Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Lakukan Kebiasaan Ini agar Hidup Lebih Baik

Rutinitas yang sama sehari-hari sering kali menimbulkan rasa bosan. Bahkan tak jarang hidup yang dijalani terasa hampa, monoton, dan tak berwarna. Secara psikologis, kondisi tersebut akan mengganggu mental yang mengakibatkan penurunan semangat dan produktivitas juga cara pandang dalam memaknai kehidupan.

Seseorang yang mengalami ‘kehidupan tanpa makna’ tentu akan merasakan ketidakpuasan dan kekosongan secara batin, bahkan lebih ektrem merasa hidupnya tidak berguna. Jika Anda mengalami situasi dan kondisi semacam ini, cobalah untuk meninjau kembali kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan Anda. Bisa jadi kebiasaan yang dilakukan memang kurang memberikan manfaat baik secara lahir maupun batin.

Disadari atau tidak, kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan seseorang mempengaruhi kualitas hidupnya. Nah, agar hidup lebih baik dan berwarna, lakukanlah kebiasaan-kebiasaan berikut ini.

  • Kenali diri sendiri

Sudahkah Anda kenal dengan diri Anda sendiri? Tak sedikit orang yang ‘salah langkah’ dalam kehidupannya karena kurang mengenal dirinya sendiri sehingga dalam bertindak dan bersikap sering kali kurang tepat. Untuk mengenal diri sendiri tidaklah sulit, gunakan 10 menit waktu Anda sebelum tidur guna meninjau ulang segala hal yang telah Anda lakukan entah di tempat kerja, sekolah, atau di manapun. Dengan mengevaluasi diri setiap hari,

Anda bisa menemukan hal-hal baik yang sudah atau belum dilakukan. Tak hanya itu, Anda juga akan mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam diri, sehingga Anda akan mampu menentukan strategi untuk menghadapi tantangan bahkan ancaman dalam kehidupan Anda. Dengan mengenali diri sendiri, Anda akan lebih percaya diri dan mampu menjadi diri sendiri. Selanjutnya, Anda akan bisa menentukan apa saja yang baik dan tidak dalam kehidupan Anda.

  • Membaca dan menulis

Kebiasaan membaca memberikan manfaat positif bagi kehidupan. Bagaimana tidak? Membaca buku beragam genre dapat memperluas wawasan dan cakrawala Anda tentang berbagai aspek kehidupan. Selain itu, membaca juga memungkinkan Anda untuk memperbanyak perbendaharaan kata dan mengetahui juga memahami banyak kosa kata. Manfaatnya tentu akan terasa dan teraplikasi ketika Anda berkomunikasi. Anda tak hanya akan lebih mudah dalam menyampaikan sesuatu kepada orang lain, tetapi juga memahami sesuatu yang disampaikan oleh orang lain. Dengan gemar membaca, maka dunia seolah berbicara dengan Anda. Dengan membaca, Anda juga akan belajar untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

Menulis merupakan kebiasaan yang tak kalah asyik dengan membaca. Meski demikian, banyak orang yang mengeluh tak pandai dalam menulis dan merangkai kata. Memang, namanya belajar pada awalnya akan terasa sulit, namun seiring berjalannya waktu keterampilan merangkai kata akan semakin terasah. Mengapa menulis menjadi kebiasaan yang dapat memperbaiki hidup?

Menulis merupakan sarana bagi penuangan ide yang dipikirkan dan uneg-uneg yang dirasakan. Dengan begitu, Anda bisa mengingat segala aktivitas yang telah dilakukan dan melacak kemungkinan adanya kesalahan dalam pencapaian tujuan. Jika ditemukan adanya kesalahan, maka tulisan tersebut akan membantu Anda dalam menentukan langkah untuk memperbaikinya.

  • Terapkan gaya hidup sehat

Kebanyakan orang sering mengabaikan kesehatannya. Malas berolah raga, telat makan, mengonsumsi makanan cepat saji (junk food), gila kerja (workaholic) sampai begadang seolah sudah menjadi kebiasaan bahkan gaya hidup. Memang kehidupan yang dijalani menjadi lebih praktis dan efektif, tapi sayangnya memiliki dampak buruk pada kesehatan. Mereka baru akan tersadar ketika penyakit mulai menyerang dan menggerogoti tubuh. Lantas, apa gunanya hidup praktis jika kesehatannya minimalis?

Sadarilah bahwa tubuh Anda bukan mesin. Tubuh anda butuh istirahat yang cukup untuk memulihkan stamina agar bisa mendukung aktivitas di hari berikutnya. Selain istirahat cukup, kebiasaan menerapkan gaya hidup sehat juga dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik. Berolah raga secara teratur dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang akan menjadikan kesehatan Anda senantiasa terjaga. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh yang senantiasa sehat akan berpengaruh pada kinerja dan produktivitas yang tinggi, serta mobilitas yang efektif.

  • Berpikiran positif

Tahukah Anda bahwa cara berpikir bisa mempengaruhi kualitas hidup yang dijalani? Seseorang yang selalu berpikir atau berprasangka buruk terhadap segala sesuatu yang dihadapinya cenderung tidak bahagia. Dia akan terus berusaha mencari sisi buruk atau kelemahan dan takut untuk menentukan langkah. Oleh sebab itu, kehidupannya selalu diselimuti perasaan curiga, khawatir, dan semacamnya yang membuat mentalnya tidak tenang.

Untuk hidup yang lebih baik, jauhkan bahkan hilangkan segala prasangka buruk dan mulailah berpikiran positif. Pikiran positif akan menciptakan semangat dan optimisme dalam hidup. Tak hanya itu, pikiran positif juga akan meningkatkan aura positif dalam diri sehingga mendorong untuk pencapaian hasil yang terbaik. Ketika Anda terbiasa berpikiran positif dalam menghadapi segala situasi, maka Anda bisa lebih mudah menemukan solusi tanpa mengandalkan emosi.

  • Gunakan waktu sebaik mungkin

Anda tentu pernah mendengar sebuah ungkapan ‘waktu adalah uang’. Bukan pada sisi materinya, tapi ungkapan tersebut lebih menunjukkan betapa pentingnya waktu. Waktu berlalu begitu cepat tanpa disadari. Hal ini berlaku sama pada semua orang tanpa memandang status ekonomi, sosial, tingkat pendidikan, dan apapun juga. Hanya saja, pencapaian seseorang dalam hidup berkenaan dengan waktu yang berbeda.

Waktu tidak akan bisa diulang. Artinya, waktu yang telah berlalu dan hilang begitu saja tidak akan bisa kembali. Mau tidak mau, suka tidak suka waktu akan terus berjalan. Oleh sebab itu, gunakanlah waktu sebaik mungkin. Jangan sia-siakan waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi kehidupan. Kualitas hidup seseorang akan dipengaruhi oleh cara menghargai dan memanfaatkan waktunya. Orang yang menyia-nyiakan waktunya tentu tidak akan mencapai apapun dalam kehidupannya. Sebaliknya, orang yang begitu menghargai waktu dan mampu memanfaatkannya dengan baik akan meraih suatu pencapaian terbaik dalam hidupnya.

Kebiasaan-kebiasaan yang baik akan mempengaruhi kualitas hidup yang baik pula. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang baik sebagai gaya hidup, maka hidup akan lebih terarah, penuh warna, dan tentunya bermakna.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kebiasaan agar hidup lebih baik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ingin Membuat Hidup Menjadi Produktif? Ikuti Kebiasaan-kebiasaan Ini!
Cara Terburuk Menyia-nyiakan Uang dan Hidup Anda
Kebiasaan ini Dapat Menurunkan Harga Diri (Self-Esteem)!
Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
5 Kebiasaan yang Harus Dikembangkan untuk Menjadi Orang Sukses
Berniat Hidup Hemat? Simak Tips Berikut
Apakah Kita Hidup untuk Uang?
Ajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil Hikmahnya
Kebiasaan-kebiasaan Positif yang Bagus untuk Diikuti
5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya


Bagikan Ke Teman Anda