Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol

#dana pernikahan #tip keuangan

Pernikahan selalu identik dengan pengeluaran dana besar-besaran dengan anggapan pesta pernikahan harus dibuat semewah dan berkesan mungkin. Tidak ada yang salah dengan membuat perayaan yang berkesan, karena bagaimanapun momen itu terjadi sekali seumur hidup. Namun jika untuk menggelar pesta jadi menghabiskan dana yang tak masuk akal, kita perlu mengkaji ulang keputusan itu. Apakah memang kita ingin menggelar perayaan yang berkesan, atau sebenarnya lebih mengutamakan gengsi?

Sebuah riset yang diadakan oleh lembaga polling Bustle menunjukkan data bahwa dari 91% pasangan yang diteliti, sekitar lebih dari 2000 orang, menyatakan menyesal atas pengeluaran pesta pernikahan mereka. Para pasangan itu berpikir bahwa seharusnya mereka tidak menggelar pesta berlebihan yang hanya akan menambah hutang di kehidupan mereka. Meskipun dari para pasangan tersebut ada yang tidak melebihi budget yang direncanakan, tetap saja mereka berpikir kalau sebenarnya mereka bisa mengeluarkan lebih sedikit dari itu.

Tentunya Anda bisa menghindari penyesalan serupa jika dilakukan persiapan dan perencanaan yang matang dalam mengatur dana untuk pesta pernikahan. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan dan mengatur dana pernikahan Anda.

1. Hidup Anda Masih Berlanjut Setelah Hari Pernikahan

Simpan mindset ini dalam-dalam dalam pikiran Anda dan pasangan, bahwa masih ada kehidupan yang harus dijalani setelah pesta pernikahan. Hidup Anda dan pasangan tidak berakhir di hari perayaan tersebut, tapi justru itulah awal dari kehidupan pernikahan. Dan kita semua pasti setuju kalau memulai kehidupan pernikahan dengan setumpuk hutang bukanlah awal yang baik.

Ingatlah bahwa kehidupan pernikahan Anda jauh lebih penting dibanding pesta perayaan pernikahan itu sendiri. Dibanding mengambil hutang untuk membiayai pesta besar-besaran, lebih baik dialokasikan untuk hal yang lebih berorientasi masa depan seperti kredit rumah atau kendaraan. Belum lagi akan muncul kebutuhan rumah tangga lainnya seperti urusan dapur dan biaya pendidikan anak kelak. Dengan memiliki mindset ini, Anda dan pasangan akan memiliki dasar yang kuat untuk menjalankan langkah-langkah berikutnya dan tidak mudah tergoda untuk membuat perayaan yang berlebihan.

2. Menabung dan Terus Menabung

Tidak ada persiapan keuangan yang baik tanpa adanya tindakan menabung, begitu juga dalam persiapan dana untuk pesta pernikahan. Mulailah menabung sedini mungkin supaya Anda memiliki simpanan yang akan mengurangi beban dana yang harus dikeluarkan nantinya. Anda dan pasangan dapat juga membuat satu rekening khusus untuk tabungan pernikahan, dengan tentunya diisi secara disiplin dan berkelanjutan.

Untuk mengatur agar tabungan terisi dengan rutin, Anda bisa mengikuti program simpanan otomatis atau automatic withdrawal. Biasanya pihak bank menyediakan program seperti itu, dimana setiap bulannya akan terpotong otomatis dari penghasilan Anda yang kemudian dimasukkan ke dalam tabungan. Dengan begitu, tabungan akan terus terisi bahkan tanpa Anda merasa telah menyisihkan uang setiap bulannya.

3. Pesta Menyesuaikan Budget, Bukan Sebaliknya

Buat pesta yang sesuai dengan rencana budgeting Anda, dan jangan beri kelonggaran terhadap hal-hal diluar budget. Sangat penting juga untuk membuat rencana budgeting yang menyesuaikan kondisi Anda dan pasangan, serta tentunya tidak memaksakan mengadakan perayaan yang diluar kemampuan. Tidak akan ada habisnya jika menuruti keinginan membuat pesta yang dreamy seperti negeri dongeng, atau mengikuti tren yang tersebar di media sosial.

Anda bisa mencari berbagai penawaran yang menguntungkan untuk dapat menyesuaikan dengan budget. Misalnya saja Anda dan pasangan bisa mencari tanggal dimana tidak terlalu banyak pesta pernikahan, sehingga ada kemungkinan untuk mendapatkan harga sewa gedung lebih rendah. Anda juga bisa mencari paket yang menawarkan paket dengan bundle beberapa hal, misalnya gedung sekaligus dekor dan katering, yang biasanya memiliki harga lebih murah.

4. Tidak Semuanya Harus Dibeli

Pesta pernikahan memang penting untuk dibuat sangat berkesan, namun Anda tidak perlu membeli baru segala sesuatunya. Jika menyewa gaun pengantin bisa lebih murah, mengapa Anda harus menghabiskan dana untuk membeli gaun baru yang hanya akan dipakai sehari? Prinsip tersebut juga berlaku pada hal-hal lain seperti jas pengantin, kotak seserahan, dan lain sebagainya.

Mungkin saat memilih Anda akan terlintas pikiran, kalau beli dan sewa tidak jauh berbeda harganya dan nilainya sangat kecil dibanding keseluruhan dana. Tapi jika ditinjau lebih jauh, perbedaan harga yang dianggap kecil itu dapat menumpuk menjadi nominal yang akan Anda sesali setelah pesta berakhir. Jangan bandingkan satu juta kecil dibanding total seratus juta, tapi ingat bahwa satu juta itu bisa dipakai untuk keperluan lain setelah menikah nanti.

5. Tidak Harus Menggunakan Tenaga Profesional

Jika menyewa fotografer dan band profesional cukup menguras kantong, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa freelance yang jauh lebih murah. Anda juga bisa mengontak para mahasiswa yang biasanya memiliki sampingan sebagai fotografer atau pengisi acara. Kalau Anda mau lebih hemat lagi, tidak perlu menyewa band atau penyanyi. Pasang saja musik dari playlist pribadi dan para tamu sudah bisa menikmati suasana romantis di pesta pernikahan Anda.

Lihat juga orang-orang di sekitar Anda, apakah sekiranya ada yang bisa membantu dalam meminimalisir dana yang dikeluarkan? Siapa tahu saja ada diantara kerabat Anda yang memiliki usaha katering, sehingga Anda bisa memesan dengan harga yang lebih rendah. Atau mungkin ada teman Anda yang memiliki jasa wedding organizer? Selain bisa mendapatkan harga miring, komunikasi dengan teman tentu lebih lancar sehingga bisa lebih memahami bagaimana acara yang kita inginkan.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda terapkan untuk mempersiapkan dan mengatur dana pernikahan. Ingatlah selalu bahwa pernikahan yang indah dan berkesan tidak harus mengeluarkan dana habis-habisan, karena hidup Anda dan pasangan pun tidak habis sampai disitu. Bijak dalam mempersiapkan dana pernikahan justru akan membuat terselenggaranya pesta tanpa ada penyesalan di akhir. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang langkah-langkah mempersiapkan dana pernikahan agar kantong tidak jebol, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Mengelola Keuangan untuk yang Punya Anak Kembar
Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga
Pengertian Zakat Tabungan dan Perhitungannya
10 Cara Agar Anda Menjadi Kaya
Tips Keuangan untuk Anak Muda
10 Langkah untuk Menjadi Kaya
4 Langkah Sederhana Membuat Anggaran Keuangan Keluarga
6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
Tip Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus dari SMA
Apa itu Tabungan Rencana? Apa Manfaatnya?


Bagikan Ke Teman Anda