Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Lupa PIN Kartu Kredit BCA?

Kepemilikan kartu kredit di masa sekarang sudah semakin menjamur karena sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Karenanya, seluruh bank kenamaan terus berlomba-lomba menciptakan inovasi dan produk kartu kredit terbaru untuk dapat menarik perhatian masyarakat. Dari seluruh Bank kenamaan tersebut, dari Bank mana kartu kredit kamu diterbitkan? Sudahkah memiliki dan menikmati fasilitas dari Kartu Kredit BCA?

Ya! Kartu kredit BCA sudah banyak diminati masyarakat. Sebenarnya dari cara penggunaan, masih sama dengan kartu kredit pada umumnya. Seperti yang kamu ketahui saat bertransaksi dengan kartu kredit, harus membubuhkan tanda tangan diatas struk pembelanjaan yang kemudian akan disimpan oleh merchant sebagai bukti keabsahan transaksi dan akan dilaporkan pada pihak bank. Namun tanda tangan di era sekarang dianggap kurang aman karena masih bisa ditiru oleh orang sehingga rentan dengan penyalahgunaan.

Maka selain tanda tangan, ada cara lain untuk menggunakan kartu kredit yaitu dengan PIN. PIN adalah Personal Identity Number yang biasanya terdiri dari 6 digit angka rahasia dan hanya boleh diketahui oleh pemilik kartu kredit saja. Menggunakan PIN sebenarnya lebih efisien dari segi waktu, dan keamanan pengguna agar terhindar dari penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Tapi saya belum punya dan bagaimana kalau lupa dengan PIN sendiri, kan ribet? Kalau lupa memasukkan PIN 3x bisa diblokir. Lalu bagaimana cara mengaktifkan kembali PIN kartu kreditnya?” Pertanyaan wajar yang sering dilontarkan orang.

Jangan khawatir, kamu hanya cukup hubungi call center BCA 1500-888, kemudian ikuti cara praktisnya hanya dengan memberitahu data pribadi. Namun ingat, proses ini tidak dapat diwakili. Karena akan ada pertanyaan-pertanyaan mendasar yang pastinya hanya diketahui oleh pemilik kartu kredit saja, contohnya tempat dan jam transaksi terakhir, data diri orang tua, dan lain-lain.  Atau jika ingin melakukan sendiri, berikut ada beberapa cara yang bisa ditempuh:

AKTIVASI MELALUI MOBILE BANKING

Bagi kamu yang belum punya aplikasi m-BCA, hal pertama yang harus dilakukan adalah download di smartphone dan daftarkan nomor handphone melalui ATM terdekat. Kemudian ikutilah langkah-langkah berikut:

  1. Klik aplikasi m-BCA di smartphone kamu. Lalu masukkan kode akses yaitu 6 digit PIN yang kamu gunakan untuk mengawali menggunakan aplikasi.
  2. Akses menu m-Admin.
  3. Pilihlah Buat/Ubah PIN yang berada dibawah kategori Aktivasi Kartu Kredit.
  4. Masukkan informasi yang dibutuhkan, diantaranya No. Kartu Kredit, Jenis Kartu, PIN Kartu Kredit (yang kamu kehendaki), dan terakhir Ulangi PIN Kartu Kredit.
  5. Pastikan kembali data-data yang diperlukan diatas sudah benar. Lalu klik Send yang berada di pojok kanan atas aplikasi anda.
  6. Setujui klausa yang ada setelahnya, yaitu notifikasi data otomatis dari aplikasi m-BCA berfungsi untuk klarifikasi ulang dengan cara memasukkan kembali kode akses.

Lalu klik OK Lalu akan muncul pemberitahuan transaksi berhasil di layar smartphone kamu, klik OK.

AKTIVASI MELALUI WEBSITE RESMI BCA

Alternatif lain jika kamu lebih leluasa menggunakan computer dan terhubung dengan jaringan internet. Hal utama yang wajib dilakukan adalah minta kode Otentifikasi melalui SMS dengan format SMS<spasi>REQ<spasi>KODE<spasi>OTENTIFIKASI#_16digit kartu kredit_. Kirim ke 69888 melalui nomor handphone yang terdaftar. Pastikan kamu memiliki saldo prabayar cukup untuk mendapatkan balasan sms dari BCA berupa kode yang diinginkan. Kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Kunjungi laman resmi BCA, yaitu www.bca.co.id/creditcard.
  2. Baca keterangan yang tercantum di desktop kamu, lalu klik Lanjut.
  3. Kamu akan diminta mengisi informasi penting untuk keperluan verifikasi data. Diantaranya No. kartu kredit, tanggal lahir, nomor handphone yang terdaftar, tanggal expired / kadaluarsa kartu.
  4. Kemudian diminta mengetik ulang huruf atau angka sesuai yang tertera di gambar, lalu klik Proses.
  5. Langkah selanjutnya pilih menu Aktifasi.
  6. Masukkan kode Otentifikasi yang kamu dapatkan dari SMS BCA tadi

Kemudian kamu akan mendapatkan SMS notifikasi dari BCA bahwa proses aktivasi kartu kredit terlah berhasil dan dapat digunakan kembali.

AKTIVASI MELALUI CABANG ATM TERDEKAT

Untuk kedua cara diatas mengharuskan kamu untuk memiliki jaringan internet yang cukup. Bagi kamu yang terpaksa sedang tidak memiliki akses jaringan internet,  jangan kawatir. Langkah awal yang harus dilakukan masih sama, yaitu minta kode otentifikasi melalui SMS berformat SMS<spasi>REQ<spasi>KODE<spasi>OTENTIFIKASI#_16digit kartu kredit_. Kirim ke 69888 melalui nomor handphone yang terdaftar. Kemudian datangi cabang ATM BCA terdekat dan ikuti cara ini:

  1. Masukkan kartu kredit kamu lalu pilih menu Aktivasi.
  2. Masukkan 6 digit kode otentifikasi yang didapat.
  3. Lalu klik Benar dan Lanjutkan.
  4. Masukkan 6 digit  PIN baru yang diinginkan, klik Benar.
  5. Masukkan kembali 6 digit PIN baru, klik Benar.

Tunggulah beberapa saat, kamu akan melihat notifikasi di layar  ketika proses telah berhasil. Dan juga akan mendapat notifikasi resmi berupa SMS ke nomor handphone terdaftar. Jangan lupa keluar dari menu ATM dan cabut kembali kartu kredit kamu. Jagalah kerahasiaan PIN tersebut untuk alasan dan kemudahan setiap transaksi.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa hal jika lupa PIN Kartu Kredit BCA, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

 



Tarik Tunai Kartu Kredit untuk Biaya Mudik?
Kartu Kredit dari BCA
Kartu Debit vs Kartu Kredit Apa Untungnya?
Kartu Kredit untuk Umur Berapa?
Kartu Kredit Pertama, Apa yang Harus Diperhatikan?
Nasabah Sakit dan Tagihan Datang Terus, Apa yang Harus Dilakukan?
Kartu Debit vs Kartu Kredit, Kapan Sebaiknya Menggunakan
Tip Aman Bertransaksi Kartu Kredit di Luar Negeri
Apa Untung Rugi Memakai Kartu Kredit? Ini Dia Penjelasannya!
Ketika Kartu Kredit Ditolak Merchant, Harus Bagaimana?


Bagikan Ke Teman Anda