Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Langkah-langkah Untuk Membuka Tabungan di Bank

Memiliki tabungan di Bank sangatlah penting. Terlebih dijaman digital seperti saat ini, dimana semua pembayaran rata-rata dapat anda lakukan melalui rekening anda di bank. Mulai dari membayar berbagai tagihan rutin hingga membeli pulsa dapat anda lakukan melalui rekening bank anda. Proses membuat tabungan pun sangat mudah. Yang perlu anda persiapkan adalah :

  1. Kartu Tanda Penduduk yang Asli
  2. Uang Setoran awal tabungan
  3. Kartu Keluarga (Untuk Tabungan Junio)

Lalu bagaimana jika anda merupakan penduduk baru di sebuah kota sehingga anda belum memiliki KTP? Anda bisa meminta kantor kecamatan setempat untuk memberikan anda Kartu Keterangan Domisili yang menandakan bahwa anda memang benar penduduk di kecamatan tersebut.

Nah setelah persyaratan sudah disiapkan, selanjutnya anda bisa langsung datang ke cabang perbankan terdekat untuk membuka rekening. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka tabungan di Bank.

1. Setelah anda sampai di Bank, pastikan anda mengambil nomor antrian yang ada. Jika bingung dimana letak nomor antrian tersedia, anda bisa meminta bantuan satpam yang berjaga disana.

Karena anda akan membuka tabungan baru, maka anda harus mengambil nomor antrian menuju ke Customer Service (CS).

2. Setelah nomor anda dipanggil Customer Service, anda dapat mengatakan ingin membuka tabungan baru. Dari sini, CS akan menawarkan anda sejumlah jenis tabungan yang anda inginkan.

Misalnya jika ingin membuka tabungan di BRI, petugas CS akan menawarkan anda ragam tabungan seperti :

Britama

Adalah tabungan utama dari BRI. Anda bisa memilih tabungan ini untuk keleluasaaan menggunakan rekening untuk berbagai kebutuhan. Tabungan Britama sudah terintegrasi dengan sistem online sehingga dapat digunakan dimana saja.

Simpedes

Adalah tabungan Simpanan Pedesaan yang saat ini sudah menjelma menjadi tabungan alternatif selain Britama. Simpedes tidak hanya dapat digunakan di Pedesaan namun juga di Kota-kota besar. Antara Britama dan Simpedes terdapat sedikit perbedaan antara lain biaya administrasi dan fasilitas yang disediakan oleh masing-masing tabungan.

Britama Junio

Adalah tabungan untuk si kecil. Sehingga jika anda ingin memberikan edukasi kepada anak mengenai menabung di Bank, anda bisa membukakan tabungan Britama Junio untuk anak anda.

Tabungan Britama Rencana

Adalah tabungan yang menggabungkan konsep menabung dan investasi. Disini anda diharapkan dapat menabung dengan jangka waktu tertentu sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Pastikan anda sudah memilih tabungan apa yang anda butuhkan sebelum ke Bank. Ketahui berapa setoran pertama yang dibutuhkan dan biaya administrasi yang diperlukan setiap bulannya. Hal ini penting diketahui karena lain jenis tabungan lain pula biaya dan fasilitas yang ditawarkan.

3. Setelah anda memilih jenis tabungan yang akan anda buka, CS akan memberikan anda satu lembar formulir untuk menciptakan nomor CIF (Customer Identification File). Anda harus mengisi formulir CIF dengan sebenarnya dan membubuhkan tanda tangan di tempat yang tersedia.

4. Setelah itu, CS akan memberikan anda sebuah kartu ATM yang harus anda tandatangani di belakang kartu anda, lalu mensetting PIN (Personal Identification Number) pada kartu ATM anda.

PIN ini sifatnya rahasia, sehingga tidak disarankan untuk anda berikan ke orang lain. Bahkan pegawai bank saja tidak diperkenankan untuk mengetahui PIN nasabahnya.

Setelah selesai, anda harus ingat PIN ATM anda, karena PIN ATM ini nantinya akan anda gunakan untuk semua transaksi yang berkaitan dengan penarikan tunai dan pembayaran.

5. Selanjutnya CS akan memberikan anda kertas slip setoran pertama, dan anda dipersilahkan menunggu hingga Teller memanggil anda untuk melakukan setoran pertama.

6. Setelah Teller memanggil nama anda, anda dapat melakukan setoran pertama anda sesuai dengan jumlah nominal uang yang telah ditulis pada slip setoran.

Teller akan memproses setoran pertama anda, lalu anda akan dipersilahkan untuk menandatangani buku tabungan diatas kertas putih. Kertas ini nantinya akan meninggalkan ‘jejak’ pada buku tabungan anda, sehingga tanda tangan anda meskipun tidak dapat dilihat secara kasat mata, namun terlihat jelas dibawah sinar Ultra Violet yang tersedia di meja Teller.

7. Setelah selesai, Teller akan memberikan buku tabungan untuk anda simpan di rumah.

Seiring waktu dengan berkembangnya teknologi, saat ini kehadiran kartu ATM dirasa lebih memiliki peran dibandingkan dengan buku tabungan. Jika dulu ketika anda menabung atau ketika anda mengambil uang anda harus membawa buku tabungan anda, sekarang tidak lagi.

Untuk menarik uang kurang dari 4 Juta, anda dipersilahkan menarik tabungan via ATM, dan tidak diperkenankan melakukannya via Teller.

Namun jika anda akan menarik uang diatas 4 Juta Rupiah, anda diperkenankan ke Bank dengan membawa kartu ATM beserta KTP asli anda. Bawa saja buku tabungan anda untuk anda cetak.

Sedangkan untuk menabung, anda tidak membawa buku tabungan pun tidak apa-apa. Saat ini anda hanya perlu membawa uang yang akan ditabung dan kartu ATM menuju Teller tanpa harus mengisi slip setoran terlebih dahulu. Dari sini, Teller akan memproses tabungan anda dan mencetaknya di slip rangkap dua sebagai tanda bukti bagi anda dan Bank.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang langkah-langkah untuk membuka tabungan di bank, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Bank Gagal Berdampak Non-Sistemik?
Berapa Saldo Minimum di Bank?
Inilah Limit Serta Biaya Beberapa Bank di Indonesia
Apa Itu Rekonsiliasi Bank? Ini Alasan Dilakukan Rekonsiliasi Bank
Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Bank BCA
Rekening Bank Bersama Pasangan, Apakah itu Salah?
Tips Jitu Cara Mempersiapkan Tabungan Pensiun
Apa Itu Bank BUKU 2? Ini Dia Bank dalam Kategori BUKU 2
Step By Step Cara Mengajukan KPR di Bank
Rahasia Memiliki Tabungan untuk Masa Depan


Bagikan Ke Teman Anda