Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Harus Membuat Surat Wasiat?

Kematian adalah hal yang paling pasti di dunia ini. Tidak ada yang mampu menghindarinya, termasuk pula Anda. Untuk itulah meskipun terdengar aneh, namun kita harus memikirkan dan mempersiapkan segala sesuatunya sedari dini sebelum kita meninggalkan dunia ini untuk selamanya.

Membuat surat wasiat merupakan suatu keuntungan yang tidak boleh Anda abaikan, karena harus diakui bahwa surat wasiat akan sangat bermanfaat bagi diri Anda sendiri, keluarga, pasangan, dan orang-orang yang Anda kasihi bahkan ketikan Anda sudah tidak mampu membuka mata lagi.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang tepat mengapa Anda harus membuat surat wasiat.

1. Untuk Menunjuk Wali bagi Anak-Anak Anda

Tidak ada yang lebih mengenal seorangĀ  Anak dibandingkan dengan orang tuanya sendiri. Jika Anda meninggal dengan memberikan surat wasiat atau perjanjian terakhir, maka Anda dapat menunjuk dengan jelas siapa yang akan menjadi wali terbaik bagi anak-anak Anda.

Bahkan di Negara-Negara maju, hak perwalian akan diputuskan oleh Negara apabila yang bersangkutan meninggal tanpa membuat surat wasiat sebelumnya.

Demikian halnya dengan jaminan pendidikan serta kehidupan mapan untuk anak-anak Anda kelak, dapat Anda tuliskan secara terperinci di dalam surat wasiat tersebut. Bayangkan, jika Anda meninggal tanpa memberi surat wasiat, maka bisa saja wali yang telah ditunjuk tidak memberikan hak yang sudah ditetapkan bagi anak-anak Anda.

2. Untuk Memastikan Bahwa Kehendak Anda akan Terlaksana

Jika Anda memiliki aset penting yang Anda persiapkan untuk orang-orang tertentu, maka satu-satunya cara untuk memastikan mereka mendapatkan haknya adalah dengan dengan memiliki surat wasiat yang mengikat secara hukum, yang isinya menguraikan secara persis apa saja yang menjadi kehendak Anda.

3. Meringankan Beban Duka Keluarga

Surat wasiat yang Anda buat akan sangat menolong di saat keluarga tengah mengalami duka cita akibat kehilangan. Dengan adanya surat wasiat ini, maka keluarga tidak akan repot-repot membicarakan tentang pembagian aset, yang biasanya justru menimbulkan perselisihan di tengah-tegah suasana duka.

Keluara dapat fokus pada rasa kehilangan mereka, Anda pun dapat pergi dengan tenang setelah memberi bagian terbaik bagi masing-masing anggota keluarga.

4. Untuk Menjaga Pasangan Anda

Jika Anda sedang berada dalam suatu hubungan serius namun belum ada ikatan resmi secara hukum, maka surat wasit bisa membantu Anda untuk menjadikannya sebagai pewaris atau penerima sebagian harta Anda. Tanpa Surat Wasit tersebut, bisa-bisa harta Anda akan lari ke orang lain yang tidak Anda kehendaki.

5. Untuk Melindungi Bisnis Milik Anda

Membuat surat wasiat adalah cara terbaik melindungi bisnis dengan menunjuk dan menyerahkan perusahaan Anda pada ahli waris atau rekanan bisnis yang sudah Anda percayai. Sebanyak 70% bisnis keluarga tidak mampu bertahan melewati generasi pertama, dan seperti yang kita tebak, alasannya adalah kurangnya perencanaan serta sengketa yang terjadi di dalam keluarga.

6. Untuk Memutuskan Siapa yang Berhak atas Aset Anda

Entah itu berupa properti, tabungan, atau bahkan pusaka keluarga, Anda harus memutuskan siapa yang akan menerima barang tersebut setelah Anda meninggal. Dengan demikian Anda dapat membagi rata aset yang Anda miliki kepada orang-orang terdekat atau yang Anda sayangi.

Tanpa adanya surat wasiat, orang-orang yang tidak memiliki kekerabatan dekat pun bisa mengambil aset Anda, atau bahkan aset berharga tersebut akan jatuh ke tangan orang yang tidak Anda sukai.

7. Sebagai Pernyataan Amal

Surat wasiat bukan hanya ditujukan untuk keluarga atau orang-orang terdekat Anda, namun Anda dapat menggunakannya sebagai pernyataan amal dari Anda. Sehingga ketika Anda meninggal kelak, harta atau aset Anda masih dapat bermanfaat untuk kebaikan banyak orang.

8. Untuk Memutuskan Cara Pemakaman yang Anda Inginkan

Hal ini penting, namun sering kali diabaikan oleh pihak keluarga. Melalui surat wasiat ini, Anda dapat memastikan apa yang terjadi pada tubuh Anda setelah Anda meninggalkannya. Jika Anda memang ingin tubuh Anda dikremasi paska meninggal, maka tuangkan saja keinginan Anda pada surat wasit tersebut.

Jangan ragu pula untuk menunjuk lokasi tempat penaburan abu milik Anda. Begitu pula sebaliknya jika Anda menolak upacara kremasi dan lebih memilih dikuburkan di dalam tanah, maka tuliskan keinginan Anda tersebut pada Surat Wasiat. Tidak ada seorang pun yang berhak menolak permintaan Anda tersebut.

9. Untuk Memastikan Hewan Kesayangan Anda Dirawat Orang yang Tepat

Memiliki hewan peliharaan kesayangan sudah seperti memiliki anak atau keluarga terdekat. Maka saat Anda meninggal, pastikan mereka juga diserahkan kepada orang yang tepat. Hal ini akan menegaskan ke mana mereka akan pergi, apakah itu bersama keluarga Anda, teman terdekat, atau pasangan Anda.

Tentu tidak pernah terbayangkan nasib hewan kesayangan tersebut berakhir di tempat penyiksaan atau pemotongan hewan.

10. Untuk Menghemat Waktu serta Uang

Adanya surat wasiat akan menghemat uang milik keluarga Anda dalam jangka waktu yang panjang, mulai dari biaya wali publik, hingga keringanan pajak. Nilai dari aset atau properti yang Anda berikan atau wariskan (baik kepada keluarga maupun amal) akan mengurangi nilai pajak aset dan properti Anda.

11. Surat Wasiat Masih dapat Dirubah

Selama Anda masih hidup, maka Anda dapat merubah isi dalam surat wasitat apabila berubah pikiran atau keadaan dalam hidup Anda berubah, semisal karena kelahiran, kematian, perceraian, atau pun penambahan aset dalam hidup Anda.

Mengingat pentingnya surat wasiat tersebut, kami menyarankan kepada Anda untuk membuatnya. Kita tidak akan pernah tahu apa yang mungkin terjadi esok hari, namun memastikan orang-orang terkasih mendapatkan bagian terbaik saat kita tinggalkan adalah tanggung jawab kita di dunia ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang alasan harus membuat surat wasiat, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Apa yang Harus Ditulis di Surat Wasiat?
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Skill Keuangan yang Harus Diajarkan Ke Anak
Contoh Keputusan Finansial yang Buruk
Mengapa Orang Yahudi Sukses?
Jangan Beli Mainan Anak-anak Seperti Ini
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Jangan Menyewakan Rumah kepada Orang Seperti Ini
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Mengapa Asuransi Mobil Seharusnya Wajib?


Bagikan Ke Teman Anda