Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Karyawan Lebih Berpeluang Dapat KTA Dibanding Pengusaha, Benarkah?

Karyawan lebih berpeluang dapat KTA dibanding pengusaha, benarkah? Pendapat ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah dan juga tidak berarti 100 persen benar loh!

KTA atau kredit tanpa agunan memang sedang popular akhir-akhir ini. Apalagi bagi orang yang sedang membutuhkan dana uang tunai dengan cepat. Selain mudah cair, ketika Anda mengajukan kredit ini pun Anda tidak membutuhkan agunan atau jaminan. Dan kabar yang beredar kredit tanpa agunan ini lebih mudah cair jika yang mengajukan berprofesi karyawan loh.

Apa Itu KTA?

KTA atau kredit tanpa agunan memungkinkan Anda untuk melakukan peminjaman ke bank tanpa harus memberikan jaminan. Misalnya memberikan jaminan surat BPKB motor, rumah, perhiasan dan lainnya. Hal ini tentu meringankan beban Anda yang sedang mencari pinjaman dana tunai. Apalagi proses pengajuan dan pencairannya sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Anda cukup mengisi data formulir seperti biasa pada bank dan menunggu pengajuannya disetujui.

Bunga dari kredit tanpa agunan pun flat loh dengan jangka waktu cicilan maksimal tiga tahun. Sedangkan dana pinjaman paling besar yang bisa Anda pinjam adalah Rp 300 juta.

Dana kredit tanpa agunan ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun rumah, memulai bisnis, membayar pendidikan anak, bahkan membayar DP rumah. Namun penting untuk diingat, dana kredit tanpa agunan sebaiknya tidak direkomendasikan untuk membayar DP rumah.

Hal ini juga telah diingatkan oleh Bank Indonesia dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Mengingat dengan menggunakan dana kredit tanpa agunan ini untuk membayar DP rumah bisa membuat utang Anda semakin membengkak. Dan jika tidak pandai membagi pengeluaran, Anda bisa terlilit hutang yang tentu saja dapat menyulitkan Anda untuk melakukan peminjaman ke semua bank.

Karyawan Vs Pengusaha

Jika kabar yang beredar mengatakan orang berstatus karyawan lebih mudah disetuju saat mengajukan kredit tanpa agunan. Sebenarnya hal ini mungkin didasari kenyataan di mana seorang karyawan apalagi statusnya karyawan tetap memiliki gaji tetap. Bahkan nominal gaji bisa naik setiap tahunnya.

Berbeda dengan status pengusaha yang pendapatannya tidak tentu. Walaupun pendapatan pengusaha tersebut lebih besar dibanding status karyawan tetap. Namun tetap saja nominal pendapatan seorang pengusaha tidaklah tetap.

Kondisi tersebutlah yang mungkin menjadikan pihak bank terlihat lebih berpihak pada calon nasabah karyawan. Walaupun sebenarnya status karyawan dan pendapatan tetap bukan penentu apakah seseorang akan membayar cicilan dengan tepat waktu atau tidak.

Status Karyawan Belum Tentu DiSetujui KTA nya Loh!

Walaupun Anda berstatus karyawan sebuah perusahaan maupun pegawai negeri namun jangan dulu senang! Karena belum tentu juga proses pengajuan kredit tanpa agunan Anda akan disetujui. Pihak bank tentu akan memeriksa terlebih dahulu seperti apa latar belakang calon nasabahnya, walaupun Anda seorang karyawan.

Pihak bank tetap akan memeriksa riwayat keuangan atau kredit Anda melalui Bank Indonesia. Pemeriksaan ini dilakukan khusus bagi Anda yang sudah pernah melakukan peminjaman atau memiliki kartu kredit. Pihak bank akan terlebih dahulu memeriksa raport keuangan Anda. Apakah Anda memiliki tunggakan utang kredit? Apakah proses cicilan Anda berlangsung lancar? Semua laporan tersebut akan mempengaruhi disetujui atau tidaknya pengajuan kredit tanpa agunan Anda.

Hal ini tentu juga berlaku bagi para pengusaha yang ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Pihak bank tetap akan melakukan proses pemeriksaan riwayat peminjaman dan keuangan Anda yang tercatat semuanya di Bank Indonesia. Ketika raport Anda baik di Bank Indonesia, maka calon nasabah baik yang berstatus karyawan ataupun pengusaha sama-sama memiliki kesempatan untuk disetujui kredit tanpa agunannya.

Berikut Data yang Dibutuhkan Saat Hendak Mengajukan KTA

Salah satu alasan mengapa KTA menjadi popular adalah proses pengajuannya yang mudah dan tidak berbelit-belit. Jika Anda tertarik untuk melakukan peminjaman kredit tanpa agunan, maka persiapkan persyaratannya berikut ini:

  1. Pemohon harus berusia antara 21-55 tahun dan memiliki kewarganegaraan Indonesia atau WNI
  2. Pemohon harus memiliki NPWP
  3. Pemohon harus memiliki pendapatan minimal Rp 3.000.000 setiap bulannya
  4. Mengisi formulir aplikasi asli yang ditandatangani calon nasabah
  5. Menyiapkan foto copy kartu identitas dan NPWP
  6. Menyiapkan surat keterangan pekerjaan dan slip gaji. Menyiapkan juga foto copy statement Jamsostek satu tahun terakhir (jika ada)
  7. Bagi Anda yang berstatus pengusaha maka harus menyiapkan foto copy izin usaha, izin praktik, SIUP, TDP, dan lainnya
  8. Siapkan foto copy SPT PPh 21
  9. Foto copy rekening tabungan tiga bulan terakhir dan halaman depan buku tabungan yang ada nama nasabahnya
  10. Menyertakan tagihan atau struk pembayaran listrik/telepon/PAM
  11. Jika sudah memiliki kartu kredit di bank lain, maka bisa menyertakannya

Jadi apakah karyawan lebih berpeluang dapat KTA dibanding pengusaha? Hal ini tentu saja tergantung pada riwayat keuangan Anda. Jika raport keuangan Anda yang ada di Bank Indonesia baik tentu saja akan menjadi nilai plus di mata pihak bank. Untuk itu ketika Anda memiliki kartu kredit atau dalam masa pencicilan kredit, maka lebih baik untuk melakukan pembayaran secara rutin. Sekali raport keuangan Anda tercoreng maka akan menyulitkan Anda dalam melakukan pengajuan kredit selanjutnya, di semua bank.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang apakah karyawan lebih berpeluang dapat KTA dibanding pengusaha, semoga bermanfaat.

 



KTA untuk Biaya Pernikahan?
Anda Butuh Uang Cepat? Pilih KTA atau Kartu Kredit?
Perbedaan Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan, Mana yang Menguntungkan?
Bila Nasabah KTA Meninggal Dunia, Lantas Hutangnya Bagaimana?
Apa yang Terjadi Bila Menunggak KTA (Kredit Tanpa Agunan)?
Inilah Yang Akan Terjadi Jika Anda Menunggak KTA
6 Akibat Menunggak Pembayaran KTA
Menggunakan KTA untuk Biaya Mudik?
Jangan Pakai KTA untuk Usaha Startup? Apakah Benar?
Efek Buruk Menggunakan KTA untuk DP Rumah


Bagikan Ke Teman Anda