Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

KTA (Kredit Tanpa Agunan) Untuk Modal Usaha?

#KTA untuk modal usaha #tip KTA

Saat membutuhkan dana sebagai modal usaha, mengajukan pinjaman kepada bank salah satunya melalui produk Kredit Tanpa Agunan atau KTA tentunya salah satu opsi yang menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya, KTA adalah pinjaman yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah atau calon peminjam tanpa harus menyerahkan agunan atau jaminan harta sebagai syarat peminjaman. Proses pengajuan hingga pencairan dana KTA sendiri beragam pada setiap bank terkait, namun biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 10 hari.

Keunggulan Menggunakan KTA untuk Modal

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan KTA, selanjutnya kita akan membahas beberapa keunggulan penggunaan KTA sebagai modal usaha. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai keunggulan KTA:

  • Tidak perlu memberikan jaminan

Seperti yang telah diulas sebelumnya, pengajuan KTA tidak perlu memberikan jaminan dari pihak nasabah atau calon peminjam kepada pihak bank. Hal ini tentunya memudahkan Anda sebagai calon peminjam yang sedang mencari cara untuk mendapatkan modal tanpa harus menjadikan rumah atau kendaraan sebagai jaminan. Apalagi di masa awal-awal usaha yang pasti membutuhkan akomodasi dan modal, tentunya akan cukup memberatkan kalau harus memberikan aset yang ada sebagai jaminan kepada bank.

  • Proses tidak rumit

Mengajukan peminjaman dalam bentuk KTA memang dapat dikatakan tidak rumit, bahkan bisa dibilang mudah dan simpel karena Anda hanya perlu mendaftar dan menyiapkan syarat-syarat yang diberikan. Pendaftaran pun bisa melalui online pada website bank yang bersangkutan, tidak perlu datang langsung dan mengantri dengan banyak orang yang akan menghabiskan waktu. Berbagai syarat yang diajukan pun cukup standar untuk proses pengajuan produk keuangan, seperti dokumen-dokumen penunjang bukti identitas dan tanda penghasilan yang memenuhi syarat minimum.

  • Pencairan dana bisa lebih cepat

Salah satu ciri KTA adalah dapat digunakan untuk membiayai keperluan yang mendadak, sehingga proses pengajuan dan pencairannya pun relatif lebih cepat dibanding produk keuangan lain. Selama Anda sudah memenuhi persyaratannya dan melakukan pengajuan sesuai prosedur, maka tidak akan ada masalah mengenai pencairan dana KTA. Hal ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang sedang membutuhkan modal untuk usaha dengan segera.

Kelemahan Menggunakan KTA untuk Modal

  • Jumlah plafon tidak begitu besar

Kelemahan pertama KTA jika digunakan sebagai modal usaha adalah jumlah plafon atau batas maksimal peminjaman yang tidak begitu besar, biasanya tidak lebih dari Rp 300 juta. Ini akan sedikit menyulitkan jika Anda membutuhkan dana modal usaha yang jauh lebih besar dari jumlah plafon yang ditawarkan pihak bank. Terlebih lagi jika dibandingkan produk perbankan lain seperti kredit multiguna, jumlah plafon KTA ini memang terbilang tidak besar.

  • Rentang tenor tidak begitu panjang

Selain jumlah plafon yang tidak begitu besar, rentang tenor atau masa pelunasan KTA juga tidak begitu panjang jika dibandingkan dengan produk peminjaman lainnya. Masa tenor dari KTA biasanya memiliki maksimal 3 hinggal 5 tahun, yang mana dikembalikan lagi kepada kebijakan bank dan besaran pinjaman yang Anda ambil. Hal ini akan menjadi hambatan jika Anda tidak bisa membayar dalam jangka waktu yang telah ditetapkan oleh bank dan bisa-bisa malah akan menimbulkan masalah bagi Anda di kemudian hari.

  • Bunga KTA cenderung lebih besar

KTA digolongkan sebagai kredit tidak aman atau unsecured loan oleh pihak bank karena tidak adanya jaminan aset yang diberikan dari pihak peminjam, tidak seperti jenis pinjaman lainnya. Karena itu, bunga yang ditetapkan dalam KTA memang cenderung lebih tinggi dibandingkan pinjaman lain juga. Bunga yang tinggi ini tentunya akan mengurangi keuangan Anda tiap bulannya, padahal Anda juga butuh dana untuk perputaran bisnis yang sedang dijalankan.

Apakah Tepat KTA untuk Modal Usaha?

Untuk memilah dan menilai apakah KTA memang tepat untuk digunakan sebagai modal usaha yang dijalankan, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Jumlah dana yang dibutuhkan

Seperti yang telah diulas sebelumnya, plafon KTA memang tidak begitu besar dibandingkan produk pinjaman dari bank lainnya yang bisa mencapai milyaran rupiah. Namun meski begitu, bukan berarti masalah jika Anda mengambil pinjaman melalui produk KTA selama memang jumlahnya sesuai dengan yang Anda butuhkan. Jika bisnis Anda memang belum membutuhkan dana yang besar, pinjaman KTA tentunya dapat menjadi pilihan yang bisa diambil.

  • Perputaran uang dalam bisnis yang dilakukan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana arus perputaran uang dalam bisnis yang Anda lakukan, apakah perputarannya cepat atau cenderung lambat? Hal ini terkait dengan masa pelunasan atau tenor KTA yang tidak panjang sehingga Anda harus mempertimbangkan periode pembayarannya. Jika ternyata bisnis yang Anda geluti memiliki perputaran arus uang yang tidak begitu cepat, mungkin Anda perlu mengkaji kembali keinginan untuk mengajukan KTA.

  • Kesanggupan membayar dan memberikan jaminan

Perlu diingat kembali bahwa bunga KTA cenderung lebih tinggi dan kita tidak dapat menyangkal kalau hal tersebut akan memberatkan keadaan finansial Anda. Namun jika Anda merasa sanggup membayar bunga yang ditentukan, mengapa tidak mengambil pinjaman KTA? Di sisi lain, jika Anda merasa sanggup memberikan aset atau harta sebagai jaminan kepada bank, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman jenis lain yang memiliki bunga rendah, plafon besar, dan tenor panjang.

Pada dasarnya, pengambilan pinjaman KTA sebagai modal usaha akan kembali lagi pada kebutuhan, keadaan, dan kondisi keuangan serta bisnis yang Anda jalankan. Anda dapat mempertimbangkan hal-hal tersebut berikut keunggulan dan kelemahan KTA sebelum mengambil keputusan mengenai jenis pinjaman apa yang akan diambil untuk modal usaha. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang KTA (kredit tanpa agunan) untuk modal usaha, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 



Bolehkah Dana KTA untuk DP Rumah?
Apa Kelebihan KTA?
Apa yang Terjadi Bila Menunggak KTA (Kredit Tanpa Agunan)?
Menggunakan KTA untuk Biaya Mudik?
Efek Buruk Menggunakan KTA untuk DP Rumah
Kerugian Mengambil Pinjaman KTA
Cara Mengatasi Kredit Macet KTA (Kredit Tanpa Agunan)
Modus Penipuan KTA dan Tips Menghadapinya
KTA dari Bank BRI
KTA Menjadi Sumber Masalah Keuangan Keluarga?


Bagikan Ke Teman Anda