Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Menunggak KTA

Akhir-akhir ini seorang teman kantor selalu gelisah jika telepon di mejanya berbunyi. Bukan karena ia terbebani oleh tugas kantor, melainkan karena ia sedang menghindari pihak Bank yang mulai menagih hutang via telepon kantor. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat setiap telepon yang Bank lakukan lewat ponsel tak pernah ia angkat.

Teman kantor tersebut memang pernah meminjam Kredit Tanpa Agunan pada Bank tertentu yang karena sesuatu dan lain hal tak ia bayar angsurannya selama beberapa bulan terakhir. Sebenarnya dampak yang diterimanya sudah bisa diperkirakan. Karena ketika seseorang menunggak pembayaran angsuran pinjaman, ia harus siap menerima dampaknya, mulai dari yang ringan hingga yang buruk sebagai berikut :

  • Reputasi Baik Anda Cidera

Ketika anda terindikasi menunggak pada bulan dimana jatuh tempo pembayaran sudah tiba, maka biasanya, pihak Bank akan mengambil langkah preventif dengan cara menghubungi anda via ponsel. Mereka sekedar mengingatkan anda, karena mungkin saja anda lupa akan cicilan pinjaman yang harus dibayarkan. Setelah mengingatkan Bank akan menunggu apakah ada itikad baik dari anda untuk membayar angsuran.

Namun jika anda terus menunggak dan sulit untuk dihubungi via telepon pribadi, bukan tidak mungkin Bank akan mencari ‘jalan memutar’ dengan menghubungi anda via telepon kantor. Bila tidak berhasil juga, pihak Bank akan berkonsultasi dengan bagian HRD di kantor anda untuk membantu menghubungi anda agar membayar angsuran KTA Bank. Dan ini bisa jadi sangat memalukan karena beritanya dapat menyebar dengan cepat di kantor dan menciderai reputasi baik anda.

  • Anda Terkena Denda

Beberapa Bank akan menimpakan denda jika anda terlambat membayar angsuran pinjaman. Contohnya seperti KTA HSBC yang mengenakan denda Rp.75 ribu per bulan ketika anda terlambat membayar tagihan. Atau KTA BNI yang mengenakan denda Rp.25 ribu perhari untuk setiap keterlambatan pembayaran KTA. Bayangkan saja, dengan angsuran pinjaman yang belum dibayar dan denda yang berjalan terus menerus, hutang anda tentunya akan semakin menumpuk dari hari ke hari.

  • Raport Anda Buruk di BI Checking

Sementara petugas Bank terus berusaha melakukan penagihan kepada anda, Bank juga harus memberikan laporan secara rutin kepada Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Laporan yang berlaku secara nasional ini bernama Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia yang lebih dikenal dengan BI Checking. Disini, riwayat pinjaman anda terdata dengan seksama, lengkap dengan keterangan kolektibilitasnya. Reputasi anda sebagai debitur akan dinilai melalui nilai kolektibilitas pinjaman sebagai berikut :

  1. Kolektibilitas 1 / Lancar (Kolektibilitas 1), apabila anda selalu disiplin membayar pinjaman tepat waktu sehingga tidak terdapat tunggakan dalam pembayaran pinjaman anda.
  2. Kolektibilitas 2 / Dalam Perhatian Khusus, apabila terdapat tunggakan pembayaran pinjaman sampai dengan 90 hari.
  3. Kolektibilitas 3 / Kurang Lancar, apabila terdapat tunggakan pembayaran pinjaman sampai dengan 120 hari.
  4. Kolektibilitas 4 / Diragukan, apabila terdapat tunggakan pinjaman sampai dengan 180 hari.
  5. Kolektibilitas 5 / Macet, apabila terdapat tunggakan pinjaman di atas 180 hari.

Untuk mendapatkan nilai rapor yang baik tentu saja anda harus mendapatkan kolektibilitas 1 yaitu Lancar. Bila kolektibilitas anda terus lancar dan terekam di BI Checking, maka reputasi anda sebagai debitur tetap baik di mata perbankan, dan bank akan terus memberi pinjaman kepada anda.

  • Kredibilitas Anda buruk

Dalam memberikan pinjaman, perbankan mengikuti analisa 5C’s of credit dimana C yang pertama adalah Character. Artinya, modal utama dalam mengajukan pinjaman di Bank sebenarnya adalah Karakter anda. Darimana Bank dapat mengenali karakter nasabahnya? Sumber utama adalah dari riwayat pinjaman sebelumnya yang dapat dilihat melalui BI Checking. Jika anda memiliki kolektibilitas yang baik pada riwayat pinjaman sebelumnya, Bank menganggap karakter anda baik sebagai debitur, karenanya Bank akan terus percaya memberikan pinjaman kepada anda. Namun sebaliknya, jika kolektibilitas anda buruk, maka karakter anda sebagai debitur juga dianggap buruk, sehingga Bank menghindari memberikan pinjaman (lagi) kepada anda.

  • Anda Tidak Bisa Menerima Pinjaman Dari Bank Lain

Sesuai analisa 5c’s of credit, ketika riwayat kolektibilitas anda pada pinjaman sebelumnya buruk, Bank tidak akan memberikan pinjaman lagi kepada anda karena dianggap Karakter anda bermasalah dan khawatir anda akan mengulangi hal serupa pada pinjaman yang baru. Bagaimanapun juga, Bank memiliki Manajemen Resiko dalam pemberian kredit untuk menghindari terjadinya Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet yang menjadi momok bagi pihak perbankan.

  • Penyitaan Aset Anda hingga Ancaman Pidana

Jika Bank sudah melakukan penagihan namun anda masih menunggak, maka jalan terakhir adalah Bank akan melakukan penyitaan terhadap aset dan barang berharga seperti rumah, tanah, kendaraan pribadi maupun barang berharga lainnya. Yang lebih mengerikan lagi, jika jumlah tunggakan pinjaman anda sudah terlalu besar, dan anda tidak memiliki itikad baik untuk menyelesaikannya, maka bukan tidak mungkin anda dapat diajukan ke meja hijau oleh pihak Bank.

  • Anda Perlu Mediasi

Ketika anda merasa tidak sanggup untuk membayar pinjaman kepada pihak Bank sebaiknya jangan menghindar seperti teman kantor di atas. Bicarakan saja apa kesulitan anda kepada pihak Bank untuk mencari solusi bersama yang sama-sama menguntungkan. Jika hal ini masih tidak berhasil, anda dapat berkonsultasi dengan Otoritas Jasa Keuangan yang memang memiliki wewenang untuk menyelesaikan masalah antara nasabah dan perbankan. Sehingga diharapkan hasil win-win solution dapat dicapai baik untuk anda maupun untuk Bank dimana anda meminjam KTA.

Karakter nasabah memang menjadi poin utama bagi pihak perbankan dalam memberikan pinjaman. Hendaknya ketika seorang sudah berani mengajukan pinjaman pada perbankan, idealnya ia akan membayar angsuran secara tepat waktu. Sebaliknya, ia juga harus mengetahui apa dampak bagi dirinya jika ia menunggak. Sehingga, ketika Bank mengabulkan permohonan KTA anda, kuatkan komitmen agar jangan sampai kolektibilitas pinjaman anda lengser dari predikat Lancar seolah anda sedang mencoreng karakter dan nama baik diri anda sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa hal yang akan terjadi jika menunggak kredit tanpa agunan (KTA), semoga bermanfaat.



Bila Nasabah KTA Meninggal Dunia, Lantas Hutangnya Bagaimana?
Kredit Tanpa Agunan X-tra Dana CIMB Niaga
Karyawan Lebih Berpeluang Dapat KTA Dibanding Pengusaha, Benarkah?
Bolehkah Dana KTA untuk DP Rumah?
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Kerugian Mengambil Pinjaman KTA
KTA (Kredit Tanpa Agunan) Untuk Modal Usaha?
Kredit Tanpa Agunan HSBC, Apakah Benar Menguntungkan?
Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank HSBC
Cara Mengatasi Kredit Macet KTA (Kredit Tanpa Agunan)


Bagikan Ke Teman Anda