Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah 10 Cryptocurrency Terpopuler Saat Ini

Seiring perkembangan teknologi, perubahan terus terjadi. Salah satunya adalah perubahan cara masayarakat dunia dalam melakukan pembayaran. Selain melalui cara transfer perbankan, PayPal dan Payoneer, saat ini dikenal juga pembayaran dengan Cryptocurrency.

Lalu apakah Cryptocurrency itu?

Cryptocurrency merupakan sebuah teknologi mata uang digital yang menggunakan teknologi kriptografi sebagai keamanan yang membuatnya tidak dapat dipalsukan. Jika nilai mata uang suatu negara ditentukan oleh fluktuasi ekonomi dan nilai tukar mata uang antara satu negara dengan negara lainnya, maka nilai cryptocurrency ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran para pengguna atau yang disebut dengan miners. Berikut adalah ke 10 Cryptocurrency paling populer saat ini.

1. BitCoin

Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah mendengar mengenai BitCoin. BitCoin merupakan Cryptocurrency yang pertama kali diciptakan. BitCoin diperkenalkan pada tahun 2009 oleh developer pseudonymous bernama Satoshi Nakamoto. BitCoin menggunakan SHA-256, yaitu satu model Cryptography yang di design oleh US National Security Agency.

Saat ini, BitCoin cukup populer dalam penggunaannya, terbukti dari harganya yang meningkat tajam sejak dari tahun dikeluarkan hingga sekarang. BitCoin dipasarkan melalui suatu jaringan bernama Blockchain Network. Nilai BitCoin saat ini mencapai $5670.98 (per Oktober 2017)

Pada tahun 2011 muncul Altcoin (jenis Cryptocurrency lain selain BitCoin) dengan nama Namecoin. Namecoin kemudian menjadi awal mula kemunculan Altcoin lainnya, meski saat ini ia hanya bisa bertengger di tingkat ke 84 dari ratusan Cryptocurrency yang digunakan di dunia.

2. Ethereum

Ethereum merupakan salah satu Cryptocurrency yang juga dipasarkan dalam jaringan Blockchain. Meskipun terdapat beberapa perbedaan teknis antara BitCoin dan Ethereum : yaitu dalam tujuan penggunaan dan bagaimana cryptocurrency ini digunakan. Sementara BitCoin Blockchain memiliki kendala – adanya potensi terjadi sentralisasi pertambangan terhadap pool mining yang mendominasi – Ethereum memiliki Ghost Protocol yang memungkinkan hal seperti ini dihindari. Di dalam Ethereum, algoritma yang digunakan disebut dengan Ethash. Harga Ethereum saat ini mencapai $342.06 (per Oktober 2017)

3. Ripple

Ripple merupakan nama jaringan dari mata uang XRP yang bersifat open source. Mata uang ini berbasis matematika dan dapat digunakan untuk berbagai transaksi. Adapun beberapa keunggulan dari mengguanakan Ripple adalah
Pembayaran lebih murah, lebih cepat karena bersifat otomatis. Ripple juga mudah dijangkau dengan koneksi internet. Ripple memiliki protokol bersama untuk uang, sehingga membuat transaksi antar bisnis independen menjadi mudah. Harga Ripple saat ini adalah $0,2633 (per Oktober 2017)

4. BitCoin Cash

BitCoin Cash adalah cryptocurrency yang baru beredar pada bulan Agustus 2017 lalu. Sesuai namanya, BitCoin Cash memang dihasilkan dari pecahan dari dasar software BitCoin. Dengan melakukan User Activated Hard Fork (UAHF), sekelompok miners kemudian memecah Blockchain menjadi dua jalur.
Hal ini dipicu oleh meningkatnya transaksi yang memerlukan kapasitas Blockchain yang lebih besar. BitCoin cash terdiri dari 8 mb ‘blok’ dan bukan 1 mb sehingga membuatnya lebih cepat. BitCoin Cash saat ini memiliki harga $316.74 (per Oktober 2017)

5. Litecoin

Litecoin merupakan Cryptocurrency yang diciptakan oleh Charles Lee pada tahun 2011. Litecoin dihadirkan untuk mengatasi masalah yang selalu dihadapi BitCoin yaitu adoptasi penambangan yang berspesifikasi tinggi. Namun di dalam penggunaannya Litecoin tidak berbeda jauh dengan BitCoin. Saat ini nilai LiteCoin adalah sebesar $65 (per Oktober 2017)

6. Dash

Evan Duffield merilis Dash pada tahun 2014, dengan nama Xcoin, namun kemudian berganti nama menjadi Darkcoin. Pada tahun 2015, nama ini berganti lagi menjadi Digital Cash yang disingkat menjadi Dash. Di dua hari pertama ketika diluncurkan, Dash sudah ditambang sebanyak 1.9 juta, sekitar 10% dari total persediaan yang akan diluncurkan.

Tidak seperti BitCoin yang memiliki jaringan tunggal, Dash membagi jaringan mereka menjadi beberapa fungsi seperti creating new blocks yang dikendalikan oleh miner. Jaringan kedua adalah masternodes yang memiliki fungsi PrivateSend, InstantSend, dan Governance Functions. Saat ini Dash menjadi Cryptocurrency yang cukup populer dengan harga $306.90 (per Oktober 2017)

7. NEM

Para pelaku dan pengguna Crypto-Currency terus menerus melakukan kesempurnaan dalam sistem ini. Termasuk ketika NEM (New Economic Movement) diciptakan pada tahun 2014. NEM bukanlah pecahan (Fork) dari BitCoin, melainkan memang diciptakan dari awal mula, untuk melengkapi kekurangan-kekurangan dari Crypto-Currency yang telah dulu hadir.
NEM mengusahakan bagaimana mereka lebih lengkap dalam fitur, lebih aman digunakan, dan kelebihan-kelebihan lainnya. Saat ini NEM berada di urutan ke 7 dengan nilai $0.208 (per Oktober 2017)

8. NEO

Neo sebelumnya bernama Antshares. Pada bulan Juni 2017, Da Hongfei sebagai pendiri, mengumumkan kehadiran pengganti Antshares, yaitu sebuah platform yang tersentralisasi, bersifat cryptocurrency open source dan blockchain yang dibentuk di China bernama Neo. Neo memiliki crypto-token yang disebut dengan GAS (sebelumnya dikenal dengan Antcoins). Dengan tagline ‘distributed network for the smart economy’ Neo cukup berhasil dalam industri Cryptocurrency dan saat ini memiliki harga sebesar $28.33

9. Monero $94.04

Monero (XMR) adalah sebuah cryptocurrency open source yang diciptakan pada bulan April 2014. Cryptocrency ini kemudian berfokus pada kekuatan privasi, desentralisasi dan scalability yang dapat bekerja dengan baik melalui windows, Mac, Linux, Android dan Free BSD. Monero adalah nama pendek dari BitMonero. Tidak seperti cryptocurency lainnya, Monero bekerja berdasarkan CryptoNote protocol dan memiliki kode algoritma yang cukup signifikan berbeda dengan blockchain obfuscation. Monero cukup baik direspon pasar dan saat ini berada pada harga $94.04

10. BitConnect $192.31

BitConnect coin, disingkat dengan BCC, diperkenalkan ke publik pada tanggal 15 November 2016. Versi open softwarenya kemudian dirilis pada bulan Januari 2017. Sebagai cryptocurrency, BitConnect bekerja secara peer to peer antara user tanpa memerlukan perantara. Transaksi ini kemudian akan diverifikasi oleh jaringan dan disimpan di sebuah public distributed ledger yang disebut Proof of Work (POW) dan Proof of Stake (POS). Saat ini BitConnect berada di harga $192.31.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang 10 Cryptocurrency terpopuler saat ini, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ini Dia Ancaman yang Mungkin Terjadi Dalam Cryptocurrency
Apa itu Mata Uang Cryptocurrency?
Perhitungan THR Karyawan (Tunjangan Hari Raya)
Apa itu Kebijakan Quantitative Tightening (QT)?
Cara Kerja Penjahat ATM Skimmer
Perbedaan Kebijakan Fiskal vs Kebijakan Moneter
Mengenal Hirarki Kebutuhan Dalam Piramida Maslow
Trend Cord Cutting TV Kabel di Indonesia
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?


Bagikan Ke Teman Anda