Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Menggunakan Kartu Kredit Bisa Lebih Hemat dari Uang Tunai

Seperti semua hal yang ada di dunia, kartu kredit juga memiliki dua sisi yang berbeda ; sisi baik dan sisi buruk. Anda akan berhadapan dengan sisi buruk kartu kredit jika anda menggunakannya dengan buruk. Sebaliknya, anda akan menemukan segala kebaikan kartu kredit jika anda menggunakannya dengan baik. Sehingga semua bermuara pada anda sebagai penggunanya.

Kali ini kita akan membahas kebaikan dari kartu kredit yang dapat anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Meskipun dari segi keuangan tampaknya penggunaan kartu kredit tidak akan menguntungkan anda karena dibebani oleh biaya administrasi, materai dan lain sebagainya, namun pada beberapa aspek, penggunaan kartu kredit bisa membuat anda jauh lebih berhemat daripada menggunakan uang tunai. Ingin tahu bagaimana caranya? Mari simak beberapa poin berikut.

1. Tekan Biaya Administrasi

Anda bisa jadi menganggap kartu kredit tanpa biaya administrasi seumur hidup itu too good to be true, namun sebenarnya beberapa bank menawarkan kartu kredit dengan fasilitas ini pada saat-saat tertentu. Sehingga jika anda memiliki hubungan baik dengan marketing kartu kredit bank dimana anda menjadi nasabahnya, anda dapat meminta mereka untuk menghubungi anda apabila ada promosi serupa.

Biaya administrasi kartu kredit per tahun memang cukup mahal, sehingga akan baik sekali jika anda mendapatkan fasilitas kartu kredit dengan biaya administrasi gratis untuk selamanya.

Atau jika anda tidak mendapatkan layanan gratis seumur hidup, anda dapat meminta marketing bank untuk menawarkan kartu kredit kepada anda ketika mereka memiliki promosi bebas biaya administrasi selama beberapa tahun.

Biaya administrasi sangat penting untuk anda perhitungkan di awal sebelum anda mengajukan permintaan kartu kredit. Pastikan bahwa anda tidak keberatan dengan biaya administrasi yang mereka tawarkan atau secara hitungan keuangan, keuntungan yang nantinya akan anda dapatkan lebih besar daripada biaya yang akan anda keluarkan.

2. Gunakan Kartu Kredit Sebagai Pengganti Uang, Bukan Alat untuk Berhutang

Misalnya anda menikmati makan di restoran dimana kartu kredit yang anda miliki sedang memiliki promosi diskon sebesar 50%. Tentu saja akan lebih hemat jika anda membayarnya dengan kartu kredit anda karena anda hanya membayar setengah dari harga normal. Lalu ketika sampai di rumah, anda dapat langsung melunasinya tagihan tersebut segera melalui fasilitas ebanking anda.

Apakah hal ini bisa dilakukan tanpa menunggu tagihan? meski sebaiknya anda bisa bertanya terlebih dahulu kepada bank yang menerbitkan kartu kredit anda, beberapa bank yang kami ketahui bisa menerapkan cara ini. Sehingga, anda tidak akan terkena bunga karena anda sudah membayar tagihan sebelum jatuh tempo. Demikian juga jika anda menggunakan kartu kredit untuk pembayaran hotel, belanja di mall ataupun tiket pesawat. Anda dapat menggunakan cara ini dengan memfungsikan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai dan bukan alat untuk berhutang. Jauh lebih hemat daripada menggunakan uang tunai bukan?

3. Executive Lounge

Bagi anda yang sering bepergian menggunakan pesawat entah karena urusan bisnis ataupun dinas, memiliki kartu kredit bisa memberi manfaat yang cukup signifikan. Jika anda memegang kartu kredit jenis tertentu, di Bandara, anda akan bisa menikmati berbagai layanan dengan biaya sangat kecil atau malah gratis di executive lounge yang menerima kartu kredit anda.

Anda dapat duduk menunggu dengan nyaman, menikmati berbagai menu makanan dan minuman, bahkan ada yang menyediakan ruang mandi, ataupun kursi pijat. Bisa anda bayangkan jika anda memperoleh layanan ini di luar executive lounge dan anda harus membayarnya dengan uang tunai? Pasti akan sangat mahal sekali ya!

4. Manfaatkan Promo dengan Maksimal

Segera setelah kartu kredit anda telah aktif, anda bisa mencari di Google Play aplikasi perbankan dari Bank Penerbit Kartu Kredit anda, seperti BNI yang memiliki BNI Experience. Melalui aplikasi ini salah satu kegunaannya adalah anda dapat melihat secara real time vendor mana yang sedang menjalin kerjasama dengan penerbit kartu kredit anda.

Misalkan jika anda ingin membeli sepatu, anda bisa melihat melalui aplikasi di ponsel anda vendor sepatu mana yang sedang memberikan promo untuk kartu kredit anda. Dengan cara ini, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dari promo yang ada, tepat ketika anda sedang membutuhkannya.

5. Poin dan Reward

Bank penerbit kartu kredit akan memberikan reward yang maksimal bagi penggunanya. Karena itulah jika anda menggunakannya dengan baik, anda akan mendapatkan poin yang bisa diakumulasikan untuk anda tukarkan dengan berbagai reward yang tersedia. Mulai dari cashback hingga berupa barang, anda dapat menukarkan poin yang anda miliki ketika sudah mencapai jumlah tertentu. Dengan cara ini, anda dapat mendapatkan berbagai layanan dan berbagai barang dari kartu kredit anda, tanpa harus mengeluarkan uang.

Menggunakan kartu kredit sebenernya juga melatih penggunanya untuk disiplin menggunakan layanan yang ada. Jika anda cukup disiplin, anda akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dibandingkan dengan ketika anda menggunakan uang tunai, dengan cara yang menyenangkan. Anda setuju?

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang menggunakan kartu kredit bisa lebih hemat dari uang tunai, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tipe Kartu Kredit untuk Pengusaha
Tip Agar Bebas Bunga Setelah Belanja Pakai Kartu Kredit
Hutang Kartu Kredit Orang Meninggal
Apa Yang Biasanya Dilakukan Bank, Bila Ada Kredit Macet?
Lupa PIN Kartu Kredit BCA?
Bolehkah Transaksi Menggunakan Kartu Kredit Orang Lain?
Mengajukan Keringanan Kartu Kredit
Yang Harus Dilakukan Ketika Kartu Kredit Dibobol!
Kartu Kredit Tanpa Bunga? Ya Kartu Kredit Bank Syariah
Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit


Bagikan Ke Teman Anda