Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Dia Tip Menghilangkan Sifat Pemalas!

Tidak ada satupun di dunia ini yang mau disebut pemalas atau mengakui diri sebagai pemalas. Sebutan tersebut terkadang subyektif sifatnya. Misal, ketika kita orang melihat kita berdiam diri, bersantai, selama berjam-jam hingga berhari-hari, sontak kita cenderung disebut pemalas. Padahal, orang tersebut bisa jadi tidak mengetahui bahwa kita baru saja selesai melakukan tugas dan pekerjaan berat dalam durasi yang cukup lama. Namun, jika kita bersantai terlalu lama dan itu berlangsung dalam frekuensi tinggi, maka subyektifitas tersebut berubah menjadi sesuatu yang obyektif sifatnya. Orang benar dan berhak menjuluki kita pemalas jika demikian adanya.

Di luar berbagai definisi atas kemalasan, yang paling relevan untuk menjelaskan kemalasan adalah tiadanya hasil yang dimiliki seseorang dan tiadanya proses yang dijalani orang yang sama. Adalah korelasi antara hasil dan proses yang membuat seseorang layak disebut pemalas atau tidak. Dengan kesadaran bahwa kita tidak berhak menentukan kuantitas dan kualitas hasil, maka kemalasan identik dengan tiadanya proses yang kita jalani. Anda tidak berproses, maka dari itu Anda layak disebut pemalas.

Bagaimanapun juga, kemalasan adalah sesuatu yang harus dihindari. Berikut adalah tipsnya.

1. Istirahat, tidur dan berolah raga

Pada sejumlah kasus, kemalasan merupakan buah kelelahan dan tiadanya daya yang mencukupi. Jika ini memang benar Anda alami sekarang, maka Anda harus bergegas istirahat dan tidur seperlunya. Jangan lupa pula bugarkan diri Anda. Hanya dengan demikian badan Anda siap menjalani tugas berikutnya.

2. Anggap tugas sebagai bentuk latihan

Jika kita menganggap tugas sebagai beban, maka kita cenderung malas untuk menggarapnya. Atau, yang lebih buruk lagi, menggarap secara asal-asalan. Agar terhindar dari kemalasan yang berbuah pada tumpukan tugas yang lebih besar lagi, maka anggap saja tugas tersebut sebagai latihan yang bakal meningkatkan kecakapan dan keterampilan Anda. Coba saja. Pasti akan terasa lebih ringan.

3. Belajar dari mereka yang sukses

Ingin berhenti malas? Perbanyak baca biografi orang sukses dan perhatikan mereka yang benar-benar sukses. Dengan mengerti bagaimana cara mereka mengatasi kemalasan, maka Anda akan terinspirasi untuk menghancurkan kemalasan dan rasa malas yang mendera dalam diri Anda.

4. Perbanyak merenung

Saat malam hari, biasakan jangan langsung tertidur pulas. Tapi, sebagai gantinya, gunakan untuk merenung dan jangan dalam posisi berbaring. Renungkan apa yang sudah Anda capai dalam seharian dan apa yang sudah Anda lakukan hari ini. Anda tentu mengetahui mana yang kurang dan yang lebih. Jika telah mengerti titik lemah Anda, dan apa yang membuat Anda tidak tertarik untuk menuntaskan pekerjaan, maka Anda bakal apa yang membuat Anda malas. Dengan begitu, Anda bisa mencoba mencari cara untuk mengatasinya.

5. Miliki motivasi

Pada sejumlah kasus, alasan untuk menjadi seorang pemalas adalah kurangnya motivasi. Nah, Anda harus menemukan cara agar merasa termotivasi mengingat hal itu sifatnya subyektif pada masing-masing individu.

6. Miliki visi

Dengan sering membayangkan diri menjadi sosok yang kita inginkan, maka kita akan tersadar akan apa saja yang harus kita raih dan kehidupan semacam apa yang kita inginkan. Itu semua tampak sederhana dan tidak efektif. Tapi, hal tersebut pasti memotivasi kita untuk menghalau kemalasan.

7. Pikirkan manfaat

Anda pemalas? Maka mulai sekarang pikirkankan lah berbagai manfaat yang bakal Anda peroleh jika Anda berhasil mengatasinya dan beraksi ketimbang menghabiskan waktu memikirkan soal kesulitan dan hambatan yang tengah menghadang di depan mata. Perlu Anda sadari bahwa berkutat memikirkan betapa sulitnya sebuah pekerjaan hanya membuat Anda patah semangat sehingga memilih tidak beraksi dan, akhirnya, menjadi seorang pemalas. Sangat penting bagi Anda untuk membuat pikiran Anda fokus memikirkan manfaat dan bukan masalah.

8. Pikirkan konsekuensi

Pikirkan apa yang bakal terjadi jika Anda mengalah pada kemalasan. Pikirkan pula dampak dari tidak mengambil langkah untuk bertindak. Dengan begitu, Anda akan terdorong untuk melangkah.

9. Lakukan satu kegiatan pada satu waktu

Jangan multi-tasking. Itu kurang baik bagi Anda. Yang lebih strategis untuk dilakukan adalah fokus menggarap satu kegiatan pada satu waktu. Jika Anda merasa banyak hal yang harus dilakukan, maka itu hanya akan membuat Anda merasa malas. Maka dari itu, ambil satu tugas atau pekerjaan saja, dan tuntaskan untuk kemudian beralih ke pekerjaan lain.

10. Visualisasikan diri

Diakui atau tidak, visualisasi memiliki pengaruh besar terhadap pikiran, kebiasaan dan aksi kita. Jika Anda tengah dilanda kemalasan, maka jangan hanya memvisualisasikan diri tengah menggarap pekerjaan tersebut dengan penuh percaya diri, semangat dan efisiensi tinggi serta merayakan keberhasilan Anda menuntaskan pekerjaan tersebut. Anda juga harus membayangkan diri malas, ogah-ogahan menuntaskan pekerjaan tadi, dan apa yang bakal terjadi jika Anda menuruti kemalasan Anda. Hanya dengan begitu Anda mengerti risiko dari memelihara kemalasan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip menghilangkan sifat pemalas, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Rahasia Anak Pemalas Bisa Menjadi Sukses
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?
Mengapa Financial Management (Manajemen Keuangan) Harus Diajarkan di Sekolah
Empat Tahap Pertumbuhan Bisnis
Apa yang Harus Dilakukan Bila Dompet Hilang?
Bagaimana Restoran Buffet (All You Can Eat) Mendapatkan Untung?


Bagikan Ke Teman Anda