Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kartu Kredit Tertelan Mesin ATM?

#tertelan mesin ATM #tip kartu kredit

Salah satu hal yang paling ditakutkan oleh pemegang kartu kredit (dan kartu debit, pada umumnya) adalah saat kartu Anda tertelan oleh mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Kami yakin beberapa di antara Anda pernah mengalami hal ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dan bagi Anda yang belum pernah mengalaminya apa yang harus dilakukan bila hal ini menimpa Anda?

Bagaimana Bisa?

Kartu kredit dan debit dapat terjebak atau tertelan oleh mesin ATM karena dua hal yang umum terjadi: koneksi jaringan yang eror atau keterlambatan dalam memasukkan detil data. Bila sumber tenaga atau koneksi jaringan mengalami fluktuasi, mesin ATM tidak dapat mengirimkan informasi yang Anda input pada mesin ke sistem pusat. Hal ini dapat menyebabkan eror yang berujung pada kartu Anda terjebak di dalam mesin.

Bisa jadi pula kartu Anda tertelan di dalam mesin karena Anda terlalu lama dalam memasukkan data biasanya lebih dari satu menit yang harus diberikan pada mesin, seperti misalnya jumlah penarikan, nomor PIN, atau lainnya. Hingga beberapa tahun yang lalu, bila kartu kredit yang telah diblokir digunakan pada sebuah mesin ATM, mesin tersebut akan otomatis menelannya. Tapi kini kebanyakan mesin ATM akan mengeluarkan tulisan “invalid card” dan menolak kartu Anda. Hal yang sama akan terjadi bila Anda salah memasukkan nomor PIN sebanyak tiga kali berturut-turut.

Lepas dari apakah kartu tersebut tertelan di ATM bank tempatnya dikeluarkan atau di bank lain, kartu tersebut akan disampaikan pada bank yang mengoperasikan ATM. Bila kartu Anda terjebak dalam ATM bank tempat Anda memiliki akun, vendor yang membersihkan atau mengisi mesin tersebut akan mengembalikan kartu tersebut ke bank Anda. Vendor akan tetap memberikan kartu Anda pada bank yang mengoperasikan ATM meski kartu Anda tidak berasal dari bank tersebut. Bank yang dituju akan menginformasikan pada bank lain sesuai dengan protokol yang lazim diikuti oleh semua bank di bawah petunjuk peraturan yang berlaku.

Apa yang Harus Anda Lakukan?

Bila kartu Anda tertelan mesin ATM, jangan membiarkannya dan menungggu hingga beberapa hari sampai Anda mengurusnya. Hal ini tidak hanya membahayakan keamanan akun Anda, tapi juga kemungkinan bahwa data-data Anda dapat dicuri. Sekaligus membuat Anda dapat dicurigai atas transaksi bisa jadi penyalahgunaan yang terjadi pada kartu tersebut setelah tertelan dan hilang. Perhatikan hal-hal berikut ini:

  • Tunggu mesin ATM menyala kembali

Mesin ATM mungkin mengalami kendala (frozen, hang) saat Anda gunakan dan kartu Anda terjebak di dalamnya. Sebelum panik dan memanggil satpam di sekitar area atau menelepon bank Anda untuk melaporkannya, tunggulah selama 10 menit. Mesin ATM akan me-restart dirinya dan lihatlah apakah kartu Anda akan keluar setelahnya. Ada kemungkinan software mesin ATM akan menyeting ulang dengan sendirinya setelah 10-15 menit mengalami gangguan, dan kartu Anda akan otomatis keluar setelahnya.

  • Catat waktu, tempat, dan lokasi

Bila menunggu hingga 15 menit  tetap tidak membuahkan hasil, Anda boleh sedikit panik sembari bergegas mengambil tindakan. Catat secara spesifik: waktu kejadian, lokasi ATM yang Anda gunakan, dan tipe mesin ATM tersebut (bila memungkinkan). Contohnya: bila ATM tersebut ada di luar sebuah bank ataukah dioperasikan dan memiliki logo bank tertentu, atau berada di sebuah mall. Adakah nomor yang dapat Anda hubungi yang tertempel di mesin tersebut atau informasi lain yang berhubungan dengan situasi Anda. Anda bisa juga memotret mesin tersebut sekaligus nomornya untuk Anda tunjukkan pada pihak bank nantinya.

  • Hubungi bank Anda

Anda tidak perlu mengontak vendor ATM kecuali bank yang Anda gunakan dan vendor mesin ATM tersebut adalah bank yang sama. Bila ya, masalah Anda bisa selesai dalam waktu singkat. Namun bila tidak, dan Anda melapor pada bank Anda, mereka akan menghubungi vendor mesin ATM tersebut. Bila Anda melapor pada vendor mesin ATM, mereka akan mengarahkan Anda ke bank penyedia mesin tersebut.

Bila Anda tidak dapat menemukan bank apa yang berhubungan dengan ATM, cari nomor kontak yang biasanya ada di mesin ATM dan hubungi nomor itu untuk meminta bantuan. Mungkin akan ada teknisi yang langsung datang ke lokasi dan memperbaiki mesin tersebut.

  • Ikuti ketentuan dari bank

Anda harus paham bahwa setiap bank dan penyedia mesin ATM memiliki cara sendiri-sendiri untuk mengatasi kartu yang tertelan mesin ATM. Beberapa akan menghancurkan kartu-kartu naas yang mengalami kejadian tersebut. Kalau Anda kehilangan kartu kredit dalam situasi seperti ini, Anda dapat membatalkan/memblokir kartu Anda melalui telepon, tapi Anda harus mengingat password phone banking Anda atau hal-hal semacamnya.

Ada bank-bank yang bersedia melakukan hal ini (membatalkan/memblokir kartu Anda) melalui internet dan ada pula yang bersedia membekukan kartu Anda melalui aplikasi ponsel. Namun yang paling sering terjadi/banyak dilakukan adalah dengan pergi langsung ke kantor cabang bank terdekat dan meminta langsung staf mereka untuk melakukannya.

  • Coba cari tahu mengapa kartu Anda tertelan

Ada kalanya sebuah mesin mengalami kerusakan sehingga berjalan lambat, hal ini membuat seseorang merasa bahwa kartunya telah tertelan oleh mesin ATM padahal sebenarnya memang membutuhkan waktu lama agar kartu itu keluar. Terkadang kemampuan mesin untuk mengeluarkan kartunya (eject function) pun melemah dan hanya mampu mengeluarkan ujung kartu di tempat yang sulit dijangkau. Ada pula mesin yang ingin Anda menaruh jemari Anda di lekukannya untuk menarik sendiri kartu Anda.

Bila mesin memang rusak dan menolak serta mengeluarkan kartu Anda setelah beberapa menit, jangan langsung pergi dari tempat. Tunggu hingga orang lain menggunakannya dan lihatlah apakah mereka mengalami masalah yang sama dengan Anda.

Prosedur ini tidak berbeda antara kartu kredit dan kartu debit yang tertelan dalam mesin ATM. Kartu pengganti yang nanti Anda dapatkan tentunya akan memiliki nomor kartu dan PIN yang berbeda, namun semua fitur akan tetap sama seperti kartu sebelumnya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa hal yang perlu dilakukan jika kartu kredit tertelan mesin ATM, semoga bermanfaat.

 



Kapan Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit?
Tip Melunasi Kartu Kredit dengan Cepat
Kartu Debit vs Kartu Kredit Apa Untungnya?
Biaya Surcharge Kartu Kredit Bisa Dihilangkan?
Cara Reschedule Pembayaran Kartu Kredit
Kartu Debit vs Kartu Kredit, Kapan Sebaiknya Menggunakannya?
Bolehkah Memakai Kartu Kredit Orang Lain?
Kerugian Gesek Tunai (GesTun) Kartu Kredit
Apa itu Secured Credit Card?
Cara Membuat Kartu Kredit Secara Online


Bagikan Ke Teman Anda