Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mau Traveling Murah? Berikut Tips dan Triknya

Salah satu alasan mengapa orang enggan traveling adalah kurangnya budget. Tapi, percaya lah, itu permasalahan kuno. Hanya butuh sedikit kreatifitas agar bisa berkeliling, menikmati keindahan dunia, dengan biaya murah. Meski demikian, masih banyak orang yang berkelit ketika kreatifitas mereka untuk keperluan yang satu ini ditantang. ‘Saya bukan orang kaya dan berduit’, adalah alasan lain. Padahal, Anda sama sekali tak perlu jadi orang kaya raya, lho, untuk bisa jalan-jalan.

Semua akhirnya beralih ke satu pernyataan besar: Apakah Anda benar-benar ingin jalan-jalan?

Dimana ada niat, pasti ada jalan keluar. Berikut adalah tip dan trik yang bisa Anda tempuh ketika ngebet ingin jalan-jalan dengan dana minim.

1. Mengakali tiket pesawat

Yang dimaksud dengan ini bukan bertindak curang, lho. Di sini yang kita bicarakan adalah bagaimana caranya agar mendapatkan tiket yang murah. Caranya banyak, kok. Yang paling simpel adalah booking jauh-jauh hari.

Misalnya, nih, booking untuk 6 sampai 8 minggu ke depan. Pasti Anda dapatkan tiket murah. Atau, Anda bisa juga mencari tiket dengan cara mepet, yang biasa disebut last minute ticket. Kalau beruntung, biasanya masih ada sisa tiket kosong untuk pesawat yang hendak berangkat 1 jam ke depan. Paling lama 2 jam. Untuk yang satu ini, tiket umumnya berasal dari cancelled tickets yang diperjualbelikan lagi. Atau, sering-seringlah mengalokasikan waktu untuk nge-check tiket secara online.

2. Mengikuti professional traveler

Dengan mengikuti bagaimana seorang pelancong profesional berkelana, Anda kemungkinan besar mendapat ilmu bagaimana berpetualang dengan murah. Caranya ada banyak. Mulai dari nge-follow di Twitter, Facebook, atau ikut mailing list dan newsletter yang mengulas cheap traveling. Ada banyak ide di sana.

3. Sedikit berpikiran terbuka alias open minded

Seni berwisata yang lain adalah melatih survival ability. Kalau Anda mau menguji kemampuan Anda survive di tempat asing nan baru, hanya dengan berwisata jalan keluarnya. So, untuk itu, lupakan cara berwisata yang mainstream. Lupakan hotel ber-AC, motel, rental motor atau mobil. Jika selama ini Anda berpikir berwisata itu harus di hotel atau motel, kenapa tidak mencoba tidur di taman berbekal sleeping bag. Atau, di kala malam, nongkrong di tepi pantai atau kafe 24 jam. Soal mengantuk, itu persoalan biasa. Namanya juga melatih survival ability. Sebagai ganti hotel, coba hunting hostel. Lupakan naik bus kota atau taksi. Anda bisa berjalan kaki sebagai gantinya sembari menikmati dan mengenal lingkungan yang Anda datangi. Anda belum tahu seberapa jauh batasan kekuatan Anda berjalan kaki, kan?

4. Travel bukan di peak season

Kalau Anda berwisata di kala peak season, semurah apapun total yang Anda keluarkan, masih akan terhitung mahal. Tidak ada yang murah di waktu semacam ini, mulai dari tiket pesawat, kereta api, makanan, hotel dan sarana akomodasi lainnya.

5. Bepergian rame-rame

Trik yang satu ini bisa dipastikan sedikit menghemat pengeluaran Anda. Mengapa demikian? Karena Anda bisa menghemat biaya dengan sharing ongkos. Dan siapa tahu, teman Anda punya kenalan atau saudara di dekat tempat yang dituju.

6. Mengantongi makanan dan snack

Sudah bukan rahasia lagi kalau harga makanan di tempat wisata biasanya mahal. Belum lagi, Anda belum tentu cocok dengan jenis makanan yang tersaji di sana. Jadi, akan lebih hemat jika Anda membeli terlebih dahulu snack atau makanan yang Anda suka di supermarket dalam jumlah banyak.

7. Bergabung dengan travel rewards program

Anda pasti pernah mendengar loyalty program, kan? Banyak maskapai penerbangan yang menjalankan program ini. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan poin setiap kali memanfaatkan layanan penerbangan mereka. Semakin sering Anda bepergian dengan maskapai tersebut, semakin besar poin Anda. Yang diutamakan dari program semacam ini adalah frekuensi terbang, bukan seberapa jauh jarak yang Anda tempuh. Belakangan ini, tak hanya maskapai penerbangan yang punya loyalty program; sejumlah grup hotel juga menerapkannya. Untungnya lagi, ada kalanya poin Anda juga bisa dimanfaatkan saat hendak membeli produk yang bekerja sama dengan maskapai atau hotel tersebut.

Nah, ternyata hanya dengan sedikit kecerdikan, perencanaan matang, fleksibilitas mental dan sikap yang tepat, tak ada batasan antara jumlah uang Anda dengan keinginan untuk berpetualang mengelilingi dunia dan mendatangi tempat impian.

Traveling dengan biaya murah tak hanya baik untuk jiwa Anda, tapi juga ramah terhadap rekening bank. Banyak keunggulan berwisata dengan cara di atas ketimbang Anda mendambakan luxury experience. Minimum, dengan cara seperti ini, Anda bisa menemukan tempat-tempat baru yang nyaris tak bisa dinikmati jika berwisata secara boros. Jadi, yuk, berwisata murah dan berhenti menjadikan saldo di bank sebagai alasan.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips dan triknya traveling murah, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Cara Mengirimkan Uang ke Negara Lain secara Murah
Ini Dia Tips Cara Menghemat Ongkos Traveling
Tip Hidup Hemat, Murah, dan Sederhana
Apa itu Prepaid Travel Card? Ini Penjelasannya!
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup
Bagaimana Bersenang-Senang Sekeluarga dengan Murah?


Bagikan Ke Teman Anda