Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah Nasehat Beberapa CEO untuk Diri Mereka Sendiri di Masa Remaja

Semua dari kita pasti pernah mengharapkan bahwa Einstein benar-benar telah menciptakan sebuah mesin waktu, agar kita dapat kembali ke masa lalu dimana kita harus mengambil banyak pilihan penting dalam hidup. Sangat menyenangkan rasanya ketika kita bisa mengulang ke masa remaja kita, lalu bisa memberi nasihat kepada diri kita sendiri ‘Jangan ambil jurusan Teknik, ambil Bahasa saja’ atau ‘Jangan kuliah di Universitas A, pilihlah Universitas B’ dan banyak lagi hal lainnya.

Jangan malu memiliki keinginan tersebut karena anda tidak sendiri. Tiap orang memang memiliki pergumulan batinnya masing-masing dalam hidup; bahkan Sejumlah CEO terkenal di dunia pun pernah berandai-andai mengenai apa yang akan mereka katakan kepada diri mereka sendiri jika mereka bisa mengulang waktu dan bertemu diri mereka sendiri ketika mereka masih remaja. Mereka tentu saja akan memberikan sejumlah nasihat penting yang menjadi kunci kesuksesan mereka di masa kini. Apakah anda penasaran apa saja nasihat tersebut dan siapa yang mengemukakannya? Yuk kita simak beberapa di antaranya.

1. Jadilah Otentik – Kevin Johnson CEO Starbucks

Starbucks berawal dari sebuah konsep bisnis yang sederhana – sebuah kedai kopi. Namun kedai kopi ini sekarang telah memiliki 26.000 gerai bisnis di seluruh dunia dan akan mencapai 37.000 gerai di tahun 2021.

Meski pencapaiannya telah sangat luar biasa, Kevin ingin mengatakan hal ini kepada dirinya sendiri di masa remaja. Yaitu ‘jangan takut menjadi versi yang terbaik dari dirimu sendiri dan jadilah otentik’ Memang menjadi otentik bisa menjadi tantangan yang menakutkan. Mulai dari pandangan miring dari banyak orang, dianggap aneh karena lain dari yang lain, namun Kevin memiliki alasan tersendiri mengenai hal ini.

“Ketika kita menjadi diri kita sendiri maka kita akan memiliki keunikan yang tidak akan dimiliki oleh orang lain. Ketika kita memiliki bisnis yang memiliki cirinya sendiri, orang akan lebih mudah mengingat keunikan tersebut dan akan sulit ditiru oleh pebisnis lainnya” wah rupanya ini yang membuat Starbuck sukses dan berjaya ya!

2. Kerjakan yang Anda Minati – Warref Buffet CEO Berkshire Hathaway

Inginkah anda bangun setiap pagi dan merasa bersemangat mengenai apa yang akan anda lakukan hari itu? Anda mungkin pernah merasakannya ketika anda hendak liburan atau hendak membeli barang baru idaman anda. Namun pernahkah anda membayangkan bahwa hal tersebut dapat anda rasakan juga terhadap pekerjaan anda sehari-hari?

CEO sekaligus Pimpinan Berkshire Hathaway Warren Buffet mengatakan bahwa sebenarnya hal ini dapat anda rasakan setiap hari jika anda mengerjakan pekerjaan yang anda sukai. Pada kenyataannya banyak orang yang bekerja tanpa memiliki rasa minat yang besar pada apa yang mereka lakukan, karena yang mereka cari hanyalah uang. Lakukanlah sesuatu yang anda minati, lalu cari bagaimana anda bisa mendapatkan penghasilan dari apa yang anda lakukan tersebut, dan anda tidak akan merasa harus bekerja lagi di sepanjang hidup anda.

3. Lakukan Lebih Dari yang Diharapkan – Jeffrey Katzenberg’s CEO DreamWorks

Jeffrey yang memiliki kekayaan bersih sekitar $750 juta dolar ini menekankan bahwa penting bagi anda untuk memberikan lebih dari yang diharapkan dalam segala hal yang anda lakukan. Terlebih dalam bisnis dan pekerjaan. Jika anda bisa memberikan hasil sebesar 80%, jangan berikan 80%, karena kebanyakan orang akan bisa memberikan hal yang sama dengan yang anda berikan.

Jika target sebuah pekerjaan atau sebuah bisnis adalah 80% maka berikan 100%. Meski tampaknya tidak mungkin, lakukan saja. Dengan cara ini, anda akan terlatih untuk melampaui hal-hal yang orang lain lakukan sehingga anda akan lebih diakui dan lebih dikenali sebagai seseorang yang memberikan hasil melampaui maksimal. Mungkin karena itulah nama perusahaan Jeffrey menjadi DreamWorks, artinya mimpi yang berhasil.

4. Cobalah Hal Baru yang Menurut Anda Sulit – Indra Nooyi CEO Pepsi

Anda pasti sudah mendengar kutipan bahwa laut tenang tidak akan menghasilkan pelaut yang tangguh. CEO Pepsi Indra Nooyi yang berpenghasilan $29,8 juta dolar Amerika pada tahun 2016 pun mengamini hal ini. Ia berpendapat bahwa jalan yang mulus dan hal yang mudah tidak akan membentuk diri dan kepribadian anda. Hanya dengan mengerjakan hal-hal yang sulit dan penuh tantangan yang dapat mengasah diri anda sehingga anda dapat menjadi lebih baik dari diri anda yang sekarang. Dengan melalui hal yang sulit banyak orang yang akan mengakui anda sebagai seorang pemberani dan anda akan lebih dihargai akan apa yang anda lakukan.

5. Kembangkan Hobi Anda – Llyod Blankfein CEO Goldman Sachs

Bagaimanapun kegiatan ekstrakulikuler itu penting. Llyod Blankfein memberi saran jika anda telah memiliki pekerjaan yang baik, jangan hanya terpaku dan mencurahkan semua fokus hidup anda hanya kepada pekerjaan anda. Beranikan diri untuk mengembangkan diri anda pada bidang lainnya, geluti hobi anda, terus belajar hal-hal baru agar skill dan networking anda bertambah. Karena siapa tahu, dengan cara mengembangkan hobi, adalah salah satu cara diri anda untuk membangunkan potensi anda yang selama ini sedang tertidur panjang sekaligus menambah banyak kolega. Tidak heran jika Goldman Sachs bisa menjadi perusahaan yang besar seperti sekarang, ya.

6. Fokus Pada Kelebihan, bukan Kekurangan – Hayley Barna Former CEO Birchbox Co

Tiap-tiap manusia memang diciptakan satu paket dengan kelebihan dan kekurangannya. Namun Hayley Barna berkata bahwa jangan biarkan kekurangan anda menjadi masalah yang besar bagi anda, karena semua orang juga memilikinya. Fokus saja pada kelebihan yang anda miliki dan terus memperbaharui pengetahuan yang dapat mengembangkan kelebihan anda tersebut.

Jangan pernah membandingkan kelemahan anda dengan kelebihan yang orang lain miliki. Selain perbandingan tersebut sampai kapanpun tidak akan apple to apple, terlalu sibuk membanding-bandingkan juga akan menghambat anda untuk mengembangkan kemampuan unik anda yang justru tidak akan dimiliki oleh orang lain.

7. Berani Mengakui Kesalahan – Dave Finnochio Ceo Bleacher Report

Dave pernah berkata kepada Forbes di tahun 2016 memang sulit mengakui kesalahan yang telah anda perbuat, terlebih bila anda harus mengakui kesalahan tersebut kepada atasan anda yang penting bagi anda atau kepada bawahan anda dimana anda harus menjaga wibawa. Namun justru dengan berani mengakui kesalahan anda dapat belajar mengenai banyak hal. Anda akan terus mengingatnya sehingga anda berusaha keras untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama, dan anda akan menjadi seorang pebisnis yang memiliki sifat rendah hati sehingga bisa lebih banyak menyerap ilmu dari mana saja dan siapa saja.

8. Bekerja Keras – Marissa Mayer, CEO Yahoo

Salah satu CEO wanita ternama dari Silicon Valley dengan kekayaan sebesar $189 juta dolar di tahun 2015, Marissa Mayer menekankan bahwa tidak apa-apa merasa nyaman mengenai ketidaknyamanan. Justru dengan berada di zona tidak nyaman, anda mendorong diri anda sendiri untuk mau tidak mau hanya melangkah maju. Meskipun ini artinya anda harus memaksa diri anda sendiri untuk melakukan hal yang tidak anda sukai. Marissa berkata bahwa justru pada saat anda melakukan hal yang membuat anda tak nyaman dan terus memaksa diri anda untuk berusaha melakukan hal-hal sulit, anda dan kemampuan anda akan tumbuh melebihi kompetitor anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang nasehat beberapa CEO untuk diri mereka sendiri di masa remaja, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Nasehat Keuangan yang Akan Membuat Kalian Lebih Dewasa Soal Keuangan
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Mengapa Orang Yahudi Sukses?
Jangan Beli Mainan Anak-anak Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Mengapa Asuransi Mobil Seharusnya Wajib?


Bagikan Ke Teman Anda