untuk memproduksi barang dan jasa yang kita butuhkan, dan apa yang membuat harga barang-barang tiba-tiba melonjak maupun turun secara drastis serta kapan kira-kira harga bakalan stabil. Hal-hal seperti itulah yang dipelajari dalam ilmu ekonomi.

Melihat kompleksitas ilmu ekonomi yang begitu tinggi, tidak banyak orang yang secara serius berminat mendalaminya. Namun, ada banyak cara untuk membuat mempelajari ilmu ekonomi sebagai sesuatu yang mengasyikkan. Bagaimana caranya? Hal-hal di bawah ini, jika dilakukan, akan membuat ilmu ekonomi sebagai sesuatu yang asyik dan gampang dipahami dibanding cabang ilmu manapun.

1. Belajar dari kuliah gratis di YouTube

YouTube tidak diragukan lagi perannya sebagai penyedia informasi papan atas berkualitas. Di dalamnya orang melakukan sharing aneka jenis video yang kesemuanya bersifat gratis; bisa diakses siapapun dan bahkan dikopi ke dalam hardisk komputer. Ada banyak kampus papan atas di luar negeri yang menyediakan kuliah gratis di bidang ekonomi dan penyajiannya terbagi menjadi sejumlah video. Salah satu kampus yang menayangkan kuliah ekonomi lewat YouTube adalah MIT, yang menayangkan kuliah tentang prinsip-prinsip ekonomi mikro ke dalam 26 video yang rata-rata berdurasi 45 menit. Memang, mengikuti kuliah gratis di YouTube berarti kita telah kehilangan peluang dan momen untuk bertanya.

Tapi, paling tidak, kita bisa memutar balik video jika kita kurang mengerti hal yang dijelaskan. Jarang sekali penyimak video kuliah di YouTube yang kebingungan karena umumnya kuliah daring tersebut dibawakan secara gamblang dan mudah dipahami oleh siapapun. Apalagi jika itu sifatnya pengantar. Ada banyak solusi di YouTube. Jika ada materi yang kurang jelas di satu video, kita bisa mengakses video lain guna mendapatkan penjelasan lebih. Bagi kebanyakan orang hal ini mungkin kurang nyaman. Tapi, belajar dari kuliah yang ditayangkan di YouTube merupakan solusi paling praktis dan paling murah. Di luar itu semua, adalah komitmen kita yang tersisa untuk benar-benar berminat dan niat belajar atau tidak.

2. Mengikuti kursus online terbuka

Jika menurut Anda YouTube kurang praktis untuk dijadikan sumber dalam mempelajari ilmu ekonomi karena mengharuskan mencari kuliah yang pas dan relevan, maka tersedia berbagai kursus online terbuka yang sifatnya gratis dan lebih spesifik membahas ekonomi. Salah satunya adalah yang dijalankan oleh MRUniversity alias Marginal Revolution University. Sebagaimana mottonya, MRUniversity menyediakan platform yang spesifik mengulas ilmu ekonomi dengan menayangkan berbagai video yang dibawakan oleh para profesor ekonomi papan atas dunia. Di sini, Anda bisa mendapatkan akses untuk mengikuti kursus atau kuliah online mulai dari hal paling mendasar di bidang ekonomi seperti mikroekonomi hingga yang cukup kompleks karena melibatkan politik global semacam sejarah ekonomi Uni Soviet yang sekarang lebih dikenal sebagai Rusia.

Meski di sini Anda tidak bisa bertanya secara langsung saat kursus dibawakan, MRUniversity menyediakan fasilitas untuk tanya jawab. Apa yang dilakukan oleh MRUniversity ini juga dijalankan oleh sejumlah kampus ternama di dunia seperti Stanford University, University of California. Financial Times, salah satu media ternama dunia yang mengulas ekonomi, juga menyediakan kursus serupa. Hanya saja, masing-masing memiliki platform dan tampilan yang berbeda. Pilih saja yang Anda suka. Mudah, bukan?

3. Membaca buku

Dua solusi di atas cocok bagi mereka yang suka akan dan sering mengakses dunia maya. Namun, banyak yang menilai hal itu tidak praktis dan memilih yang lebih konvensional seperti membaca buku secara offline. Ini tidak susah untuk ditempuh. Jika Anda kebetulan termasuk orang seperti ini, ada banyak buku yang bisa Anda pilih untuk mengenal dasar-dasar ilmu ekonomi, mulai dari yang teoretis hingga praktis seperti “The Undercover Economist” karya Tim Harford yang juga jurnalis BBC, “Pop Internationalism” karya Paul Krugman, hingga “False Economy” besutan Alan Beattie.

Belajar adalah soal niat dan komitmen. Jenis media yang dipilih tidak menjadi masalah selama kita memiliki komitmen untuk mengenal bidang tersebut lebih jauh. Hal ini juga berlaku untuk ilmu ekonomi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang cara praktis belajar ekonomi yang mudah, efektif dan efisien, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.