Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Mindset Orang Sukses, Ubah Pola Pikir supaya Berhasil

Banyak faktor yang menentukan kesuksesan seseorang. Entah faktor lingkungan, keluarga dan makanan pada otak manusia yang setiap hari pastinya bertambah. Ada beberapa slogan yang berkata; “New Mindset, New Result.” yang berarti pemikiran yang baru akan menjadikan hasil yang baru juga.

Pada artikel kali ini, kita akan sedikit membahas tentang beberapa pemikiran orang-orang sukses. Apakah pemikiran mereka sama seperti pemikiran orang awam seperti kita? Kompleks-kah? Atau sebaliknya, lebih simple dari pada pemikiran sebagian besar orang?

Pola pikir seorang dengan orang lainnya pasti berbeda, namun ada beberapa aspek yang seragam dalam pikiran orang-orang sukses, antara lain;

  • Bertumbuh

Ketika semua orang takut kehilangan apa yang ia miliki, sebaliknya, orang sukses berpikir berbeda. Mereka justru berpikir mendapatkan sesuatu lebih banyak untuk dirinya sendiri. Ini adalah salah satu alasan mengapa orang kaya akan menjadi semakin kaya adalah karena mereka fokus dengan pertumbuhan mereka sendiri.

  • Menghormati Diri Sendiri

Orang sukses membuat sebuah komitmen yang condong kepada diri sendiri dari pada ke orang lain. Ini adalah salah satu hal yang berkaitan dengan mengikuti segala yang mereka katakan, itu akan membuat mereka dapat diandalkan. Sebagian besar manusia membuat komitmen dengan menipu diri sendiri. Kebalikannya, orang sukses tidak melakukannya.

  • Visi yang Jelas

Bertanyalah pada orang biasa, “Apakah yang di inginkan dalam hidup ini? Mengapa mereka bekerja sangat keras?”. Orang-orang awam tidak akan spontan memberikan alasan. Mereka akan berpikir dahulu baru menjawab, jawabannya pun klasik. Namun berbeda dengan orang sukses, mereka akan memberi jawaban yang jelas dengan spesifik, dan akan menjelaskan tanpa henti tanpa berpikir panjang.

  • Tanggung Jawab yang Besar

Berbeda dengan orang biasa yang cenderung membebani orang lain dan menyalahkan diri sendiri karena kesalahannya, orang sukses akan mengambil semua tanggung jawab yang mereka rasa mereka bisa ambil.

Dalam tiap tanggung jawab yang diambil, pastinya ada resiko yang terjadi. Jika sesuatu hal terjadi, kemungkinan besar ini adalah salah dari diri mereka sendiri. Dengan melakukan hal tersebut, mereka sering membebani diri sendiri, namun mereka akan lebih sering belajar untuk mengatasi setiap masalah dalam kehidupan mereka. Dalam pemikirannya; “Aku yang mengendalikan diriku sendiri. & aku akan mewujudkannya jika hal tersebut tidak terjadi dengan sendirinya.”

  • Menjadi Seseorang yang Positif

Ini adalah salah satu hal yang terpenting dan faktor terbesar dalam pemikiran/ mindset yang harus dimiliki seorang yang sukses. Jika kegagalan terjadi, mereka memiliki kemampuan untuk bangkit lagi, dan memiliki pikiran terbuka dengan hati yang mudah menerima keadaan. Pesimis dan berpikiran negatif tidak akan menjadikan suasana menjadi lebih baik, bahkan menjadi lebih terpuruk.

Dalam pandangan orang sukses, hidup mereka akan lebih baik jika berpikir positif dan bahagia.

Apa yang kita tanam dalam diri itulah yang akan muncul, seperti halnya negatif dan positif, jika kita menanam hal yang positif maka yang muncul adalah sesuatu hal yang positif pula.

  • Tidak Takut untuk Mencoba

Orang sukses sendiri tidak akan takut untuk mencoba. Banyak sekali perbedaan pandangan orang tua zaman dulu dan sekarang. Contohnya saja dalam hal pendidikan; orang tua zaman dulu berharap anaknya dapat belajar dengan giat dan rajin agar nilai lebih baik, karena nilai adalah salah satu faktor dari kesuksesan. Namun orang zaman sekarang berpikir, jika anak hanya perlu ijazah untuk menjadi sukses karena anak yang pintar akan mengetahui resiko.

Anak zaman sekarang lebih takur mencoba sesuatu hal yang baru karena mereka tidak berani mengambil resiko yang ada. Namun tidak ada yang namanya kesuksesan tanpa adanya kegagalan. Jika kita gagal 100 kali maka coba lah 101 kali.

Contoh Cara Berpikir Orang Sukses

Salah satu kisah nyata yang akan kita angkat adalah kisah hidup seorang Colonel Sanders, siapa sih yang tidak tahu dia?  Beliau merupakan pendiri Kentucky Fried Chicken (KFC). Sebelum nama KFC sendiri menjadi tren dan favorit banyak kalangan saat ini, kisah dibaliknya pun sangat menarik untuk dipelajari.

Kita belajar dari 1 sosok ini, beliau memulai pekerjaannya di usia 10 tahun menjadi seorang buruh tani. Hal tersebut dilakukan Colonel karena ayahnya mengalami patah tulang hingga merambat pada penyakit lainnya yang menyebabkan akhirnya meninggal sehingga ibunya yang menjadi tulang punggung keluarga.

Anak sulung dari 3 bersaudara ini pun gagal dalam pendidikannya. Ia terpaksa keluar dari sekolah pada kelas 7 (Setara dengan SMP kelas 1). Pada usia beranjak 13 tahun, ia memilih untuk pergi untuk bekerja menjadi tukang cat. Ia berpindah pekerjaan lagi menjadi seorang buruh tani kembali pada sebuah perternakan. Hal ini tidak menutup semangatnya. Ia tidak sama sekali terintimidasi dengan masalalunya, tidak menyalahkan keadaan.

Menurut salah satu sumber, Colonel Sanders juga pernah ditolak dalam pekerjaannya. Ia sempat mencoba melamar pada sebuah restoran cepat saji juga ditolak. 1009 kali merupakan jumlah penolakan yang diterimanya. Jumlah yang banyak ini pun tetap tidak membuat kolonel menjadi pasrah.

Dalam proses pembangunan KFC sendiri, kolonel juga sebanyak 2x harus menutup bisnisnya ini, ada dari kejadian kebakaran lokasi, perang dunia ke 2 pada perintisan salah satu restoran makanan favorit kita KFC. Pastinya setelah 50 tahun berproses dan mencoba beberapa pekerjaan, merasakan penolakan, dan pendidikan yang terbatas.

Perjuangan, kegigihan, tidak takut ditolak, tidak terpuruk, berani mengambil tanggung jawab, memiliki tujuan yang jelas telah membawa Colonel Sanders menjadi sukses. Berpikirlah diluar kotak, jangan batasi pikiran dan semangat, sebab pemikiranmu akan membawa masa depanmu!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang mindset orang sukses dan mengubah pola pikir supaya berhasil, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri
Apa Pentingnya Disiplin Dalam Hidup?
Bagaimana Cara agar Memiliki Pola Pikir yang Semakin Berkembang?
5 Kebiasaan yang Harus Dikembangkan untuk Menjadi Orang Sukses
Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri
Hidup Pengen Berkembang, Ikuti Teknik Berikut
Mengenal Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
Cara Agar Disukai Banyak Orang dalam Pergaulan
5 Tahap Mencapai Financial Freedom
Pelajari Tip-tip Ini Agar Bisnis Baru Anda Berhasil!


Bagikan Ke Teman Anda