Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Nasehat Finansial ini Patut Diajarkan ke Generasi Selanjutnya

Menjadi orang tua memang memiliki banyak kewajiban dan tanggung jawab yang harus di jalani. Mendampingi anak-anak dari ia balita hingga dewasa menjadi salah satu tanggung jawab sebagai orang tua.

Ketika anak sudah menginjak usia dewasa bukan berarti tanggung jawab sebagai orang tua berhenti begitu saja karena para orang tua harus tetap menasehati anak-anaknya agar memiliki kehidupan yang lebih baik sebab pengalaman yang di miliki oleh orang tau jauh lebih banyak di bandingkan oleh anak-anak mereka.

Oleh karena itu peran orang tua sangatlah penting bagi perkembangan kehidupan anak mereka hingga mereka dewasa bahkan mungkin menua.

Meskipun anak Anda sudah menginjak usia dewasa atau bahkan sudah memiliki keluarga sendiri tetapi sebagai orang tua Anda bisa memberikan nasehat tentang kehidupan finansialnya seperti berikut ini.

1. Jangan libatkan perasaan di dalam masalah finansial

Hal yang paling penting ketika berbicara tentang masalah finansial adalah jangan sampai Anda melibatkan perasaan di dalamnya. Ketika perasaan Anda masuk ke dalam masalah keuangan Anda maka Anda tidak akan bisa mengatur pengeluaran Anda sebab perasaan yang lebih mendominasi di bandingkan dengan fikiran yang realistis tentang keuangan.

Oleh karena itu usahakan ketika Anda ingin membeli sesuatu itu bukan hanya berdasar keinginan dari perasaan saja tetapi juga sudah Anda fikir kan tentang keuntungan maupun kerugian yang akan Anda dapatkan di masa mendatang.

2. Jangan melakukan kegiatan hanya karena uang

Memiliki kegiatan di luar pekerjaan yang bisa menghasilkan uang bukan hal yang salah. Karena meskipun Anda sudah memiliki penghasilan tetap Anda juga bisa mengerjakan kegiatan lain yang bsa menghasilkan uang. Kegiatan ini seperti investasi ataupun kegiatan jual beli.

Tetapi Anda harus meenghilangkan pikiran bahwa setiap kegiatan yang Anda lakukan harus menghasilkan uang. Pikiran ini lah yang salah sebab jika Anda hanya memikirkan tentang uang yang akan Anda dapatkan dari kegiatan tersebut maka Anda tidak akan serius mengerjakannya.

Lakukan saja secara sungguh-sungguh dan tentang berapa penghasilan yang akan Anda dapatkan anggap saja itu sebagai bonus dari kegiatan yang Anda lakukan baik itu sendiri maupun bersama teman Anda.

3. Jangan mencari teman karena uang

Mempunyai banyak teman akan mengajarkan Anda banyak pengalaman hidup. Ketika Anda bersama teman Anda dan saling bertukar cerita maka pasti ada pelajaran yang bisa Anda ambil untuk Anda terapkan di dalam kehidupan. Bertemanlah dengan siapa saja dan jangan memilih teman karena uangnya.

Karena pertemanan yang tulus akan memiliki akhir yang baik berbeda jika Anda mencari teman hanya karena uangnya maka pertemanan Anda tidak akan sehat. Anda juga tidak akan menemukan teman sejati jika Anda tidak bersungguh-sungguh dalam berteman. Bahkan tidak jarang teman yang terlihat biasa saja malah lebih tulus dalam pertemanan di bandingkan dengan mereka yang memiliki banyak uang.

4. Jangan menjalin hubungan hanya karena uang

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pasangan merupakan teman yang akan mendampingi Anda hingga akhir hayat oleh karena itu memilih pasangan terbaik adalah hal yang harus Anda lakukan.

Pilihlah pasangan yang bisa menerima Anda apa adanya bukan hanya saat Anda sedang kaya dan punya segalanya. Begitupun dengan Anda jangan sampai Anda memilih pasangan hanya karena hartanya. Sebab harta akan habis seiring dengan berjalannya waktu tetapi cinta yang tulus tidak akan habis meskipun sudah termakan usia.

5. Lebih baik hidup sederhana tetapi bahagia

Manusia memang butuh uang untuk hidup tetapi uang bukan segalanya dan tidak bisa menjadi penentu ia bahagia atau tidak. Bukankah lebih baik jika Anda hidup sederhana tetapi hidup Anda lengkap dan penuh dengan kebahagiaan daripada Anda hidup kaya raya tetapi di hidup Anda bahagia tidak pernah menghampiri.

Jangan pernah khawatir untuk menghabiskan uang Anda untuk kebaikan karena Anda akan memperoleh banyak manfaat di dalamnya. Dan jangan juga menangisi setiap uang yang sudah Anda keluarkan sebab itu akan sia-sia saja karena uang yang sudah Anda pakai tidak mungkin kembali.

Yang terpenting adalah jangan sampai mendidik anak hanya dengan uang karena dengan memberi banyak uang kepada anak Anda tidak bisa menjamin kebahagiaannya apalagi menjamin kehidupannya. Tetapi didik anak Anda dengan kehidupan yang sederhana sehingga ketika kelak ia mengalami kesulitan dalam segi finansial ia tidak akan kebingungan.

Ingat tetap lakukan apa saja yang ingin Anda lakukan jangan takut menghabiskan uang Anda selama itu baik. Tetapi jangan lupa untuk tetap berusaha agar memiliki kehidupan yang lebih baik karena jika Anda terlahir miskin itu bukan salah Anda tetapi jika sampai Anda mati dan masih miskin itu baru salah Anda.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang nasehat finansial yang patut diajarkan ke generasi selanjutnya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Belajar Cara Mengatur Uang Ala Orang China
Kamu Tidak Akan Bisa Kaya Jika Melakukan 7 Hal Ini
Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Kost
Perencanaan Keuangan untuk yang Baru Saja Menikah
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
Tip Berlibur Keluarga dengan Harga Hemat
Kesalahan Pola Asuh Anak Mengenai Keuangan yang Mungkin Anda Lakukan
Tips Keuangan Ibu Rumah Tangga
Pengaturan Keuangan yang Perlu Diperhatikan Pada Usia 30


Bagikan Ke Teman Anda