Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Pentingnya Disiplin dalam Hidup

Disiplin adalah salah satu hal paling mendasar yang dibutuhkan dalam hidup. Sejak kecil, orang tua telah mengajarkan kita untuk hidup dengan kedisiplinan. Meski saat kecil bersikap disiplin terasa berat, setelah Anda beranjak dewasa Anda akan menyadari betapa kedisiplinan membawa dampak yang positif dalam hidup. Saat Anda memiliki kendali akan segala hal, Anda akan merasa bahagia dengan diri Anda.

Disiplin bukanlah pemaksaan, melainkan sebuah metode agar Anda memiliki kekuatan untuk mengendalikan hidup. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti melakukan pekerjaan rumah tepat waktu, belajar, hingga meluangkan waktu bersama dengan teman-teman. Disiplin adalah cara Anda untuk membagi waktu dan membatasi hal-hal apa yang harus dan tidak harus Anda lakukan.

Merencakan kegiatan dengan teliti dan melaksanakan apa yang sudah Anda tulis adalah langkah awal untuk hidup yang disiplin. Buatlah daftar kegiatan yang Anda lakukan setiap hari, mulai dari tujuan apa yang ingin dicapai, target harian, latihan fisik, waktu membaca, dan waktu untuk berkumpul bersama teman.

Apa pentingnya disiplin dalam hidup? Inilah 10 poin penting yang harus Anda ketahui.

1. Disiplin memberi kekuatan

Disiplin dapat merubah diri Anda menjadi seseorang yang berbeda. Dengan disiplin Anda dipaksa untuk berkembang hingga Anda menemukan kualitas tersembunyi dalam diri yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

2. Disiplin meningkatkan standar kehidupan

Kedisiplinan meningkatkan semua aspek kehidupan Anda. Disiplin ibarat penyakit menular. Saat Anda disiplin dalam satu hal, misalnya melakukan pekerjaan rumah tepat waktu, Anda akan menjadi terbiasa dan hingga tanpa disadari Anda menerapkan kedisiplinan dalam keuangan, hubungan, dan pekerjaan.

3. Disiplin menciptakan kemajuan dalam diri

Seiring berjalannya waktu, Anda harus bisa berubah menjadi lebih baik. Anda sekarang harus lebih baik dari diri Anda 1 tahun yang lalu. Jika Anda tidak bisa berkembang, hidup Anda tidak akan berubah. Cara terbaik untuk menciptakan kemajuan dalam diri dan hidup Anda adalah mulai bersikap disiplin dalam segala hal.

4. Disiplin menciptakan rasa hormat

Orang lain secara otomatis lebih menghormati seseorang yang disiplin, fokus, dan melangkah secara pasti. Lebih dari itu, sekeliling Anda akan merasa kagum, bahkan iri dengan determinasi Anda dalam menciptakan hidup yang lebih baik. Banyak orang yang ingin mengikuti langkah Anda. Dengan bersikap disiplin, Anda telah menginspirasi orang lain untuk berubah menjadi lebih baik.

5. Disiplin menciptakan batas dalam diri

Orang-orang yang hidup di zaman postmodern seperti sekarang ini memiliki satu masalah yang mereka tidak sadari: mereka tidak tahu apa yang ingin mereka lakukan, dimana mereka ingin tinggal, apa yang ingin mereka makan, dsb.

Sebagai hasilnya, orang lain akan memberi tahu Anda apa yang harus lakukan. Hal ini tidak baik untuk hidup Anda ke depan. Seseorang yang memiliki kedisiplinan dalam hidup dapat menentukan batas-batas bagi orang lain sehingga mereka tidak mencampuri urusan dalam hidup Anda secara lebih jauh.

6. Disiplin merubah Anda menjadi aset

Sikap disiplin menciptakan image bahwa Anda adalah orang yang dapat diandalkan dalam segala situasi. Tipe orang yang demikian akan mendapat promosi cepat dalam perusahaan. Setiap orang menginginkan orang yang dapat diandalkan. Kedisiplinan dalam bekerja membuat Anda menjadi aset perusahan, bukan beban bagi mereka.

7. Disiplin memastikan tujuan Anda tercapai

Memiliki tujuan dalam hidup adalah yang sangat penting bagi setiap orang. Tujuan hidup mempengaruhi seberapa besar usaha yang harus Anda lakukan agar Anda semakin dengan dengan tujuan tersebut. Tanpa adanya kedisiplinan, sulit bagi Anda untuk bekerja dan terpacu mewujudkan mimpi.

8. Disiplin menjadikan hidup lebih baik

Apabila Anda melihat seseorang memiliki kehidupan yang baik, Anda dapat melihat beberapa peristiwa dalam hidup mereka yang menjadikan mereka sukses dalam hal tertentu. Kesukesan bukan merupakan sebuah kebetulan, juga bukan sesuatu yang terjadi secara tidak sengaja.

Kesuksesan didasari dengan niat dan diraih dengan kedisiplinan. Tidak ada seorangpun di dunia dunia ini yang bangun di pagi hari dan tiba-tiba menjadi miliarder sukses tanpa disiplin dan usaha.

9. Disiplin menciptakan hidup 5 tahun ke depan

Saat Anda diberi pertanyaan, “Bagaimana Anda membayangkan diri Anda 5 tahun ke depan?” mungkin hal pertama yang muncul dalam pikiran adalah, 5 tahun merupakan waktu yang lama.

Namun pikirkan kembali kejadian 5 tahun ke belakang, rasanya baru kemarin bukan? Apakah Anda merasa sudah mencapai banyak hal dalam 5 tahun terakhir? Apa yang Anda lakukan hari ini berpengaruh pada masa depan Anda, sekalipun itu 5 tahun mendatang.

10. Disiplin membuat hidup lebih nyaman

Jika Anda ingin meraih kesuksesan dalam hidup, tentu saja banyak hal yang harus dikorbankan. Anda harus keluar dari zona nyaman dan menerapkan kedisiplinan dalam hidup. Keluar dari zona nyaman saja sudah berat, apalagi ditambah dengan kedisiplinan.

Namun semua rasa tidak nyaman (bahkan penderitaan) yang Anda alami sifatnya hanya sementara saja. Sesuatu yang lebih baik akan datang dan membayar lunas semua penderitaan Anda.

Kedisiplinan bukanlah sesuatu yang bisa tercipta dalam waktu semalam. Hal tersebut memerlukan latihan selama bertahun-tahun dengan proses yang tidak mudah.

Satu hal yang perlu Anda lakukan terus menerus agar menjadi seseorang yang dispilin adalah latihan. Ya, berlatih dengan tekun adalah kuncinya. Dengan terus berlatih, Anda akan menjelma menjadi latihan itu sendiri. Tanpa Anda sadari, Anda melakukan suatu hal tanpa rasa terpaksa.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang pentingnya disiplin dalam hidup, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Inilah Penyebab Orang Mengalami Kegagalan dalam Hidup
Cara Membiayai Kuliah dan Hidup di Luar Negeri
Anda Seorang Book Smart atau Street Smart?
Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri
Apakah Kita Hidup untuk Uang?
Apa itu Keunggulan Komparatif?
Bagaimana Menjadi Orang Beruntung?
Kiat Jitu Reparasi Diri dan Meningkatkan Kemampuan Diri


Bagikan Ke Teman Anda