Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Manfaat Daun Kelor, Superfood Banyak Gizi

Anda pernah mengenal jenis tanaman berdaun kecil dan berwarna hijau ini?, tanaman ini berasal dari negara India dan sudah banyak ditanam dan dijadikan sebagai obat alami dan juga sayuran kaya nutrisi. Jenis tanaman ini disebut dengan nama Daun Kelor atau bahasa latinnya yaitu Moringa oleifera.

Dulunya tanaman ini dianggap banyak orang sebagai tanaman pagar atau sekedar tanaman teduh yang tumbuh di sekitar pelataran rumah dan kebun. Tidak banyak orang tahu manfaat tanaman ini yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jenis pohon kelor banyak juga terdapat di berbagai penjuru negara, tidak hanya di negara asalnya saja, contoh tanaman ini dapat tumbuh di negara yang beriklim subtropis seperti Indonesia, Thailand, Spanyol, Asia Tenggara dan negara lainnya.

Jika dilihat dari bentuk daun juga pohonnya, ada banyak jenis tanaman kelor yang bisa dijumpai di seluruh dunia, namun yang paling sering dan banyak digunakan adalah jenis kelor ini. Untuk Anda yang ingin mengetahui khasiat dan manfaat apa saja yang bisa digunakan dalam kesehatan tubuh, berikut ini beberapa penjelasannya:

Manfaat Daun Kelor

Pohon kelor memang sangat dipercaya oleh sebagian orang yang pernah mencobanya sebagai tanaman yang kaya nutrisi dan juga gizi. Salah satu manfaat yang bisa digunakan adalah daunnya, bagi sebagian orang yang menginginkan kaya gizi maka bisa mengolah daun kelor menjadi sayuran atau lalapan untuk dikonsumsi sebagai makanan sehari-hari.

Selain kaya gizi, daun kelor juga kaya akan nutrisi yang baik untuk tumbuh dan kembang anak. Ada banyak perusahaan obat saat ini yang memanfaatkan olah daun kelor sebagai obat untuk menjaga kesehatan tubuh, olahan tersebut dibentuk dalam sebuah kapsul, teh, dan juga obat yang dipadatkan.

Daun kelor yang sudah dikemas tersebut dihargai dengan harga yang sangat terjangkau, dan sudah tentu memiliki kaya vitamin dan nutrisi yang memang baik untuk tubuh Anda.

Banyak di negara lain yang kecenderungan mengalami gizi buruk, terutama bagi anak – anak. Diharapkan dengan adanya olahan daun ini mampu membantu kekurangan gizi dan nutrisi setiap orang di seluruh penjuru dunia. Berikut ini beberapa contoh lain dari manfaat pohon kelor yang dapat Anda ketahui:

1. Kaya Nutrisi

Beberapa kandungan yang terdapat pada daun kelor yang dapat diketahui yaitu :

  • Kaya akan vitamin B
  • Mengandung Vitamin C
  • Antioksidan tinggi
  • Kaya zat besi
  • Magnesium
  • Kaya dengan vitamin A
  • Seng dan lain sebagainya

Jika dilihat dari banyaknya jenis kandungan alami, maka daun kelor mampu mengalahkan dari berbagai jenis sayur dan buah lainnya. Sebagai contoh daun kelor lebih banyak nutrisi dibanding dengan buah pisang, jeruk, bayam, wortel dan sebagainya. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk Anda yang memang menyukai sayuran atau vegetarian untuk mencoba manfaat daun kelor.

Sebaiknya daun kelor dikonsumsi minimal 3 kali dalam sehari, karena porsi tersebut mewakili tubuh Anda untuk mendapatkan banyak vitamin, nutrisi dan juga gizi yang super.

Lebih baik lagi jika Anda mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk alami, karena bentuk olahan seperti kapsul, pil atau teh kandungan nutrisi akan sedikit berkurang akibat proses pembuatan obat tersebut. Jadi, kalau ingin tubuh sehat secara sempurna maka harus rutin mengkonsumsi sayur daun kelor.

2. Mengurangi dan Menghambat Terjadinya Peradangan

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan apabila Anda biasa mengkonsumsi daun kelor adalah mampu menghambat dan mengurangi terjadinya inflamasi akibat penyakit tertentu. Daun kelor selain bernutrisi dan bervitamin, ternyata ada kandungan lain seperti flavonoid, seperti quercetin, serta beta-karoten, vitamin C, dan asam klorogenik.

Contoh quercetin yang bermanfaat untuk antihistamin alami karena kemampuannya untuk menstabilkan produksi histamin dalam tubuh. Serta asam klorogenik yang memiliki efek penyeimbang pada gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian yang sudah diuji coba membuktikan sebanyak 20 % penderita diabetes mengalami penurunan gula darah dalam tubuh. Sehingga sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit dalam tingkatan yang ringan.

3. Baik untuk Penderita Kolesterol

Manfaat lain yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi daun kelor sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah. Antioksidan yang tinggi mampu mencegah terjadinya pembekuan darah dan juga melarutkan sisa lemak yang terdapat dari sisa makanan dalam tubuh Anda.

Ada banyak penelitian yang melakukan tes terhadap pria dan wanita berbagai usia akan metode daun kelor, alhasil mereka dapat merasakan jika kadar lemak menjadi turun. Oleh sebab itu, manfaat daun kelor yang memang bisa dimanfaatkan sebagai obat dan juga konsumsi untuk kesehatan tubuh, bahkan obat lain apabila dikonsumsi tidak kalah hebat dengan menggunakan daun kelor ini.

4. Melancarkan Air Susu Ibu

Kandungan pada daun kelor yang dipercaya mampu memperlancar asupan air susu ibu yang sedang menyusui bayinya. Bagi Anda yang ingin menyusui bayi dan dirasa air susu sulit untuk keluar banyak, maka Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun kelor yang sudah dimasak minimal 2 kali dalam sehari. Maka, Anda akan merasakan hasilnya, air susu akan keluar dengan deras.

Hal ini banyak para produsen jamu atau obat alami memproduksi olahan daun kelor sebagai suplemen khusus ibu hamil yang ingin air susunya bertambah banyak. Walaupun belum ada penelitian khusus mengenai hal ini, namun tidak salah jika Anda mencoba untuk kesehatan tubuh Anda.

5. Mencegah dari Bahaya Racun atau Arsenik

Belum ada penelitian lebih lanjut dan remis mengenai daun kelor bagi kesehatan dan pencegahan keracunan arsenik dalam tubuh. Namun, ada satu penelitian terhadap hewan yaitu tikus dimana dilakukan asupan makanan daun kelor selama beberapa waktu. Dan dihasilkan hewan tersebut mengalami penyembuhan dari toksin dan racun yang terjadi dalam tubuh. Hal ini masih dalam proses pengujian lebih lanjut apakah bisa diterapkan kepada manusia.

6. Pembangkit Stamina dan Energi

Daun kelor bisa juga dimanfaatkan untuk menambah stamina serta energi dalam tubuh Anda. Setiap asupan yang terkandung dalam daun kelor yang memiliki bahan aktif seperti vitamin, mineral dan asam amino dapat menyebabkan peningkatan energi. Sehingga kekebalan imun juga akan terjaga, Anda bisa membuktikannya dengan banyak mengkonsumsi sayur daun kelor menjadi menu utama di rumah.

Yang Patut Diwaspadai Pada Tanaman Kelor

Tidak semua pohon kelor bisa dimanfaatkan sebagai obat dan juga makanan, contohnya akar, ranting, pohon kelor tidak bisa digunakan sebagai olahan apapun.  Hal ini karena bagian tersebut memiliki zat berbahaya yang tidak bisa diterima tubuh sebagai makanan yang dikonsumsi.

Berbeda dengan daunnya, karena daunnya dianggap lebih aman dan juga kaya manfaat. Jadi pastikan apabila Anda ingin mencoba mengkonsumsi tanaman kelor, gunakan daunnya saja dan tidak dengan bagian yang lain.

Cara Mengolah Daun Kelor

Sebaiknya gunakan daun kelor yang masih muda dan segar, karena daun tersebut masih lembut dan mudah untuk dimasak. Olahan daun kelor dapat dimasak sebagai sayur dan juga lalapan yang direbus sebelumnya. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi dalam bentuk jadi seperti kapsul, teh dan pil, namun untuk menghindari adanya efek samping sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk keamanannya.

Kesimpulan

Daun kelor memiliki banyak khasiat dan juga manfaat jika diolah dengan baik dan tepat. Sisi positifnya daun ini kaya akan zat kandungan vitamin, gizi, nutrisi dan beberapa kandungan lain yang berguna bagi kesehatan tubuh. Namun, perlu juga diperhatikan efek lain yang bisa saja terjadi, cari tahu terlebih dahulu sebelum Anda mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang manfaat pohon kelor, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Daun Pepaya Jepang, Superfood dari Suku Maya
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Mengapa Orang Yahudi Sukses?
Jangan Beli Mainan Anak-anak Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Mengapa Asuransi Mobil Seharusnya Wajib?


Bagikan Ke Teman Anda