Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Proses Pengiriman Kartu Kredit

Saat ini, hampir semua orang di seluruh belahan dunia lebih memilih bertransaksi menggunakan kartu kredit terlepas dari jabatan yang mereka miliki. Dalam beberapa kasus, bahkan kartu kredit bukan hanya diperlakukan sebagai alat pembayaran, namun juga sebagai alat penunjang prestise agar tidak kalah dengan teman-teman lain yang sudah memiliki kartu kredit.

Padahal sebagai salah satu produk keuangan yang erat kaitannya dengan bank, kartu kredit memiliki serangkaian prosedur yang harus dipatuhi. Tidak hanya prosedur pada saat pengajuan kartu kredit, melainkan juga termasuk langkah-langkah yang mungkin sebagian orang menganggapnya remeh. Salah satunya adalah proses pengiriman.

Proses pengiriman kartu kredit tidak dapat berjalan begitu saja tanpa ada serangkaian prosedur yang melaluinya. Berikut ini adalah langkah-langkah yang menggambarkan proses pengiriman kartu kredit lengkap dengan PIN-nya:

1. Kartu Kredit Harus Disetujui Terlebih Dahulu

Setelah kita mengisi formulir aplikasi kartu kredit dan melengkapi informasi terkait data diri kita, selanjutnya adalah menunggu approval atau persetujuan dari pihak bank penerbit kartu kredit. Perlu diingat kalau langkah ini tidak berjalan, maka proses pengiriman kartu kredit pada poin-poin berikutnya juga akan tersendat.

Biasanya, tanda-tanda persetujuan kartu kredit dari pihak bank penerbit dapat dilihat melalui SMS notifikasi. Bunyi SMS ini bervariasi, namun secara umum, bunyi SMS yang menyatakan kalau kartu kredit kita disetujui mencakup ucapan selamat karena permohonan kartu kredit disetujui, limit transaksi maksimal kartu kredit, dan mempersilahkan kita menunggu pengiriman kartu kredit.

Dalam langkah persetujuan ini, pihak bank tidak berhenti pada sekedar menyetujui saja. Pihak bank sebagai penerbit kartu kredit juga akan membantu dalam hal pencetakan dan penerbitan kartu kredit. Kartu kredit yang telah tercetak dan diterbitkan untuk selanjutnya akan dialamatkan pada alamat yang sudah dicantumkan pada formulir pengajuan kartu kredit.

2. Pengiriman Fisik Kartu Kredit Memakan Waktu 3-5 Hari Kerja

Secara normal, pengiriman kartu kredit hingga sampai ke alamat pemohon memakan waktu 3-5 hari kerja. Untuk seluruh bank di Indonesia, hari kerja yang dimaksud adalah Senin hingga Jum’at, tidak termasuk hari libur.

Ada kalanya pengiriman kartu kredit ini menjadi lebih lama dari durasi normalnya yang 3-5 hari kerja. Penyebab pengiriman kartu kredit lama ini banyak macamnya, namun yang paling umum adalah karena banyak nasabahnya dan banyak yang mengajukan kartu kredit.

Apapun alasannya, alangkah baiknya apabila yang menerima pengiriman kartu kredit itu adalah diri kita sendiri. Untuk alasan keamanan, lebih baik apabila detil-detil terkait kartu kredit tersebut hanya kita yang mengetahuinya. Simpan kartu ini baik-baik, karena kartu kredit akan sangat dibutuhkan di kemudian hari.

3. Pengiriman PIN Kartu Kredit Setelah Kartu Fisik

Karena keunikan kartu kredit dibandingkan dengan kartu debit, maka pengirimannya pun tidak dapat serta-merta langsung pada fisiknya. Pembuatan PIN yang terpisah dengan pembuatan fisik kartu kredit juga menyebabkan pengiriman PIN tidak dapat dilakukan bersamaan dengan kartu fisik.

Setelah kartu fisik terbit, selanjutnya yang dapat kita lakukan adalah menunggu sekitar 3-4 minggu untuk pengiriman PIN kartu kredit. Perlu diingat kalau PIN ini sifatnya rahasia dan tidak boleh ada yang tahu selain diri kita sendiri, baik pada saat pertama membuat hingga mengganti PIN, yang semuanya dilakukan lewat sistem online atau SMS. Karena itu, penting bagi kita untuk menerimanya sendiri tanpa diwakilkan orang.

Ketika semua proses pengiriman mulai dari persetujuan kartu kredit, pengiriman kartu fisik dan pengiriman PIN kartu kredit ini telah kita lalui, barulah kita dapat menggunakan manfaat yang terkandung dalam kartu kredit yang kita miliki tersebut. Jika tidak, alangkah baiknya kita melakukan langkah selanjutnya, yakni tindak lanjut.

4. Proses Tindak Lanjut Pengiriman Oleh Nasabah

Kartu kredit yang sudah disetujui namun tidak kunjung diproses merupakan masalah yang besar. Karena kerawanan kartu kredit, kartu kredit dapat saja jatuh ke tangan yang tidak bertanggungjawab apabila nomornya sudah ada namun tidak kunjung dikirimkan.

Di masa lalu, banyak kejadian transaksi “palsu” menggunakan nomor kartu kredit fisik yang tidak seharusnya. Apalagi, sekarang ini juga ada berbagai macam program virus komputer yang dapat membobol PIN kartu kredit. Kalau sudah demikian, persoalan finansial maupun hukum akan sangat mempersulit kita selaku nasabah kartu kredit.

Oleh karena itu, ketika pengiriman baik kartu kredit fisik maupun PIN kartu kredit terlambat, ada baiknya kita sebagai nasabah secepat mungkin menghubungi call center bank yang bersangkutan. Jelaskan permasalahan yang kita hadapi dan pihak bank akan merespons keluhan kita.

Seringkali, hanya mengandalkan call center untuk urusan kartu kredit maupun PIN kartu kredit tidak cukup. Kita juga perlu mendatangi bank dan berbicara langsung dengan pegawainya. Beberapa pemilik kartu kredit juga melaporkan pada surat kabar atau media-media serupa, sehingga kekuatan pertanggungjawaban atas pengiriman kartu kredit maupun PIN kartu kredit menjadi lebih kuat.

Keempat poin tersebut merupakan langkah-langkah yang harus kita lalui dalam hal pengiriman kartu kredit. Adapun langkah-langkah tersebut saya susun dari awal persetujuan hingga kartu kredit tersebut benar-benar diterima. Yang paling penting adalah poin tindak lanjut, di mana ini semua demi keamanan bertransaksi kita sendiri.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel ini dibuat, semoga membantu anda.



Tip Belanja Lebaran dengan Kartu Kredit
Langkah Awal Mengatasi Kartu Kredit Dibobol
Kasus Pembobolan Kartu Kredit
Mengajukan Keringanan Kartu Kredit
Kartu Kredit untuk Umur Berapa?
Anda Butuh Uang Cepat? Pilih KTA atau Kartu Kredit?
Alasan Memiliki Kartu Kredit Lebih dari 1
Tip Melunasi Kartu Kredit dengan Cepat
Nasabah Sakit dan Tagihan Datang Terus, Apa yang Harus Dilakukan?
Penggunaan Kartu Kredit Saat Lebaran, Banyak Untungnya!


Bagikan Ke Teman Anda