Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah Mengapa Orang Paling Kaya Sekalipun Bisa Bangkrut

Mungkin yang pernah terlintas dalam benak kita saat mengetahui seseorang memiliki uang dalam jumlah yang sangat banyak, adalah bagaimana menghabiskan uang yang sepertinya tak akan pernah habis sampai kapanpun itu. Tapi perlu diingat baik-baik bahwa uang berapapun jumlahnya pasti akan dapat habis, meski sebanyak apapun kelihatannya. Karenanya sangat mungkin bagi orang kaya, jutawan atau bahkan milyarder sekalipun untuk jatuh bangkrut dan kehilangan semua uangnya bahkan hanya menyisakan hutang menumpuk.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan orang sekaya apapun bisa bangkrut, yaitu:

1. Gaya Hidup Mewah yang Berlebihan

Memang merupakan hal yang wajar ketika kita memiliki uang banyak lalu ingin membeli berbagai barang yang bagus atau berjalan-jalan ke tempat wisata terkenal. Menggunakan uang yang dimiliki tentu sah-sah saja, selama tidak terhanyut dalam gaya hidup mewah yang berlebihan. Boleh saja memiliki mobil bagus dengan merk ternama, namun pikirkan lagi apakah perlu untuk memiliki lima jenis mobil mewah yang sebenarnya tidak dipakai.

Hal itu berlaku juga pada pembelian barang-barang mewah dan branded lainnya, apakah memang benar-benar perlu membeli semua itu atau hanya akan menghabiskan uang yang dimiliki saja? Ingat bahwa semua barang mewah yang dimiliki itu perlu perawatan ekstra, sehingga kalau tidak dirawat justru akan lebih cepat rusak dan nilainya malah berkurang. Kalau sudah begitu, Anda akan kehilangan uang sekaligus nilai dari barang-barang yang tadinya dikira bisa meningkatkan gengsi.

Orang-orang yang bertahan menjadi jutawan dan milyarder tanpa kemudian jatuh bangkrut adalah mereka yang justru banyak berhemat dan mengeluarkan uang dengan masuk akal. Mereka tidak merasa malu dan gengsi untuk protes jika ternyata membayar lebih dari yang seharusnya, atau meminta pengembalian uang yang menjadi hak mereka. Mereka juga pandai dalam memilah dan menilai mana yang benar-benar pantas dibeli, tidak hanya asal mengeluarkan uang untuk semua barang yang memiliki judul branded atau buatan designer.

2. Investasi yang Tidak Tepat

Berinvestasi adalah salah satu cara untuk dapat mengolah uang yang dimiliki menjadi sesuatu yang jumlahnya lebih besar lagi, sehingga tak jarang kalau hal ini sering menarik hati orang-orang kaya. Investasi memang sesuatu yang menjanjikan, namun perlu diteliti dan dipertimbangkan berbagai aspek sebelum melakukannya. Seperti informasi menyeluruh mengenai investasi yang akan dilakukan, rasio keuntungan dan kerugian yang mungkin didapat, berapa lama akan mendapat keuntungan, hingga resiko yang mungkin terjadi.

Tanpa adanya pengetahuan dan pertimbangan yang matang saat melakukan investasi, Anda hanya akan membuang uang dan terjun bebas menuju kebangkrutan. Apalagi jika Anda langsung berinvestasi dalam jumlah yang besar tanpa memahami dengan benar seluk-beluk investasi dan mempertimbangkan resiko yang ada. Tindakan berinvestasi yang agresif, impulsif, dan tidak sabar biasanya akan mengarah kepada kerugian yang semakin mengikis kekayaan.

3. Tidak Mengontrol Pengeluaran

Hal selanjutnya yang dapat membuat orang kaya menjadi bangkrut adalah tidak mengontrol dan mengatur pengeluaran dengan baik. Bahkan tak jarang mereka tidak memperhatikan apa saja yang telah dikeluarkan dan untuk apa uang tersebut dikeluarkan, hingga akhirnya tanpa sadar uang mereka menipis bahkan habis. Banyak juga orang kaya yang tidak mau tahu urusan keuangan yang dimilikinya lalu menyerahkan semuanya dalam kontrol orang lain, sehingga ia pun tidak tahu-menahu bagaimana kondisi keuangannya.

Hal ini sangat perlu diwaspadai karena berapapun jumlah uang yang Anda miliki, membuat budget dan mengontrol kemana saja uang itu pergi adalah hal yang harus dilakukan. Terutama mengenai pengeluaran yang tampaknya kecil dan tidak terasa, karena justru pengeluaran yang seperti itulah yang sebenarnya memiliki jumlah yang besar jika digabungkan. Ada banyak kasus dimana para orang kaya yang justru menghabiskan uang milik mereka karena tidak mengecek kemana uang itu pergi dan tidak mengaturnya dengan baik. Awalnya mungkin tidak akan terlalu terasa, namun hal itu akan terus menyedot uang yang dimiliki hingga menjadi bangkrut.

4. Hanya Memiliki Satu Sumber Pendapatan

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, dimana hal yang sekarang tampak berjalan lancar dan memberikan banyak keuntungan bisa saja suatu saat mengalami kemerosotan. Jika selama ini Anda mendapatkan kekayaan dari satu sumber saja, ini saatnya untuk melakukan perluasan atau variasi pada sumber-sumber lain. Dengan begitu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bisnis yang merugi, Anda masih punya bisnis atau sumber pendapatan lain yang bisa menyokong keuangan.

Dan sebaliknya, orang kaya raya sekalipun akan langsung jatuh bangkrut begitu satu-satunya sumber pendapatan yang diandalkan mengalami kerugian atau masalah lain. Kondisi perekonomian dan sektor-sektor usaha lain seperti gas alam, minyak bumi, atau properti sekalipun selalu mengalami naik turun dan akan ada resiko yang mungkin terjadi. Jadi sangat penting untuk memiliki beberapa sumber pendapatan, dimana selain bisa menjadi jaminan atas kestabilan keuangan juga tentunya dapat menambah kekayaan yang dimiliki.

5. Ketergantungan

Hal terakhir yang dapat membuat seorang yang kaya raya menjadi bangkrut dalam sekejap adalah ketergantungan terhadap sesuatu, terlebih lagi hal yang buruk seperti obat terlarang dan berjudi. Seperti yang telah kita tahu, penggunaan obat terlarang sekali saja akan membuat tubuh terus ketagihan dan mau tidak mau harus terus membeli obat yang harganya sangat mahal itu. Begitu juga dengan berjudi, dimana akan selalu membuat ketagihan dengan iming-iming mendapatkan uang dengan cepat padahal justru menguras uang yang ada. Kalau sudah begitu bukan hanya uang yang habis, namun tubuh dan hidup yang dimiliki pun bisa langsung hancur.

Demikianlah beberapa hal yang menyebabkan orang yang kaya raya, jutawan atau bahkan milyarader sekalipun, menjadi bangkrut tanpa peduli berapa banyak uang yang mereka miliki awalnya. Karena itu sangat penting untuk mewaspadai dan menghindari hal-hal tersebut sebisa mungkin. Ingatlah bahwa uang yang dimiliki tidak datang dengan mudah namun penuh usaha, karenanya kita harus menjaganya dengan sekuat tenaga juga. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mengapa orang paling kaya sekalipun bisa bangkrut, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Sebagian Besar Orang Sebenarnya Bangkrut! Mengapa?
Apa yang Terjadi pada Kodak hingga Mengalami Kebangkrutan?
Ini Kesalahan Perusahaan Besar yang Bisa Membuat Bangkrut!
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Mengapa Orang Yahudi Sukses?
Jangan Beli Mainan Anak-anak Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini


Bagikan Ke Teman Anda