Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Orang-orang Introvert Juga Bisa Sukses, Lho. Ini Buktinya!

Banyak orang mengira bahwa orang-orang yang memiliki sifat introvert identik dengan sifat pemalu, canggung, jarang bicara dan lebih suka menyendiri. Benarkah demikian? Banyak mitos menyertai orang dengan sifat introvert. Sebenarnya menjadi introvert bukan berarti mereka menarik diri dari kehidupan sosial. Mereka hanya memiliki sifat-sifat yang berbeda dari kebanyakan orang. Dilansir dari Huffington Post, kita dapat mengenali seorang dengan kepribadian introvert melalui ciri-ciri sebagai berikut :

1. Introvert Berbicara Ketika Mereka Perlu Berbicara

Mereka cenderung tidak suka berbasa-basi, sehingga mereka berbicara ketika memang ada hal yang ingin mereka bicarakan. Namun ketika kita mengajak introvert berbicara hal-hal yang disukainya, maka mereka bisa berbicara hingga berhari-hari!

2. Intensitas waktu yang Mereka Perlukan Untuk Bergaul

Mereka suka bergaul dan suka berteman. Namun intensitas yang mereka perlukan untuk berkumpul dengan banyak orang tidak sebanyak yang dibutuhkan orang ekstrovert dan ambivert. Malah, mereka butuh lebih banyak waktu untuk sendiri untuk ‘me-recharge’ energi dan pemikiran mereka.

3. Introvert Bisa Menjadi Pemimpin dan Pandai Berbicara di Depan Banyak Orang

Justru karena mereka tidak suka berbicara hal yang remeh temeh, membuat mereka disegani karena setiap apa yang mereka bicarakan ‘berisi’. Introvert memiliki kemungkinan sama besar dengan seorang ekstrovert dan ambivert untuk menjadi seorang pemimpin karena mereka cenderung seorang pemikir yang dalam. Mereka juga tidak bermasalah jika harus berbicara di depan orang banyak.

4. Introvert Cenderung Lebih Kreatif

Sejarah dan penelitian membuktikan bahwa seniman dan ilmuwan besar merupakan seorang introvert. Mereka memang lebih pendiam – karenanya mereka menyalurkan pemikiran mereka dalam bentuk karya yang mengagumkan.

Jika demikian, maka kaum introvert selalu memiliki kesempatan sama besar dengan kaum ekstrovert dan ambivert untuk bisa sukses. Lalu siapa saja tokoh-tokoh besar yang memiliki sifat sebagai introvert?

Albert Einstein

Albert Einstein merupakan salah satu ilmuwan paling sukses di bidang fisika. Einstein sering berkata bahwa proses kreatifnya justru banyak didapat dari suasana yang monoton dan tenang. Einstein menerima penghargaan Nobel untuk fisika pada tahun 1921 dan paling diingat atas jasanya dalam mengemukakan teori relativitas.

Bill Gates

Ia merupakan pendiri Microsoft, salah satu orang paling kaya di dunia. Ketika ia ditanya bagaimana ia sebagai introvert bisa sukses di tengah-tengah dunia yang penuh dengan orang-orang yang ekstrovert, ia berkata bahwa seorang introvert sama baiknya dengan seorang ekstrovert. Seorang Introvert bisa memikirkan suatu ide dengan dalam hingga berhari-hari untuk menciptakan sesuatu. Lalu introvert bisa menyewa seorang ekstrovert untuk mempromosikan dan memasarkan sesuatu yang sudah diciptakan itu.

Steven Spielberg

Karyanya selalu dikenal sebagai karya dengan kualitas tinggi. Steven selalu mengakui bahwa hidup di tengah-tengah dunia entertainment tidak membuatnya lebih suka berkumpul dengan para sosialita. Sebaliknya, ia lebih suka menonton film sendirian dan berfikir keras sepanjang film.

Sir Isaac Newton

Ilmuwan yang terkenal dengan teori gravitasinya ini merupakan seorang introvert. Saking introvertnya, ia sering dijuluki seorang dengan karakter introvert yang sangat melindungi kehidupan privasinya.

Mark Zuckerberg

COO Facebook Sheryl Sandberg pernah berkata kepada The New York Times di tahun 2010 bahwa Zuckerberg merupakan seorang yang introvert dan pemalu. Ia seringkali terlihat seakan tidak ramah kepada orang lain, namun sebenarnya ia ramah. Sheryl juga menambahkan bahwa Mark memiliki rasa kepedulian yang sangat tinggi kepada bawahannya.

Larry Page

Salah satu pendiri dan CEO Google, Larry Page mengatakan dengan keyakinan bahwa ia seorang kutu buku yang introvert.

Marissa Mayer

Marissa Mayer merupakan CEO Yahoo! Yang sangat terkenal. Ia mampu memimpin Yahoo! Dengan baik meski selalu mengakui bahwa dirinya seorang yang terasing dan cenderung pemalu.

JK Rowling

JK Rowling yang seolah memang berasal dari negeri para penyihir ketika ia menciptakan Harry Potter, pernah bercerita bahwa ia pernah kesulitan ketika sedang melakukan perjalanan dari Manchester ke London. Ketika tiba-tiba ia mendapatkan suatu ide yang brilian namun ia tidak membawa pena untuk menulis dalam buku catatannya. Untuk meminjamnya dari orang lain ia merasakan segan yang teramat sangat.

Warren Buffett

Warren Buffett mungkin dapat dikategorikan sebagai legenda yang hidup. Ia introvert, namun memiliki intelektual yang tinggi dalam bidang bisnis. Ia mengakui bahwa di satu sisi ia memang sukses dalam bidang pasar modal, namun pada sisi yang lain ia memerlukan ilmu dari salah satu seminar Dale Carnegie tentang bagaimana caranya berteman dan mempengaruhi orang lain. Warren tidak sadar bahwa sesungguhnya ia sudah sangat memberikan pengaruh pada investor pasar modal di seluruh dunia!

Steve Wozniak

Salah satu pendiri Apple ini pernah mengemukakan hal yang kontroversial sebagai seorang introvert. “Saya akan memberi satu nasihat yang mungkin tidak masuk akal bagi sebagian orang, tapi ini saya yakini. Bekerjalah sendiri. Tanpa campur tangan orang lain, bahkan tidak di dalam tim. Mungkin maksud Steve adalah seorang introvert perlu memikirkan ide kreatif dalam suasana tenang sendirian. Namun untuk eksekusi tentu saja ia memerlukan orang lain, ya readers.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang orang-orang introvert juga bisa sukses, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ini Dia 7 Kebiasaan Agar Bisnis Anda Sukses
Kebiasan yang Harus Dikembangkan agar Jadi Orang Sukses
Hal-hal ini yang Membuat Orang Sukses
6 Skill Wajib Dimiliki Agar Sukses
Softskill yang Penting Dimiliki agar Sukses
Bagaimana Cara Seorang Introvert Bisa Menjadi Enterpreneur Sukses?
Rahasia agar Sukses dalam Segala Hal
Keahlian yang Bisa Dipelajari dalam 1 Jam per Hari agar Semakin Sukses
Mental Kaya adalah Kunci Mencapai Sukses
Alasan Mengapa Singapura Sukses


Bagikan Ke Teman Anda