Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Investasi Tanah?

#KTA untuk investasi tanah #tip KTA

Mendapatkan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan) memang adalah sesuatu yang menyenangkan, karena artinya Anda berkesempatan untuk meningkatkan taraf hidup dengan biaya tersebut. Penggunaan dana KTA ini dapat bermacam-macam, mulai dari yang konsumtif seperti dibelanjakan untuk membeli kebutuhan hidup, biaya pendidikan, biaya pengobatan, hingga barang elektronik.

Walaupun begitu, banyak juga yang berpikir bahwa dana KTA dapat digunakan untuk berinvestasi, sehingga ketika seseorang meminjam uang kredit ke bank, uang tersebut tidak habis oleh sifat konsumtif, justru bertambah banyak karena diinvestasikan. Investasi yang cukup menarik salah satunya adalah dengan investasi tanah, karena harga tanah rata-rata selalu naik dari tahun ke tahun.

Apalagi di perkotaan, harga tanah selalu cepat naiknya. Dalam beberapa tahun saja, harga tanah bisa naik menjadi dua kali lipatnya. Tentunya hal ini sangat menggiurkan untuk para investor di bidang properti.

Namun sebelumnya, pertimbangkan terlebih dahulu apakah investasi tanah dari KTA cukup bijaksana? Anda bisa saja menjadi bijaksana dalam menginvestasikan KTA untuk tanah, jika mengetahui caranya. Paling tidak, perhatikan X hal berikut saat menggunakan KTA untuk investasi tanah.

  • Pemilihan Lokasi yang Strategis

Demi menjadi bijaksana saat menginvestasikan KTA untuk investasi tanah, hal utama yang harus Anda sadari adalah memilih lokasi yang strategis, seperti misalnya di daerah yang ramai oleh pusat bisnis, kawasan pemukiman yang dekat dengan akses jalan dan berbagai fasilitas, atau dekat dengan industri. Tanah di daerah tersebut biasanya akan mengalami kenaikan harga yang cukup tajam di tahun-tahun kedepan.

Walau begitu, tanah dengan kriteria di atas biasanya sudah memiliki harga yang tinggi sedari awal. Jika memang sulit mendapatkan harga tanah yang sesuai dengan pinjaman KTA, Anda juga dapat menargetkan tanah yang sedang dikembangkan untuk pusat bisnis baru, atau yang sedang dibidik oleh proyek pemerintah.

Perhatikan pula kondisi sekitar tanah, apakah ada hal negatif yang kemungkinan membuat tanah tersebut sulit terjual, seperti misalnya rawan banjir, longsor, dekat pembuangan sampah, dekat dengan makam, dekat dengan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET), dan sebagainya. Usahakan dengan sangat, tanah yang digunakan untuk berinvestasi berada dekat dengan pasar, rumah sakit, perkantoran, sekolah, dan kampus. Paling tidak, jika tempat-tempat tersebut jauh, tanah yang berlokasi dekat dengan jalan raya akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk berinvestasi.

  • Perhatikan Surat-Surat Tanah

Saat membidik tanah tertentu untuk berinvestasi, lirik terlebih dahulu kelengkapan surat-suratnya, pastikan tanah tersebut memiliki surat yang lengkap sehingga kedepannya Anda tidak perlu mengurus surat tanah yang memakan biaya tidak sedikit. Tidak semua surat tanah sama, ada yang masih berbentuk girik, akta jual beli (AJB), hingga yang terbaik adalah Sertifikat Hak Milik (SHM).

Jika suatu tanah telah memiliki SHM, maka bisa dipastikan tanah tersebut kepemilikannya sudah jelas dan tidak sedang dipersengketakan. Ingatlah bahwa konflik agraria (tanah) merupakan salah satu konflik terbesar di negeri ini. Anda tidak bijaksana menggunakan KTA untuk investasi tanah jika selanjutnya di masa depan tanah menjadi tidak jelas status kepemilikannya karena Anda membelinya dari pihak yang juga masih abu-abu memiliki tanah tersebut.

  • Perhatikan Legalitas Tanah

Bagaimana jika Anda tidak yakin mengenai kelengkapan surat-surat yang dimiliki tanah? Bagaimana jika surat-surat tersebut palsu? Maka Anda dapat memperhatikan legalitas tanah, dengan cara mengecek keabsahan sertifikat tanah melalui lembaga yang berwenang. Untuk mengecek sertifikat tanah, Anda dapat mengunjungi Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) setempat yang mengetahui persis keaslian sertifikat tersebut. Hal ini tentunya dilakukan demi menghindari sengketa di masa depan yang dapat merugikan Anda sendiri.

  • Cermati Ukuran Tanah

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menentukan apakah KTA layak untuk investasi tanah adalah ukuran tanah yang akan dibeli. Umumnya, tanah yang baik dan mudah menanjak harganya adalah tanah yang berbentuk beraturan, seperti persegi dan trapesium. Anda juga harus mencermati ukuran tanah yang bentuknya persegi panjang, paling tidak pastikan bagian depan tanah memiliki lebar yang tidak terlalu kecil, paling tidak 40-75& dari panjang tanah.
Dalam mencermati ukuran tanah, perlu diperhatikan pula dimana lokasi tanah tersebut. Tanah yang berada di permukiman elit sebaiknya Anda pilih yang ukurannya lebih luas, paling tidak di atas 400 m2. Berbeda dengan jika tanah berada di permukiman menengah ke bawah, usahakan tanah tidak terlalu luas, maksimal 200 m2 saja.

  • Sadari Kondisi Finansial Pribadi

Ketika ingin menginvestasikan dana KTA untuk tanah, tentunya Anda juga harus menyadari kondisi keuangan pribadi, apakah memang betul-betul mampu untuk membayar cicilan yang tidak kecil untuk pemilikan tanah.
Memang investasi tanah adalah salah satu jenis investasi yang bisa sangat cepat membuahkan keuntungan, namun tentunya Anda tidak ingin beberapa tahun kemudian harus membayarkan denda kredit karena ketidakmampuan mengelola finansial degan baik. Perhatikan juga bahwa dalam membeli tanah tidak hanya harga tanah yang besar, harga untuk surat-surat, pajak, hingga balik nama pun harus dialokasikan tersendiri.

Demikianlah 5 hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum menginvestasikan KTA untuk tanah. Jika memang Anda sudah menemukan lokasi tanah yang strategis, surat-suratnya lengkap, tidak terkendala berbagai hal, ukurannya pas dan kondisi finansial memungkinkan, maka adalah sebuah hal yang bijaksana untuk menginvestasikan KTA untuk membeli tanah. Namun jika memang Anda tidak yakin tanah akan meningkat harganya di tahun ke depan, sebaiknya tahan terlebih dahulu niat Anda untuk menginvestasikan tanah saat mengambil KTA.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk investasi tanah, semoga bermanfaat.

 

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.