Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kebiasaan-kebiasaan Positif yang Bagus untuk Diikuti

#kebiasaan #positif

Dalam menjalani kehidupan, tentunya setiap orang ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Adalah tanggung jawab sebagai manusia untuk hidup sebaik-baiknya selama masih diberi kesempatan untuk bangun kembali di hari yang baru. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki pola pikir yang positif dan juga gaya hidup yang membangun agar waktu tidak terbuang sia-sia.

Untuk mewujudkannya, tentu saja membutuhkan waktu yang lama dan proses yang panjang. Dan cara yang paling mudah untuk menerapkan nilai-nilai tersebut adalah dengan memupuk kebiasaan-kebiasaan yang berguna bagi hidup sehari-hari.

Kebiasaan-kebiasaan positif yang baik untuk diikuti agar kualitas hidup meningkat ternyata bukanlah sesuatu yang rumit atau mahal. Kebanyakan adalah hal-hal kecil yang sudah diketahui manfaatnya namun diremehkan karena terkesan sepele. Padahal hasil yang didapat dari membina kebiasaan-kebiasaan di bawah ini sangatlah besar dan efektif dalam mencapai gaya hidup yang produktif, sukses, damai dan bebahagia.

1. Bersyukur setiap hari

Kebiasaan berpikir negatif bisa mempengaruhi keseluruhan aktifitas sehari-hari. Apa yang menjadi kecemasan dan ketakutan sering benar-benar terjadi karena orang terlalu sibuk berpikir negatif tanpa mengambil tindakan pencegahan. Inilah mengapa membiasakan diri untuk memulai hari dengan pikiran positif sangatlah penting.

Namun bagaimana bisa melepas semua kecemasan, kekecewaan dan beban kehidupan yang menjadi akar dari semua pikiran negatif tersebut? Cara yang paling manjur adalah dengan bersyukur. Mulai dari hal kecil bahwa pagi ini Anda bangun dengan organ tubuh yang berfungsi dengan baik dan tempat bernaung sehingga tidur semalam begitu nyenyak. Lalu tambahkan rasa syukur dari tujuan yang selama ini telah tercapai baik dengan kemampuan sendiri maupun bantuan orang lain.

Jangan lupakan bersyukur akan orang-orang terdekat yang selama ini telah mendukung Anda sepenuh hati dan membuat hidup lebih berarti. Kebiasaan memulai hari dengan bersyukur atas segala hal baik yang terjadi akan membawa pikiran positif yang bisa memicu produktifitas tubuh Anda.

2. Meresapi setiap detik yang berjalan

Waktu yang Anda habiskan untuk melihat kehidupan orang lain di media sosial tidak akan terulang kembali. Selama ini entah berapa jam sudah dilewatkan dalam satu kurun waktu kehidupan hanya untuk fokus pada layar segi empat di tangan. Kapan terakhir Anda menikmati suatu sore yang cerah dengan langit lembayung keemasan? Atau masih sempatkah Anda menyaksikan saat pertama buah hati memegang sendok atau berkata-kata?

Momen-momen kehidupan ini sering kali terlewatkan begitu saja karena Anda terlalu sibuk mengomentari sebagian kecil kehidupan seseorang yang terekam di media sosial. Padahal, banyak hal-hal lain yang jauh lebih penting dan bermakna dalam kehidupan ini. Berlakukan zona tanpa gadget setidaknya beberapa jam setiap hari. Gunakan waktu tersebut untuk mengobrol dengan teman-teman dan kerabat di dunia nyata yang selama ini sebenarnya membutuhkan perhatian Anda.

3. Peduli akan kesehatan alami tubuh

Tidak peduli seberapa banyak harta yang dimiliki atau seberapa hebat reputasi yang diraih, tanpa badan yang sehat Anda juga tidak dapat menikmatinya. Harta dan materi pada akhirnya akan dihabiskan untuk biaya pengobatan dan reputasi yang dimiliki hanya bisa dikenang dari ranjang rumah sakit. Sangat ironis bukan? Karena itulah kebiasaan hidup sehat dan bersih sangatlah penting untuk dibina.

Semua hal yang masuk dalam perut berperan besar akan kesehatan jasmani. Buat komitmen untuk setidaknya makan satu porsi buah dan sayuran setiap harinya. Akan lebih baik jika bisa mengkonsumsi jus sayur dan buah setiap pagi demi kesehatan tubuh yang Anda gunakan untuk menjalani tugas-tugas.

Bukan berarti Anda harus mengucapkan selamat tinggal pada makanan cepat saji favorit untuk selamanya. Tetapi berusaha makan dengan seimbang dan juga berolahraga adalah kebiasaan yang sangat baik dalam menjalani kehidupan.

4. Membaca dengan sungguh-sungguh

Membaca adalah kebiasaan baik yang berkaitan dengan hampir semua aspek kehidupan sehari-hari atau life skill. Yang dimaksud dengan membaca di sini bukanlah berita gosip terkini atau trivia mengenai kejadian-kejadian aneh di belahan bumi yang lain. Bacalah buku atau artikel yang bisa memperluas wawasan dan memberikan makanan bagi pikiran dan jiwa Anda. Memang kebiasaan ini sulit ditumbuhkan jika tidak dilakukan semenjak usia dini, namun mulailah dari hal-hal yang disukai dan bermanfaat bagi kehidupan.

Dengan membaca, Anda belajar memahami suatu konsep secara menyeluruh dan detail, bukan hanya mencari informasi dari rumor dan sumber yang tidak bertanggung jawab. Membaca juga membantu memperluas sudut pandang dan mempertajam naluri dan objektifitas. Kabar burung, penipuan dan kesalahpahaman bisa diminimalisir sesedikit mungkin dengan pola pikir yang berkembang dari kebiasaan membaca.

5. Tidak pernah lelah belajar

Hidup adalah rangkaian proses yang sangat panjang dan bersilangan sehingga manusia harus terus berkembang agar bisa beradaptasi dengan perubahan. Setiap hari, sebuah kemampuan tambahan lahir karena desakan situasi atau bertambahnya kebutuhan. Tanpa semangat belajar yang tinggi, Anda tidak akan bisa berkembang dan akhirnya terhempas oleh arus perubahan global.

Karena itulah, kebiasaan untuk belajar hal yang baru sangatlah dianjurkan dalam menjalani hidup sebagai manusia yang utuh. Buat komitmen untuk mempelajari hal baru setiap hari, mulai dari hal sepele yang terjadi di lingkungan sekitar hingga kemajuan ilmu pengetahuan secara umum. Tidak ada kemampuan dan pengetahuan yang sia-sia dipelajari, hanya mungkin belum waktunya untuk digunakan saja dan menjadi bekal yang bisa membantu Anda di saat tak terduga.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebiasaan-kebiasaan positif yang bagus untuk diikuti, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Harga Diri (Self-Esteem)!
5 Kebiasaan yang Harus Dikembangkan untuk Menjadi Orang Sukses
Inilah 11 Cara agar Lebih Positif dalam Hidup
Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
Inilah Dampak Positif dan Negatif Penerbitan Surat Utang Negara
Lakukan Kebiasaan Ini agar Hidup Lebih Baik
Cara Mudah Berpikir Lebih Positif
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Perbedaan antara Pajak dengan Bea Cukai


Bagikan Ke Teman Anda