Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Masuk Masa Pensiun? Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Memiliki hutang sesungguhnya bukanlah hal yang disarankan karena bisa membahayakan keuangan berapa pun usia anda saat ini, terlebih lagi bagi anda yang mulai memasuki masa pensiun. Banyak orang yang belum sadar pentingnya menabung untuk hari tua sejak awal justru menumpuk hutang, hal ini tentu saja bisa membuat masa tua terasa menyiksa karena harus memikirkan hutang disaat tubuh tak lagi kuat mencari nafkah.

Dan ketika banyak rumah tangga yang memasuki masa emas justru ‘menabung’ hutang tanpa disadari, sesungguhnya 20% diantaranya bisa saja meninggal dalam jeratan hutang. Tentu anda tak ingin hal ini terjadi di masa tua anda bukan?

Saat kredit pensiunan terlihat bukanlah sebuah ide yang bagus, ada kabar baik yang bisa anda gunakan untuk membantu anda terbebas dari hutang di hari tua nanti. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Buat Tabungan Darurat

Pertama, dengan memiliki tabungan dengan nilai yang sehat dapat membantu anda menghindari segala jenis hutang. Sayangnya, tak banyak orang memiliki kesadaran untuk menabung apalagi menabung di bank. Tetapi jika bisa menyisihkan sedikit penghasilan bulanan dalam tabungan tak terduga setidaknya selama minimal tiga sampai enam bulan, anda akan memiliki cukup uang dan tak akan khawatir ketika terjadi PHK tiba-tiba, masuk rumah sakit, atau hal tak terduga lainnya.

Namun jika anda sama sekali tidak memiliki tabungan darurat dan lebih mengandalkan kartu kredit untuk melewati masa-masa sulit, hal ini bisa membuat anda lebih cepat masuk dalam jeratan hutang ketika masa tua tiba.
Jadi jika anda bisa menghindari hutang semacam itu dan mampu mempersiapkan dana simpanan tidak terduga sejak awal, maka ini akan membuat anda terhindar dari hutang sedari dini.

2. Hiduplah Secara Sederhana

Banyak alasan mengapa begitu banyak orang hanya menerima gaji tinggal angka-angka saja ialah karena pengeluaran yang tak sesuai dengan pendapatan sehingga hampir dipastikan tak ada yang tersisa karena gaji habis bahkan sebelum sampai diterima.

Keinginan untuk liburan mewah atau mungkin ingin mengendarai mobil terbaru dengan teknologi terkini, maupun keinginan konsumtif lainnya bisa saja mendorong anda jatuh terjerumus dalam lilitan hutang selama bertahun-tahun. Cara terbaik untuk memastikan pengeluaran bulanan tak melebihi penghasilan ialah dengan bijak mengelola keuangan dengan membuat anggaran bulanan secara khusus.

Misalnya bila setiap bulannya anda menerima gaji sebesar Rp 5 juta, maka anggap saja bila Rp 1 juta-nya disimpan jadi uang yang masuk ke rekening hanya Rp 4 juta. Akan lebih baik lagi bila penghematan ini dilakukan secara otomatis, sehingga anda tak akan tergoda membelanjakannya ketika waktu gajian datang.

Pilihan lain, jika dalam keluarga anda memiliki penghasilan ganda (suami dan istri bekerja) maka anda bisa menggunakan salah satu gaji untuk memenuhi kebutuhan utama dan yang lain sebagai tabungan tak terduga.
Maka, disaat-saat tak terduga anda bisa aman secara finansial dan bisa membantu anda lepas dari jeratan hutang.

3. Lunasi Segera Pinjaman di Masa Kuliah

Saat ini beberapa bank telah mulai melirik sektor pendidikan untuk mengalokasikan dana kreditnya, sehingga bisa membantu para anak muda yang ingin melanjutkan perguruan tinggi yang terkendala biaya untuk bisa meraih cita-citanya.

Dengan biaya kuliah yang bisa dikatakan bukan biaya yang murah, setidaknya untuk kuliah selama 4 tahun seorang mahasiswa membutuhkan dana setidaknya Rp 138 juta hingga bisa lulus kuliah. Dan pengembaliannya sendiri bisa dimulai setelah perkuliahan lulus.

Tentu dengan hutang yang sekian banyak jika tak di lunasi sejak awal bisa membuat masa tua terjerat hutang. Dan jika serius ingin melepaskan diri dari kredit mahasiswa yang dimiliki, salah satu langkah terbaik yang harus dilakukan ialah dengan mulai mencicilnya sesegera mungkin dan jangan sampai menundanya.

Semakin cepat hutang ini dilunasi, pastinya akan membuat anda bisa bernapas sedikit lega dan penghasilan yang didapat bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya dengan lebih fleksibel. Sehingga bisa membantu anda terhindar dari kemungkinan terburuk terjerat hutang kartu kredit.

4. Bijak Memilih Hutang Jangka Panjang

Biaya hidup sehari-hari yang cenderung tinggi dan semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat pengeluaran bulanan membengkak, hal ini memang tak bisa dihindari. Tapi jika anda bisa menekan jumlah cicilan hutang jangka panjang seminimal mungkin, maka untuk melunasi kredit rumah saat masa tua bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Selain itu, jika hal ini bisa dilakukan secara kontinyu maka bukan tidak mungkin bisa membuat banyak tambahan sehingga akan memperpendek masa pinjaman dan mengurangi biaya bunga yang dikenakan pada pinjaman jangka panjang tersebut.

Hutang jangka panjang ini termasuk pinjaman KPR, pajak PBB, asuransi seharusnya tidak melebihi 30% dari gaji bulanan.
Dan semakin rendah anda bisa mempertahankan persentase tersebut, maka akan semakin baik peluang anda untuk bisa melunasi kredit rumah setelah bertahun-tahun bekerja keras.

5. Jauhi Hutang Kartu Kredit

Pinjaman kartu kredit merupakan salah satu bentuk hutang terberat jika anda menyadarinya, terlebih karena kebanyakan kartu kredit tak hanya memiliki suku bunga yang tinggi, tapi juga tambahan biaya tersembunyi yang akan membuat anda harus membayar tagihan dalam jumlah yang tidak sedikit.
Menghindari hutang kartu kredit akan membuat anda terhindar dari ‘tabungan’ hutang di masa tua nanti.

Hal ini bukan untuk menakut-nakuti anda agar tak menggunakan kartu kredit sama sekali, namun justru sebaliknya. Dan setidaknya anda bisa lebih biijak saat menggunakan kartu kredit dan mempergunakannya dengan sangat teliti, termasuk setiap biaya-biaya yang menyertainya.

Dan dengan rajin membayar tagihan sehingga tak meniggalkan saldo hutang bulan lalu, ini akan mengurangi biaya tambahan lain yang bisa saja membuat anda pusing tujuh keliling.

Setelah anda pensiun dan memiliki penghasilan yang tetap, maka setiap rupiah yang anda miliki akan terasa semakin banyak. Dan semakin sedikit hutang yang anda miliki ketika masuk masa pensiun, semakin sedikit pula tekanan finansial yang harus dihadapi di tahun-tahun berikutnya. Sehingga masa tua anda akan dijalani dengan lebih tenang dan damai.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa hal yang diperhatikan saat masuk masa pensiun, semoga bermanfaat.



Dasar-dasar Pengelolaan Finansial Pribadi
Inilah Cara Jitu untuk Mempersiapkan Dana Kuliah Anak
Langkah-langkah Membuat Anggaran Keluarga
Manfaat Menyimpan Uang dalam Bentuk Deposito
Ajakarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Kebutuhan yang Seharusnya Harganya Tidak Sampai 1 Juta
Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik
Tip Mengelola Keuangan untuk Mahasiswa
Bagaimana Cara Menjadi Milyuner?
4 Tip Keuangan Untuk Keluarga Baru


Bagikan Ke Teman Anda