Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Penyebab Aplikasi Kartu Kredit Anda Ditolak Bank

#kartu kredit ditolak bank #tip kartu kredit

Ditolak memang sebuah hal yang tidak menyenangkan. Seperti saat ditolak oleh orang yang sudah lama Anda kagumi secara diam-diam, ketika aplikasi kartu kredit ditolak pihak Bank juga rasanya menyebalkan. Apalagi, pihak Bank tidak pernah memberi tahu alasan penolakan mereka.

Bank penerbit kartu kredit pasti punya sejumlah alasan kenapa aplikasi Anda tidak di-approve. Bank memang tidak akan pernah memberi tahu alasan penolakan, tapi Anda bisa mengetahuinya melalui bocoran di bawah ini. Bisa jadi ada salah satu atau salah dua dari alasan-alasan berikut ini yang menjadi penyebab ditolaknya pengajuan kartu kredit Anda. Ssstt….tapi ini rahasia ya.

  • Dokumen dan Formulir Tidak Lengkap

Saat mengajukan aplikasi untuk mendapatkan kartu kredit, Anda diharuskan mengisi formulir bukan? Ada banyak hal yang harus Anda isi dengan benar. Termasuk soal data-data pribadi. Coba ingat-ingat lagi apakah Anda mengisinya dengan lengkap dan benar atau malah mengisinya dengan data palsu?

Kesalahan dalam mengisi data akan membuat Bank tidak akan memproses aplikasi Anda. Termasuk ketika dokumen yang diminta, seperti Kartu Keluarga, slip gaji, hingga NPWP tidak Anda lengkapi. Dokumen yang tidak lengkap hanya akan membuat aplikasi Anda masuk tempat sampah.

  • Tidak Bisa Diverifikasi

Dalam formulir yang Anda isi akan ada kolom untuk menulis nomor telepon. Baik itu nomor telepon Anda maupun keluarga atau saudara yang tidak tinggal serumah. Semua nomor tersebut nantinya akan diverifikasi kebenarannya.

Penolakan terhadap aplikasi yang Anda ajukan bisa jadi karena pihak Bank tidak bisa menghubungi nomor yang Anda berikan. Mungkin saat ditelepon, saudara atau keluarga sedang tidak ditempat atau tidak diangkat oleh yang bersangkutan. Akibat tidak bisa diverifikasi, aplikasi Anda pun di-reject.

  • Penghasilan Gagal Memenuhi Batas Minimum

Semua Bank punya standar minimal penghasilan bagi mereka yang ingin mempunyai kartu kredit. Karena Bank harus tahu dan yakin bahwa pemilik kartu kredit bisa mengembalikan dana yang mereka pinjam.
Penghasilan minimal yang ditetapkan Bank bagi mereka yang mengajukan pembuatan kartu kredit adalah 3 juta rupiah per bulan atau 36 juta per tahun. Data ini didapat Bank dari slip gaji yang Anda lampirkan bersama formulir aplikasi kartu kredit. Kurang dari angka tersebut, aplikasi Anda pasti ditolak.

  • Usia Terlalu Muda atau Terlalu Tua

Tak hanya harus punya gaji minimal sesuai dengan standar Bank, usia pun ada batasannya. Batasan usia bagi mereka yang ingin memiliki kartu kredit adalah minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Jika Anda tidak berada di antara batasan usia tersebut, harap maklum jika setiap pengajuan kartu kredit selalu ditolak.

  • Rapor Tunggakan Kredit

Semua Bank yang ada di negeri ini selalu terhubung dengan bank sentral alias Bank Indonesia. Semua data perbankan termasuk data nasabah dimiliki oleh Bank Indonesia. Termasuk data rapor tunggakan kredit setiap nasabah.

Bisa jadi Anda masih punya tunggakan kredit yang belum selesai sehingga rapor Anda merah. Pihak Bank tempat mengajukan aplikasi kartu kredit pun tidak mau terkena imbas akibat rapor kredit Anda yang masih merah akibat utang yang belum terlunasi.

  • Sering Pindah Kerja

Anda termasuk tipe kutu loncat yang doyan berpindah tempat kerja? Hati-hati, karena ini merupakan salah satu alasan Bank menolak permintaan Anda dalam mendapatkan kartu kredit. Nasabah yang sering pindah kerja dinilai tidak layak diberi utang melalui kartu kredit.

Hal ini terkait dengan status Anda di tempat bekerja. Karena sering berpindah kantor, maka status karyawan tetap akan sulit diraih. Karena itulah Bank menolak pengajuan karena penghasilan Anda dianggap belum stabil.

  • Cashflow Bulanan Buruk

Anda sangat percaya diri aplikasi kartu kredit yang diajukan tidak akan ditolak karena gaji bulanan Anda sudah lebih dari angka 10 juta rupiah. Tapi ternyata, Bank tetap menolaknya. Boleh jadi, meski gaji Anda besar tapi cashflow bulanan Anda buruk. Dari gaji Rp 10 juta nyaris tidak ada yang tersisa setiap bulannya.

Bank pasti mempertimbangkan hal ini. Karena jika cashflow yang buruk bahkan minus maka Anda pasti akan kesulitan membayar tagihan yang datang setiap bulan. Karena itulah Bank kemudian menolak aplikasi Anda.

  • Sebelumnya Belum Punya Kartu Kredit

Setiap orang yang pertama kali mengajukan aplikasi untuk memiliki kartu kredit mayoritas pasti akan bertemu penolakan. Kenapa? Karena Bank belum mengenal Anda. Tidak peduli Anda menuliskan jabatan dan gaji yang tinggi, saat nama Anda belum masuk dalam sistem data kredit mereka maka aplikasi cenderung akan ditolak.

Untuk mempermudah proses, sebaiknya Anda memilih kartu kredit dengan limit yang kecil, jangan yang gold card atau premium/platinum card. Setelah bisa mendapatkan kartu kredit dan rapor Anda bagus, pasti akan mendapat banyak tawaran kartu baru dengan limit yang lebih besar.

  • Memiliki Banyak Kartu Kredit

Terlalu banyak memiliki kartu kredit juga bisa menjadi alasan penolakan Bank terhadap aplikasi Anda. Bank tidak mau mengambil risiko dengan memberikan kredit tambahan kepada nasabah yang sudah memiliki banyak kartu kredit. Risiko kredit macet akan semakin besar dan akan berdampak buruk bagi nilai bank tersebut di mata Bank Indonesia.

Eitts….jangan langsung nafsu untuk mengajukan aplikasi kartu kredit yang baru setelah baca bocoran di atas. Anda harus tunggu setidaknya 3-6 bulan dari sejak aplikasi ditolak Bank. Setelah itu baru ajukan aplikasi lagi. Jangan mengulang kesalahan yang sama agar tidak lagi mendapat penolakan. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang beberapa penyebab aplikasi kartu kredit ditolak bank, semoga bermanfaat.

Artikel Populer

anak, asuransi, ATM, bank, bisnis, fraud, Indonesia, investasi, kartu kredit mandiri, kaya, kesalahan, kredit konsumsi, kredit tanpa agunan, menabung, menghitung, orang kaya, Redenominasi, rugi, startup, sukses, tabungan, tanpa kartu kredit, tidak bisa bayar, tip kartu kredit, tip keuangan, tip KPR, tip kredit, tip KTA, uang, untung,

Bagikan Ke Teman Anda


 





SimulasiKredit.com is a simulation loan estimation tool. You can simulate your monthly loan payments. This tool supports your car or motorbike loan and your house loan.

You can estimate how many period you should pay monthly or yearly. You will know total interest paid and total paid, just input your mortgage amount, interest rate, term and loan start date.

This simulations predict how given payments and interest rate will affect the balance over time. Please note that this simulation is just a simulation. This simulation is intended as a free community service to teach personal finance and the dynamics of compound interest.