Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mengapa Orang Lebih Suka Jadi Karyawan Dibanding Berbisnis? Ini Alasannya!

#berbisnis #karyawan

Di dunia ini ada beragam pekerjaan dan profesi, mulai dari guru, dokter, pegawai kantor, pebisinis atau wirausahawan, hingga pejabat pemerintah. Dari berbagai pekerjaan tersebut, berbisnis kini mulai diminati oleh orang karena melihat adanya peluang yang cukup besar terutama di Indonesia. Namun secara garis besar, kebanyakan orang masih lebih memilih untuk menjadi pegawai kantoran atau karyawan dibanding memilih jalan untuk berbisnis.

Tentunya ada beberapa alasan mengapa orang lebih memilih menjadi karyawan dibanding menjadi pebisnis, yang akan diulas di bawah ini:

1. Tidak Semua Orang Tertarik Berbisnis

Alasan pertama adalah perkara ketertarikan atau minat masing-masing orang yang berbeda, dimana tidak semua orang memang tertarik untuk berbisnis. Saat ada orang yang senang terlibat dalam proses bisnis dan pembuatan ide-ide bisnis, ada juga orang yang sama sekali tidak menyukainya. Akan sulit untuk menjalani sesuatu yang memang tidak disukai atau diminati sedari awal, terlebih lagi hal seperti bisnis yang membutuhkan usaha besar.

Selain itu, tidak semua orang juga memilik ide bisnis yang bisa dikembangkan dan dianggap akan menarik pasaran. Ketika ada orang-orang yang senang dalam membuat ide-ide bisnis baru, ada juga orang yang senang untuk menikmati hasil dari ide tersebut. Hal ini sangat wajar karena kalau semua orang berpikir untuk berjualan, maka siapa yang akan membeli?

2. Tidak Semua Orang Bisa Mengelola Bisnis

Dalam menjalankan bisnis akan sangat banyak hal yang harus diurus, mulai dari perencanaan produk, mengarahkan tim, menjalin hubungan dengan klien atau investor, hingga membuat keputusan untuk kelangsungan perusahaan. Dan tidak semua orang memiliki kemampuan serta keahlian tersebut yang menjadikannya bisa mengelola bisnis.

Hal ini tentu berbeda dengan tugas yang biasa dikerjakan seorang karyawan di tim atau divisi tempatnya bekerja, yang biasanya lebih terfokus. Jadi bisa saja seseorang sangat ahli dalam mendesain, tetapi kesulitan jika harus memimpin orang lain apalagi sebuah tim. Atau bisa saja ia memiliki ide yang cemerlang untuk produk bisnis, tapi selalu gugup jika harus berhadapan dengan klien atau investor.

3. Resiko Berbisnis Lebih Besar

Meskipun berbisnis memiliki kemungkinan untuk mendapatkan uang lebih banyak, namun hal itu sejalan juga dengan resiko yang muncul. Tidak semua bisnis bisa berjalan lancar dan langsung menghasilkan untung, apalagi jika baru menjalankannya beberapa saat. Selalu ada kemungkinan bisnis yang dijalankan akan mengalami hambatan atau bahkan kegagalan. Hal tersebut bisa membuat pemiliknya harus mengeluarkan uang lebih banyak, atau bahkan bangkrut.

Resiko yang ada dalam bisnis membuat banyak orang merasa kalau jalan tersebut tidak aman (insecure). Selain itu, akan lebih banyak hal yang dikorbankan dalam menjalankan bisnis terutama waktu dan tenaga. Jika bekerja di kantor hanya membutuhkan waktu dari pukul 9 hingga 5 sore, berbisnis bisa membutuhkan waktu 24 jam dalam sehari. Tenaga yang dicurahkan pun lebih besar dibanding bekerja sebagai karyawan, apalagi bagi bisnis yang belum banyak memiliki SDM.

4. Karyawan Memiliki Penghasilan Tetap

Sebuah bisnis memang bisa saja menghasilkan keuntungan melimpah pada satu periode, namun bisa juga tidak menghasilkan sama sekali. Bahkan dalam kasus terburuknya, bisnis justru bisa mengalami kerugian dan membuat keuangan defisit. Sedangkan jika bekerja sebagai karyawan, seseorang akan mendapatkan penghasilan secara tetap dan rutin tiap bulannya.

Mungkin memang jumlahnya tidak begitu banyak, tapi adanya pemasukan rutin lebih pasti dibanding dengan berbisnis. Sedangkan dengan atau tidak adanya pendapatan tetap, kebutuhan tetap berjalan dan pengeluaran harus dilakukan. Karena itu banyak orang yang lebih memilih untuk menjadi karyawan dengan penghasilan tetap dibanding berbisnis.

5. Sudah Nyaman dengan Pekerjaan

Alasan selanjutnya mengapa orang lebih memilih untuk menjadi karyawan adalah karena sudah merasa nyaman di pekerjaannya yang sekarang. Mereka senang dengan pekerjaan yang dilakukan, atau mungkin sudah terbiasa karena menjalaninya selama beberapa waktu. Mereka juga lebih bisa memaksimalkan kemampuan dan keahliannya dengan menjadi karyawan, dibandingkan harus mencoba untuk berbisnis.

Kenyamanan pada pekerjaan adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih dan menjalani karir. Pada dasarnya bekerja memang tidak ada yang mudah, semuanya ada tantangan dan hambatannya tersendiri. Karena itu jika kita sudah menemukan pekerjaan yang dirasa cocok dan nyaman, maka pekerjaan itu sangat patut untuk dipertahankan.

6. Memiliki Pandangan dan Prioritas yang Berbeda

Setiap orang memiliki pandangan masing-masing dalam pekerjaan serta kehidupan, yang membuat mereka memiliki prioritas yang berbeda. Ada orang yang memandang bahwa ia harus mengambil resiko untuk kemajuan yang lebih besar, ada juga orang yang memandang bahwa sesuatu yang stabil lebih baik. Dan sebenarnya tidak ada yang salah dengan masing-masing pandangan tersebut.

Dengan memilih untuk menjadi karyawan dibandingkan berbisnis, seseorang merasa keadaan diri sendiri dan keluarganya lebih terjamin. Pandangan seperti ini tidak bisa langsung dicap sebagai hal yang salah atau tidak berani dalam bersikap. Justru karena ia memiliki prioritas akan kenyamanan keluarganya, maka memilih untuk berkarir sebagai karyawan.

Demikianlah beberapa alasan yang membuat banyak orang memilih untuk menjadi karyawan dibandingkan memiliki bisnis sendiri. Pada dasarnya apapun pekerjaan dan karir yang dipilih dalam hidup, semuanya adalah hak serta pilihan masing-masing individu. Semua pekerjaan memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga tidak masalah apapun itu selama cocok dan enjoy dijalani. Dan yang penting juga tentunya tidak melanggar hukum dan merugikan orang lain. Semoga sukses selalu!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mengapa orang lebih suka jadi karyawan dibanding berbisnis, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Inilah Alasan Orang Lebih Senang Menjadi Karyawan
Mengenal Hirarki Kebutuhan Dalam Piramida Maslow
Trend Cord Cutting TV Kabel di Indonesia
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion
Apa itu Traveloka PayLater (Pinjaman dari Traveloka)?
Perbedaan antara Pajak dengan Bea Cukai
Kartu Kredit dengan Fasilitas Lounge di Bandara Soekarno Hatta
Pentingnya Mengenali Nasabah dalam Sektor Perbankan
Step by Step Cara Mendaftarkan Merek Dagang
Teknik untuk Mencegah Pemalsuan Uang dan Fitur yang Tidak Ada di Uang Palsu


Bagikan Ke Teman Anda