Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kamar Mau Disewakan di Airbnb? Ini Tip Memulai Bisnis Airbnb!

#AirBnb #bisnis

Sebagai sebuah startup ‘baru’, keberadaan Airbnb mengubah persepsi warga global akan akomodasi travel. Berkelana tak lagi sesuatu yang susah dan harus menginap di sebuah tempat yang kaku dan formal seperti hotel maupun hostel. Berkat Airbnb orang dapat menikmati keindahan dunia dengan cara lebih manusiawi. Di sini traveler bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal, lebih memahami kultur asli, dan semua interaksi dengan penginapan bersifat informal. Cair dan memasyarakat. Kultur seperti inilah yang dikehendaki oleh Airbnb; asimilasi dan pertukaran budaya yang difasilitasi oleh fitur yang namanya sharing economy.

Hal tersebut membuat Airbnb langsung digandrungi banyak orang dan menuai sukses, meski sejak didirikan pada 2008 keberadaannya nyaris tidak terdeteksi. Kini, startup tersebut memiliki listing di 190 negara di seluruh dunia. Karena menguntungkan kedua belah pihak, pertumbuhan Airbnb cukup pesat. Bagi host, Airbnb memberi nilai tambah pada bagian propertinya yang tidak terpakai. Akibatnya, nilai investasi di sektor properti meningkat tajam.

Nah, bagi Anda yang tertarik bisnis Airbnb, ini langkah yang bisa Anda tempuh untuk memulainya:

1. Riset pasar dan kompetitor

Pola bisnis Airbnb tidak berbeda dari rental dalam jangka pendek (short-term rental). Agar bisnis rental kamar di Airbnb Anda sukses, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Kaji kondisi kota Anda, amati harga kamar yang disewakan di kota Anda via Airbnb. Akan lebih baik jika Anda mencoba menyewa kamar Airbnb di kota Anda sendiri guna mengetahui apa yang membuat orang mau menginap di kamar tersebut. Bagaimanapun juga, Anda harus paham kondisi kompetitor. Jangan sampai karena Airbnb bisnis rumahan, trik bersaing Anda murahan. Jangan lupa juga untuk mencari info terkait aspek legal dan perpajakan dari Airbnb.

2. Tentukan harga

Setelah meneliti harga sewa kamar Airbnb, segera hitung harga per malam dengan ukuran dan jenis ruangan sebagai acuan. Hanya dengan cara seperti inilah Anda bias menetapkan harga sewa yang wajar untuk kamar Anda nantinya. Harga sewa Anda lah yang menentukan maksimal tidaknya tingkat booking dan income Anda nantinya. Sewaktu menentukan harga, jangan lupa memikirkan soal kualitas. Kalau Anda bermaksud untuk menghias rumah Anda dengan furniture dan karpet murahan, jangan pernah berharap untuk menetapkan harga yang mahal tanpa mendapat review yang buruk.

3. Temukan alasan dan mantapkan hati

Tanya pada diri Anda sendiri apakah benar-benar menghendaki cara mencari uang tambahan dengan cara seperti ini. Bisa jadi, Airbnb bukan solusi yang pas untuk mendapat income tambahan di luar gaji.

4. Operasi harian

Pikirkan cara bagaimana menjalankan bisnis Anda. Tiap penyewa punya pertimbangan masing-masing. Misal, kalau Anda merasa butuh penerima tamu, pikirkan siapa yang bakal bertugas untuk itu dan berapa gajinya serta fasilitas apa saja yang harus tersedia di front desk.

5. Menghias rumah

Apapun kondisi rumah Anda sekarang, jika memang memutuskan untuk bergabung dengan Airbnb, pikirkan untuk menghias rumah. Siapkan dana untuk membeli lukisan atau poster yang bakal mempercantik rumah. Jangan biarkan ruang kosong begitu saja. Mungkin keberadaan kursi kayu atau rak buku bisa membuat tamu Anda betah dan merasa seperti di rumah sendiri.

6. Ruang personal

Keberadaan ruang personal ini sangat penting bagi Anda. Bagaimanapun juga teritori tamu sudah jelas. Tapi, bakal ke mana Anda ketika tamu berdatangan dalam jumlah banyak? Otomatis, Anda memerlukan ruang personal tersendiri di kediaman Anda. Ingat, jangan terlalu banyak menuntut privasi jika rumah sudah terbuka untuk Airbnb. Begitu Anda terlampau banyak membatasi tamu akan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di rumah Anda, jangan heran kalau bulan depan tidak akan ada yang mau booking lagi.

7. Perhatikan biaya tambahan

Layaknya bisnis pada umumnya, Airbnb membutuhkan investasi. Jangan ragu dan enggan menarik sejumlah uang secara rutin dari income untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Itu bisa berupa mengganti TV di kamar tamu, membelikan AC baru, berlangganan majalah baru setiap bulannya, dan menambah router untuk membuat Wi-Fi semakin kencang di rumah Anda.

8. Mengemas kamar di Airbnb

Setelah semuanya kelar Anda pikirkan dan siapkan, sekarang waktunya untuk menempatkan kamar Anda di Airbnb. Pastikan Anda telah mengambil foto dengan sudut yang cakep dan relevan untuk diambil, pencahayaan foto yang cantik, dan itu meng-cover setiap sudut rumah mulai dari teras hingga kamar mandi.

9. Perhatikan listing Anda

Apa yang membuat orang mau mampir dan booking tak lain adalah tampilan di listing Anda. Pastikan Anda telah menempatkan semua informasi yang dibutuhkan oleh seorang tamu. Ingat, tamu Anda menginap di sana bukan karena ingin mencicipi masakan Anda, melainkan mengeksplor berbagai pesona yang ada di daerah itu. So, pastikan listing Anda di Airbnb berisikan data yang lengkap terkait dengan jarak dan waktu ke destinasi wisata, pusat keramaian, akses transportasi maupun pusat perbelanjaan terdekat. Semua itu penting bagi seorang pelancong.

10. Greeting guests

Semua sudah beres, sekarang yang tinggal Anda lakukan adalah menyambut tamu dengan sambutan sebaik-baiknya dan seramah mungkin. Pastikan Anda memperlihatkan ekspresi yang pantas saat bersua dengan tamu. Perhatikan kerapian dan kebersihan baju Anda. Meski seorang traveler memutuskan untuk tinggal di rumah Anda dan bukan di hotel, bukan berarti dia berhak mendapatkan tontonan berupa tampang kusut, rambut acak-acakan maupun baju yang tidak rapi dan bau. Nah, selamat berburu booking-an Airbnb!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip memulai bisnis Airbnb, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.