Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mana yang Lebih Menguntungkan: Beli Rumah atau Apartemen?

#apartemen #beli rumah

Rio memiliki sejumlah uang yang sangat cukup untuk membeli sebuah rumah. Namun tinggal di Jakarta membuatnya harus mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari investasi aset yang akan ia dapatkan di masa depan hingga kebutuhan jarak yang sangat berarti dengan keadaan macet Jakarta yang semakin semena-mena.

Rio memang sudah memiliki lokasi rumah idaman, namun jaraknya jauh dari kantor tempatnya bekerja. Ia bisa menghabiskan waktu kira-kira dua jam dalam sekali jalan. Itu artinya empat jam dalam sehari. Sedangkan tak jauh dari kantornya terdapat sebuah apartemen yang cukup representatif bagi ia dan keluarga untuk tinggal. Namun bagaimana dengan investasi asetnya dimasa yang akan datang?

Lain orang lain prioritas. Demikian dengan Rio. Ia harus memikirkan mana yang lebih penting baginya karena rumah dan apartemen jelas berbeda, yaitu

1. Lokasi

Rumah : lokasi rumah di Jakarta rata-rata jauh dari pusat perkantoran sehingga Rio harus merelakan setidaknya empat jam dalam sehari untuk melewati lalu lintas di Jakarta yang terkenal akan macetnya yang tak kira-kira.

Apartemen : Bayangkan jika Rio tinggal di apartemen yang rata-rata memang berada di tengah kota. Waktu empat jam yang tadinya Rio gunakan untuk bermacet-macet ria, dapat ia gunakan untuk main bersama anak dan bersantai di rumah bersama keluarga.

2. Harga

Rumah : Dengan harga satu milyar saja misalnya, Rio sudah bisa mendapatkan rumah yang cukup besar misalnya di sekitaran Bekasi atau Cibubur.

Apartemen : Harga apartemen bisa mulai dari ratusan juta dan milyaran rupiah. Dengan harga satu milyar, Rio bisa mendapatkan apartemen di tengah kota namun dengan luas yang terbatas.

3. Ruang Gerak

Rumah : Rio bisa memiliki rumah dan tanahnya sekaligus. Ia bisa memiliki halaman belakang, halaman depan, carport, garasi. Jika Rio atau istrinya memiliki hobi bercocok tanam maka mereka dapat mengembangkan hobi di halaman rumah mereka.

Apartemen : Ruang gerak pribadi Rio terbatas hanya pada satu unit apartemen. Selebihnya adalah ruang gerak yang digunakan secara bersama-sama dengan penghuni apartemen lainnya, seperti garasi, taman, dan lainnya.

4. Keamanan

Mengenai keamanan, Rio sadar bahwa masing-masing rumah maupun apartemen memiliki resikonya masing-masing. Bila tinggal di rumah ia dapat terserang banjir, kemalingan dan lainnya. Namun bila terjadi bencana alam seperti gempa bumi maka apartemen adalah tempat tinggal pertama yang sangat tinggi resikonya karena bentuk bangunan yang memanjang ke atas.

5. Biaya Perawatan

Rumah : Selain Rio menanggung sendiri biaya perawatan rumahnya mulai dari perawatan kebun, kebocoran, cat yang kusam dan lain sebagainya, tak jarang ia sendiri harus turun tangan untuk melakukan semuanya.

Apartemen : Rio bisa membayar biaya perawatan gedung secara berkala. Yang melakukan perawatan adalah pihak pengelola gedung sehingga mengurangi beban pikiran mengenai maintenance tempat tinggalnya.

6. Fasilitas

Rumah : Fasilitas terbatas karena lahan yang terbatas.
Apartemen : Untuk menarik konsumen biasanya pengelola apartemen akan melengkapi apartemen dengan fasilitas yang menarik. Seperti kolam renang, tempat fitness, perpustakaan/ruang baca, ruang bermain anak, lapangan olahraga dan lain-lain.

7. Kepemilikan

Rumah : Rumah dengan SHM (Sertifikat Hak Milik) adalah legalitas kepemilikan terhadap tanah dan rumah yang sangat kuat hukumnya. Rio bisa memperjual belikannya, menggadaikannya, bahkan mewariskannya secara turun temurun.

Apartemen : Ada dua status kepemilikan terkait apartemen. Status kepemilikan pertama adalah sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) Murni. Bila Rio memiliki apartemen dengan status ini, itu berarti apartemen Rio dibangun diatas tanah yang dimiliki oleh developer. Sehingga Rio dapat menggunakan apartemen tersebut hingga 20 tahun, untuk selanjutnya HGB tersebut dapat diperpanjang dengan biaya yang jumlahnya bisa setara dengan harga sebuah rumah maupun sebidang tanah.

Berapa biaya perpanjangan HGB tersebut?

Biaya perpanjangan HGB pada tiap apartemen berbeda, tergantung dari luas lahan yang dimiliki apartemen tersebut. Rio bisa membacanya di lampiran PP 13 tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Badan Pertanahan Nasional. Sedangkan cara perhitungan dapat dilihat di PP 46 tahun 2002.

Sedangkan bila Rio memiliki apartemen dengan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) diatas HPL (Hak Pengelolaan Lahan) berarti tanah dimana apartemen tersebut dibangun bukanlah milik developer. Sehingga setelah HGB habis, bangunan akan menjadi pemilik lahan.

8. Investasi

Rio juga mempertimbangkan investasi yang akan didapatkan jika ia membeli rumah dan apartemen.

Rumah : Dengan rumah yang memiliki SHM, harga tanah dan rumah tentu saja mengalami kenaikan setiap tahun. Memiliki rumah berarti Rio sudah mendapatkan keuntungan, ia tinggal menikmati investasinya terus bertumbuh setiap tahun.

Apartemen : apartemen memiliki keuntungan investasi jika Rio menggunakannya untuk dikontrakkan kepada pihak lain. Sedangkan jika Rio menggunakannya sendiri, investasi apartemen memang tetap naik, namun ia harus membayarnya lagi setelah 20 tahun untuk memperpanjang Hak Guna Bangunan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang keuntungan beli rumah atau apartemen, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Faktor Ini Perlu Menjadi Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah!
Ngontrak Rumah dan Punya Banyak Uang atau Beli Rumah tapi Tak Punya Uang, Mana yang Lebih Baik?
Sewa Rumah vs Beli Rumah, Manakah yang Lebih Baik?
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Perbedaan antara Pajak dengan Bea Cukai
Kartu Kredit dengan Fasilitas Lounge di Bandara Soekarno Hatta
Pentingnya Mengenali Nasabah dalam Sektor Perbankan
Step by Step Cara Mendaftarkan Merek Dagang
Teknik untuk Mencegah Pemalsuan Uang dan Fitur yang Tidak Ada di Uang Palsu


Bagikan Ke Teman Anda