Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Menggunakan KTA untuk Biaya Mudik?

#KTA untuk mudik #tip KTA

Ketika Hari Raya Idul Fitri tiba, mudik seolah menjadi salah satu kegiatan yang tidak terpisahkan dari euforia hari raya itu sendiri. Momen pulang kampung yang sejatinya dilaksanakan setahun sekali ini pun membutuhkan alokasi dana tersendiri. Terlebih jika tempat tinggal anda saat ini terpaut jarak yang cukup jauh dari kampung halaman anda.

Bila tidak diantisipasi, biaya yang anda perlukan pun rentan untuk membengkak. Mulai dari biaya persiapan hari raya seperti membeli kue atau oleh-oleh untuk orang tua di kampung halaman, membeli kebutuhan anak, membeli tiket pesawat atau bbm kendaraan yang naik tiap tahun, hingga kebutuhan dana untuk bagi-bagi angpao untuk sanak saudara handai taulan, membuat dana THR yang anda dapatkan tiap tahun bisa jadi habis tak bersisa, atau lebih parah lagi, anda malah nombok.

Sebenarnya banyak cara mengakalinya. Mulai dari mempersiapkan dana mudik lebih dini dengan cara menyisihkan sebagian pendapatan setiap bulannya, hingga mengambil langkah untuk menggunakan Kredit Tanpa Agunan. Namun pertanyaan baru kemudian muncul : Sebenarnya bijaksanakah menggunakan dana Kredit Tanpa Agunan untuk biaya mudik?

Kredit Tanpa Agunan Untuk Biaya Mudik

Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah layanan kredit yang diberikan oleh lembaga keuangan kepada anda, tanpa anda perlu untuk menjaminkan barang berharga seperti Sertifikat Tanah, BPKB Kendaraan bermotor, emas, atau barang berharga lainnya. Karena tidak memerlukan jaminan itulah, KTA terkadang menjadi pilihan banyak orang ketika membutuhkan dana untuk berbagai kebutuhan mulai dari modal kerja hingga konsumsi.

Sebelum anda melangkah lebih jauh untuk mengambil Kredit Tanpa Agunan untuk biaya mudik, ada baiknya anda pertimbangkan fakta mengenai KTA sebagai berikut :

  • Berbunga Tinggi

Karena kemudahan mendapatkannya, KTA menjadi salah satu produk pinjaman yang memiliki bunga yang tinggi. Selayaknya, jika anda meminjam produk pinjaman dengan bunga tinggi, anda sebaiknya menggunakannya untuk keperluan produktif seperti untuk modal kerja atau modal usaha. Namun karena mudik termasuk kegiatan konsumtif yang bersifat menghabiskan dan bukan menghasilkan, anda perlu mempertimbangkan kembali apakah pengorbanan anda berbulan-bulan setelah mudik sebanding dengan keperluan mudik anda yang hanya dalam hitungan hari.

  • Beban Cicilan Tiap Bulan Setelahnya

Ketika anda menggunakan KTA untuk biaya mudik, yang patut anda pertimbangan adalah beban cicilan yang akan anda bayarkan tiap bulannya. Jika anda masih tetap ingin menggunakan KTA, maka pilihlah pinjaman bertenor pendek. Hal ini karena semakin panjang tenor yang anda pilih, maka semakin besar bunga yang akan bayarkan pada akhirnya.

Sebagai contoh, Jika anda mengambil KTA senilai Rp 50 juta dengan tenor (lama cicilan) 24 bulan, asumsi bunga 0,9% / , maka cicilan yang akan anda keluarkan perbulan adalah sebesar Rp.2.533 juta selama 24 bulan. Bila ditotal selama 24 bulan anda membayar ke bank sejumlah Rp.60.800 juta dengan biaya bunganya saja mencapai Rp.10.800 juta.

Lalu, jika anda mengambil KTA senilai Rp 50 juta dengan tenor (lama cicilan) 48 bulan, asumsi bunga sama, maka cicilan yang akan anda keluarkan perbulan adalah sebesar Rp.1.941 juta selama 48 bulan. Bila ditotal, selama 48 bulan anda membayar ke bank sejumlah Rp.93.200 juta dengan biaya bunganya saja mencapai Rp.43.200 juta, banyak sekali bukan?

  • Manfaatkan Kartu Kredit

Kartu Kredit merupakan salah satu alternatif dari Kredit Tanpa Agunan yang dapat anda gunakan untuk keperluan mudik, dan dapat anda manfaatkan kelebihannya dengan cara sebagai berikut :

  1. Gunakan promo yang kartu kredit anda tawarkan dengan lebih maksimal. Misalnya saja untuk membeli tiket perjalanan, diskon hotel, makan di restoran hingga masuk ke lounge bandara. Dengan cara ini, anda akan mendapatkan berbagai potongan harga yang menarik sekaligus berhemat dengan cara yang menyenangkan.
  2. Membawa kartu kredit akan mengurangi kerepotan anda membawa uang tunai yang banyak. Siapkan kartu kredit sebagai pengganti uang cash dan gunakan kapan saja anda perlukan. Selain itu membawa kartu kredit tentunya lebih aman daripada membawa uang cash dalam jumlah banyak dan memperkecil resiko kehilangan uang.
  3. Selalu ingat bahwa ketika anda menggunakan kartu kredit, anda berarti menunda pembayaran saat ini untuk dibayar di bulan depan. Segera sisihkan uang di rekening anda untuk membayar kartu kredit secara full ketika tagihan datang, dan sebisa mungkin jangan membayar dengan cicilan minimal.
  4. Ingat bahwa bunga Kartu kredit adalah 2,95% untuk penggunaan dan 35,4% per tahun untuk tarik tunai. Angka yang sangat besar jika anda tidak disiplin dalam penggunaan dan berkomitmen dalam melakukan pembayaran.

Dua Mata Koin

Ibarat dua mata koin, maka KTA juga memiliki sisi yang baik jika anda gunakan dengan baik dan sisi yang buruk jika anda gunakan ia dengan buruk. Menilik 5C’s of Credit yang menjadi dasar pemberian pinjaman dari setiap perbankan di dunia, maka C yang pertama merujuk pada Character. Yang perlu anda tanyakan kepada diri anda sendiri : apakah anda merasa karakter anda bisa menjamin anda menggunakan manfaat KTA dengan baik dan membayar tagihannya dengan tepat waktu? Apakah keuangan anda kedepannya akan terkendali jika mengambil KTA untuk mudik? Jika anda yakin, anda bisa memanfaatkan KTA tersebut untuk kegiatan mudik anda. Namun, jika anda masih ragu dan merasa tidak nyaman menggunakan KTA, yang paling bijak adalah menyesuaikan diri dengan kesanggupan dana THR yang ada dan alokasikan dengan sebaik-baiknya.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang kredit tanpa agunan (KTA) untuk biaya mudik, semoga bermanfaat.



Tip Agar Aplikasi KTA Disetujui
KTA untuk Biaya Pernikahan?
KTA (Kredit Tanpa Agunan) Untuk Modal Usaha?
Kredit Tanpa Agunan Bank Danamon
Cara Melunasi Tunggakan KTA
KTA Menjadi Sumber Masalah Keuangan Keluarga?
Kredit Tanpa Agunan dari Bank DBS
Langkah Jitu Agar KTA Disetujui oleh Bank
Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk Investasi Tanah?
Kredit Tanpa Agunan BNI Fleksi dan BNI Cerdas


Bagikan Ke Teman Anda