Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Penggunaan Kartu Kredit Saat Lebaran, Banyak Untungnya!

Momen lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah momen yang paling ditunggu-tunggu di Indonesia, karena memang liburan terpanjang yang dimiliki orang Indonesia, bahkan hingga mencapai 2 minggu. Tidak hanya dinikmati oleh kalangan Muslim, para non-muslim juga biasanya ikut berbahagia dengan datangnya waktu lebaran dan juga ikut mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Mudik bersama keluarga merupakan saat-saat yang penting untuk membangun kembali kedekatan dengan keluarga yang telah lama tidak berjumpa. Untuknya, tiap orang sebaiknya mempersiapkan dengan baik segala macam keperluan selama mudik. Di era yang serba canggih ini, kini Anda dapat memanfaatkan kartu kredit untuk memenuhi berbagai kebutuhan saat mudik, misalnya saja :

  • Membayar BBM dengan Kartu Kredit

Salah satu biaya terbesar saat melakukan mudik adalah bensin yang digunakan untuk memacu kendaraan. Biasanya akan banyak bank yang menawarkan kemudahan berupa cashback tiap kali Anda menggunakan kartu kredit untuk membayar BBM yang nilainya cukup besar, dapat mencapai 5%.

  • Makan di Restoran dengan Kartu Kredit

Tentunya di sepanjang perjalanan Anda juga membutuhkan makanan sebagai asupan tenaga hingga mencapai kampung halaman. Anda juga dapat memanfaatkan kartu kredit untuk makan di berbagai restoran. Momen bersama keluarga besar yang sangat bermakna kini lebih dimudahkan dengan fasilitas ini.

  • Membeli Tiket Kendaraan

Untuk Anda yang lebih suka menggunakan kendaraan umum saat mudik, tentunya dari jauh-jauh hari tiket sudah dipersiapkan agar tidak kehabisan. Dengn menggunakan kartu kredit, biasanya banyak pula diskon yang ditawarkan jika Anda membeli secara online.

  • Menghemat Biaya Hotel

Jika selama mudik Anda juga ingin berwisata ke daerah sekitar kampung halaman, biaya hotel juga dapat Anda bayarkan dengan menggunakan kartu kredit. Dengan berbagai promo yang ada selama masa lebaran, tentunya segalanya akan menjadi lebih mudah.

Dengan berbagai kemudahan tersebut, siapapun pasti ingin memegang kartu kredit saat mudik bersama keluarga. Lalu apa sajakah tips-tips agar Anda cukup bijaksana menggunakan kartu kredit selama masa lebaran?

1. Berburu Promo Menarik

Saat lebaran tiba, bank penyedia kartu kredit akan berlomba-lomba menawarkan berbagai promo menarik yang akan memudahkan Anda saat mudik, mulai dari promo potongan tiket kendaraan hingga berbagai cashback saat bertransaksi, hingga cicilan 0%. Sebaiknya beberapa hari sebelum lebaran tiba, cobalah lebih teliti untuk menemukan apa saja promo yang ditawarkan bank pemilik kartu kredit Anda, sehingga Anda tidak ketinggalan dan dapat merasakan manisnya berbagai promo tersebut.

2. Tetap Miliki Cadangan Cash

Walaupun hampir semua hal kini dapat dibayarkan menggunakan kartu kredit, Anda tetap saja membutuhkan cash untuk bertransaksi di tempat-tempat yang tidak memungkinkan pembayaran menggunakan kartu kredit, seperti tiket masuk berbagai objek wisata atau membeli oleh-oleh untuk dibagikan nantinya. Siapkan sejumlah uang untuk kebutuhan darurat, apalagi jika kampung halaman termasuk tempat yang jauh dari kota dan jarang ditemui mesin ATM.

3. Pisahkan Rencana Pengeluaran

Cobalah untuk membuat daftar kebutuhan yang Anda perlukan selama perjalanan mudik, dari mulai bensin, biaya makan, biaya buah tangan untuk keluarga di kampung halaman, dan biaya-biaya lainnya. Kemudian coba rencanakan pengeluaran dengan memisahkan transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dan transaksi yang harus dilakukan dengan uang tunai. Dengan begini, Anda akan lebih bijak dalam memanfaatkan kartu kredit dan mengelola finansial.

4. Alokasikan Biaya Tak Terduga

Selama mudik, Anda perlu juga mengalokasikan biaya tak terduga. Perjalanan yang memakan waktu dan tenaga selama mudik tidak selalu menjamin kondisi tubuh tetap sehat selama perjalanan, apalagi jika berpindah ke tempat yang iklimnya berbeda. Untuk itu, selalu alokasikan sejumlah biaya untuk menjadi biaya tak terduga yang dapat digunakan jika ada anggota keluarga yang sakit selama perjalanan. Biaya tak terduga ini bisa saja disimpan di dalam kartu kredit untuk penggunaan kemudian. Berarti Anda jangan sampai melebihi limit kartu kredit selama lebaran agar biaya tak terduga tetap ada hingga selesai mudik.

5. Belanja Barang Kebutuhan Mudik di Minimarket

Ketika mudik, apalagi ke desa yang belum begitu maju, biasanya transaksi menggunakan kartu kredit akan cukup sulit karena keterbatasan fasilitas. Jika sampai di tempat mudik Anda membutuhkan berbagai barang kebutuhan seperti pakaian tambahan, sikat gigi, makanan, dan sebagainya, cobalah mampir ke minimarket terdekat yang menawarkan fasilitas transaksi menggunakan kartu kredit. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah yang terlalu banyak dan malah berisiko dicopet ketika berjalan-jalan ke objek wisata yang biasanya selalu ramai ketika lebaran.

Demikianlah 5 buah tips untuk menggunakan kartu kredit saat lebaran. Hari raya memang saatnya Anda memanjakan keluarga dengan hasil jerih payah yang sudah dilakukan selama setahun bekerja, namun Anda juga harus tetap bijak menggunakan kartu kredit agar tidak overlimit selama mudik berlangsung.

Artikel Terkait

Demikian artikel tentang keuntungan-keuntungan penggunaan kartu kredit pada saat lebaran. semoga bermanfaat.



Kartu Kredit Untuk Anak? Kapan Boleh Diberikan?
Biaya Surcharge Kartu Kredit Bisa Dihilangkan?
Apa itu Secured Credit Card?
Kartu Kredit Bank Permata
Apa Yang Biasanya Dilakukan Bank, Bila Ada Kredit Macet?
Kartu Kredit untuk Umur Berapa?
Cashback Kartu Kredit? Benarkah Menguntungkan Si Pemakainya?
Tip Agar Bebas Bunga Setelah Belanja Pakai Kartu Kredit
Kartu Kredit Hilang? Segera Lakukan Hal Dibawah ini!
Kartu Debit vs Kartu Kredit, Kapan Sebaiknya Menggunakan


Bagikan Ke Teman Anda