Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Ini Pentingnya Personal Finance! Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi

#personal finance #tip keuangan

Frasa ‘personal finance’ atau keuangan pribadi mendadak sering dibicarakan belakangan ini. Sebagaimana trend lain yang dipaksakan keberadaannya, frasa ini membuat orang mengernyitkan dahi lewat berbagai istilah yang tampak rumit dan kurang praktis untuk dipahami. Dan, yang paling terasa dalam berbagai diskursus seputar personal finance adalah kehadiran uang, uang dan uang yang tak pernah berhenti. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan ‘personal finance’ dan apa kegunaannya bagi seseorang?

Yang dimaksud dengan personal finance pada dasarnya adalah ilmu untuk mengatur uang atau keuangan. Aktivitas yang satu ini melibatkan semua keputusan finansial dan berbagai aktivitas yang dilakukan oleh seorang individu atau dalam satu sistem ekonomi yang lebih besar seperti keluarga. Adapun praktik keuangan yang menjadi bahasan di sini antara lain adalah bagaimana memperoleh pendapatan, teknik menabung, cara berinvestasi dan juga membelanjakan uang atau harta benda yang dimiliki.

Pada mulanya pembahasan seputar personal finance tampak tidak menarik dan cenderung membosankan. Di sisi lain, ketika berurusan dengan uang, orang cenderung mengambil langkah praktis ketimbang harus sibuk memikirkannya. Tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa banyak topik dalam personal finance yang penting untuk dibicarakan dan dibagi dengan khalayak yang lebih luas mengingat dalam skema perekonomian global seperti sekarang, dimana praktik sharing economy bisa hadir di depan mata tanpa diundang sekalipun, segala sesuatu berhubungan dan berlangsung dalam hitungan yang sangat singkat.

Maka dari itu, semua hal yang ada kaitannya dengan uang menjadi bahasan personal finance, yang meliputi pembelian produk finansial seperti kartu kredit, asuransi rumah, kredit perumahan dan berbagai macam bentuk investasi dan juga investasi kendaraan bermotor. Dalam skala yang lebih luas dan impersonal, perbankan dianggap sebagai bagian dari personal finance yang bentuk aktivitasnya meliputi pemeriksaan keuangan dan pembukaan tabungan dan, yang paling baru, adalah online payment dan layanan mobile payment semacam PayPal dan Venmo.

Sebagaimana disinggung di atas bahwa semua aktivitas finansial individu masuk dalam kategori personal finance. Salah satu fitur penting dalam personal finance adalah personal financial planning yang cakupannya meliputi analisis kondisi finansial Anda terkini, memprediksi kebutuhan jangka panjang dan jangka pendek serta mengeksekusi sebuah rencana untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam batasan kondisi finansial individu tersebut.

Dan, sebagaimana perencanaan matang lainnya, perencanaan finansial sepenuhnya tergantung pada tingkat pengeluaran seseorang, pendapatannya, pemenuhan kebutuhan hidup dan juga berbagai keinginan dan tujuan pribadi individu tersebut. Dan, di antara aspek paling penting personal finance, ada: menilai arus kas yang diharapkan; membeli asuransi, menghitung dan menentukan nilai wajib pajak, tabungan dan investasi, dan juga rencana pensiun.

Tidak bisa dipungkiri bahwa peran personal finance sangatlah besar dan penting dalam membuka wacana soal dunia finansial. Ini tak lain karena personal finance banyak mengulas dan berhubungan dengan hal-hal teoretis maupun praktis terkait keuangan seperti:

1. Bagaimana menyusun anggaran

Anggaran sangat penting untuk mengetahui dan menyadari situasi finansial Anda sebenarnya karena ia mengkalkulasi berapa banyak pendapatan Anda tiap bulannya, dan kemana saja uang Anda pergi.

2. Bagaimana cara kerja kredit

Kredit pada dasarnya merupakan perjanjian kontrak dimana peminjam mendapatkan uang atau sesuatu menurut hitungan sekarang dan sepakat untuk membayar uang tersebut nantinya dengan nilai uang pada saat itu. Bentuk kredit sendiri bermacam-macam, mulai dari bentuk kartu kredit, pinjaman, kredit rumah, kredit atau pinjaman pendidikan.

3. Bagaimana memeriksa laporan kredit

Satu-satunya cara untuk mempertahankan kesehatan status kredit kita adalah dengan memverifikasi akurasi laporan kredit kita secara teratur. Untuk itu, mintalah salinan laporan kredit Anda.

4. Bagaimana mengatasi hutang

Lihatlah pelunasan hutang sebagai rencana jangka panjang, tapi susun berbagai sasaran jangka pendek yang nantinya bisa Anda penuhi dan rayakan tiap kali berhasil menuntaskannya.

5. Bagaimana caranya agar bisa pensiun dengan nyaman

Untuk itu hitunglah berapa banyak uang yang Anda butuhkan agar bisa hidup dengan nyaman dan pelajari financial resources mana yang bisa mewujudkan harapan Anda itu nantinya. Berbagai opsi yang ada berkisar mulai dari tabungan sederhana, sertifikat, perencanaan pensiun, obligasi, saham, dll.

6. Bagaimana memilih perencanaan kesehatan

Untuk mengetahui mana perencanaan kesehatan yang pas, telusuri berbagai skema yang ada dan pelajari lebih lanjut seraya sesuaikan dengan kondisi Anda.

7. Bagaimana cara membeli asuransi

Banyak orang yang tidak tahu asuransi seperti apa yang seharusnya dibeli atau seberapa besar polis mereka seharusnya kelak di kemudian hari.

8. Arti penting penting real estate

Tidak semua orang berminat untuk memiliki rumah tambahan sebagai bahan investasi atau sekedar sebagai cadangan dan simpanan untuk anak cucu. Tapi, yang pasti, tanah dan rumah tidak pernah merugikan secara langsung. Hanya saja, jika Anda berminat membeli rumah hanya untuk dijual cepat, maka itu keputusan yang kurang bijak. Perhatikan baik-baik perencanaan tata kota nantinya, karena itu yang bakal membuat seberapa besar harga rumah dan tanah akan merangkak atau melompat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pentingnya personal finance, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



12 Aturan Keuangan yang Harus Dipahami oleh Anak-anak
Cara Mendidik Anak untuk Belajar Mengatur Keuangan
Apa itu Pinjam.co.id?
Cara Mengatur Keuangan Saat Dimensia Datang
9 Tips Keuangan untuk Keluarga Kecil Berbahagia
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Kost
Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
4 Langkah Sederhana Membuat Anggaran Keuangan Keluarga


Bagikan Ke Teman Anda