Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) non-payroll

Mengajukan KTA sebagai sumber dana tunai di saat darurat menjadi pilihan bagi banyak orang. Produk perbankan yang satu ini memang hanya menerapkan sejumlah syarat yang tidak rumit dan juga proses yang cepat, jadi sangat wajar jika ada banyak orang yang menjadikannya sebagai pilihan di saat kondisi keuangan sedang mendesak.

Bukan hanya mudahnya akses untuk produk KTA saja, namun layanan KTA memang dimiliki hampir semua bank yang ada di Indonesia, sehingga Anda selaku calon debitur tentu akan memiliki banyak pilihan bank yang dapat dipertimbangkan. Banyaknya jumlah bank yang memiliki layanan KTA tentu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda selaku calon debitur, sebab setiap bank akan memberikan fitur yang beragam dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, apakah Anda telah memenuhi syarat untuk mengajukan produk perbankan yang satu ini?

Status Anda mempengaruhi proses pengajuan KTA

Meski hampir semua bank memiliki produk KTA di dalam layanan mereka, namun bukan berarti bank-bank ini akan memberikan layanan tersebut kepada Anda tanpa prosedur yang ketat. Bank memiliki sejumlah kebijakan di dalam setiap layanan mereka, di mana hal ini bertujuan untuk menjamin dan mengamankan sejumlah dana yang mereka pinjamkan kepada masyarakat luas. Terkait dengan pengajuan KTA, bank juga tentu akan memiliki sejumlah syarat dan juga ketentuan lainnya yang dianggap paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan pihak perbankan.

Di dalam prakteknya, Anda yang berstatus sebagai karyawan di sebuah perusahaan akan lebih mudah untuk mengakses layanan KTA, mengingat layanan ini memang membutuhkan sejumlah syarat, termasuk kelayakan perusahaan tempat Anda bekerja. Jika dibandingkan dengan pengusaha / pebisnis, maka kemungkinan peluang Anda sebagai karyawan lebih besar, apalagi jika Anda bekerja di sebuah perusahaan besar dan ternama. Tentu akan jauh lebih mudah bagi pihak bank untuk memantau dan melihat kelayakan sebuah perusahaan besar, jika dibandingkan dengan usaha kecil (apalagi yang baru saja dirintis / didirikan). Namun meski demikian, tidak tertutup kemungkinan bagi para pengusaha untuk mengakses layanan KTA, terutama jika mereka bisa memenuhi semua syarat yang diminta.

Mengapa KTA payroll Mudah Di-Approve?

Sekalipun Anda bekerja di sebuah perusahaan besar, bank tentu akan sangat teliti melihat kemampuan bayar Anda di masa yang akan datang, tentunya dengan melihat besaran penghasilan serta rasio hutang yang Anda miliki saat ini melalui SID.

Hal ini untuk memperkecil resiko kerugian yang akan ditanggung oleh pihak bank, sebab bagaimanapun juga KTA adalah bentuk pinjaman yang diberikan pihak bank tanpa menggunakan jaminan apapun dari Anda.

Untuk melihat kemampuan keuangan ini, maka bisa dipastikan bahwa pihak bank akan membutuhkan data payroll Anda selama beberapa bulan ke belakang.

Nah dengan adanya payroll atau gaji anda ditransfer ke bank yang bersangkutan; bank dengan mudah melihat riwayat keuangan anda. Berapa jumlah uang yang masuk, berapa yang keluar tiap bulannya.

Dengan adanya riwayat ini, bank dengan mudah menilai apakah nasabah layak mendapat KTA atau tidak.

KTA untuk Non-Payroll

Nah bagaimana dengan karyawan yang gajinya tidak ditransfer ke rekening bank yang bersangkutan? Tentu saja nasabah masih bisa mendaftar program KTA reguler atau non-payroll. Yang penting nasabah bisa menunjukkan ke bank bahwa dia mampu membayar pinjaman.

Berikut beberapa tip untuk mengajukan KTA non payroll:

Ajukan dengan menggunakan kartu kredit Anda

Bagi Anda yang berstatus sebagai karyawan, namun tidak memiliki payroll, maka Anda bisa mengajukan permohonan KTA Anda dengan menggunakan kartu kredit yang Anda miliki saat ini. Anda bisa menggunakan kartu kredit ini sebagai referensi terhadap kondisi keuangan dan juga kemampuan bayar Anda, di mana bank akan menilai aktifitas keuangan Anda melalui kartu kredit tersebut.

Pengajuan KTA dengan referensi kartu kredit ini tentu akan sangat mempermudah Anda dan calon debitur lainnya, mengingat tidak semua perusahaan menggunakan sistem payroll di dalam penggajian karyawannya. Hingga saat ini, ada banyak bank yang bisa menerima pengajuan KTA dengan cara di atas, termasuk bank Mandiri dan juga BNI. Hal ini juga akan mempermudah para pengusaha untuk mengakses layanan KTA, mengingat tidak semua pengusaha akan memiliki rekening koran pribadi yang dapat dijadikan sebagai referensi.

Beberapa bank yang memberikan layanan KTA mungkin akan mewajibkan Anda untuk membuka rekening di bank yang bersangkutan, hal ini untuk mempermudah proses pembayaran cicilan Anda di masa yang akan datang. Namun jika ternyata Anda sudah memiliki rekening bank yang bersangkutan sebelumnya, maka Anda hanya perlu mencantumkannya saja di saat mengajukan permohonan KTA Anda kepada mereka.

Ajukan dengan Slip Gaji / Rekening Koran / SK Pengangkatan Pegawai

Hampir semua bank yang menyediakan KTA mempunyai program untuk karyawan non-payroll dan tidak punya kartu kredit, yang penting nasabah tersebut bisa membuktikan bahwa dia punya uang untuk membayar pinjamannya.

Bagi Anda yang tidak memiliki kartu kredit dan berstatus sebagai karyawan, maka Anda bisa mengajukan KTA Anda dengan menggunakan fotokopi rekening tabungan selama beberapa bulan terakhir. Bahkan ada bank yang bisa mengeluarkan kredit, dengan menjaminkan SK pengangkatan karyawan, tanpa fotokopi rekening koran.

Tiap bank mempunyai syarat yang beberbeda, syarat umum pengajuan KTA untuk yang tidak punya kartu kredit dan non-payroll antara lain:

  • Anda harus membuktikan bahwa anda bekerja dengan memberikan bukti slip gaji atau rekening koran atau SK pengangkatan karyawan
  • Sebagai karyawan anda pasti membayar pajak penghasilan, berarti anda harus punya NPWP, dan bukti lapor SPT tahun terakhir
  • Untuk perusahaan besar, setiap karyawan pasti punya ID Card untuk bisa memasuki gedung. Nah sertakan fotokopi ID Card anda agar lebih dipercaya pihak bank.

Memiliki tabungan di bank yang dituju sangat dianjurkan

Walaupun gaji anda tidak ditransfer ke bank tersebut, sebaiknya anda membuka rekening di bank tersebut. Lakukan mutasi atau transaksi secara teratur lewat bank tersebut. Kalau perlu buka deposito di bank tersebut. Dari riwayat transaksi tersebut, bank akan lebih percaya ketika memberikan kredit kepada anda.

Artikel Terkait

Demikianlah tip-tip aplikasi KTA untuk non-payroll, semoga berguna bagi kita semua.



Alasan Buruk Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Karyawan Kontrak
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk PNS
Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank BCA
Syarat Umum untuk Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Syariah
Butuh Dana Cepat? Coba Kredit Tanpa Agunan (KTA)
KTA vs Kartu Kredit, Kapan Penggunaannya?
Cara Mengajukan Kredit Tanpa Agunan
Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari BRI Syariah


Bagikan Ke Teman Anda