Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Review Buku The Science of Getting Rich

Semangat entrepreneurial alias kewirausahaan sebenarnya sudah ada sejak lama. Bahkan ada sebuah buku mengenai bagaimana cara menciptakan kesuksesan yang ditulis pada tahun 1910 oleh Wallace D Wattles berjudul The Science of Getting Rich.

Anda jangan terkecoh dengan judul buku ini. Apa yang tersembunyi di dalamnya ternyata lebih dari sekadar cara-cara untuk meraih kesuksesan atau kekayaan. Isinya lebih merupakan sebuah manifesto yang dapat Anda gunakan sebagai pegangan demi mencapai apapun yang Anda impikan dalam hidup.

Rhonda Byrne, pengarang buku self-help fenomenal berjudul The Secret, menyatakan bahwa karyanya terinspirasi dari tulisan Wattles ini. Pengaruh The Science of Getting Rich sendiri juga diakui oleh banyak orang, termasuk para pelajar yang tergabung dalam kursus online The Science of Getting Rich for Practical Geniuses. Mereka menyatakan bahwa buku ini menunjukkan pada mereka bagaimana cara mengubah setiap aspek dalam hidup dengan mengubah cara berpikir.

Dalam buku ini, Wattles memang memberikan tips untuk menjadi kaya, namun tidak dengan cara yang filosofis melainkan pragmatis. Menurut Wattles, kekayaan adalah seni dan sains; menjadi kaya merupakan keinginan yang paling mulia karena keinginan tersebut dapat memberi seseorang kesempatan untuk berkembang.

Meski gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini membuatnya cukup sulit untuk dinikmati sebagai bacaan ringan, namun ada beberapa ide cemerlang yang bila diaplikasikan dalam rutinitas sehari-hari akan dapat mengubah hidup Anda selamanya.

Berikut 11 prinsip utama yang dapat kami rangkum dari apa yang Wattles tulis dalam The Science of Getting Rich:

1. Menjadi kaya berarti memenuhi potensi Anda

Kita semua pasti punya masalah tentang uang, apapun bentuknya. Namun menjadi kaya dalam hidup Anda tidak perlu didasari oleh rasa tamak. Sukses adalah perihal menjadi apa yang Anda inginkan dan uang tentu berperan agar Anda dapat mencapai hal tersebut. Menjadi kaya dan berkelimpahan dapat membantu Anda mencakup potensi Anda sepenuhnya.

2. Kesempatan tidak memiliki batasan

Buat diri Anda mampu untuk melihat bahwa tidak ada yang tidak mungkin. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih terbuka terhadap setiap kesempatan di luar ruang lingkup dan realitas Anda saat ini. Pikirkan apa yang saat ini mampu Anda lakukan, lantas berpikirlah lebih jauh lagi tentang apa yang mampu dan mau Anda pelajari selanjutnya.

3. Pikiran dan tindakan menciptakan kesuksesan

Bila Anda membayangkan ingin menjadi apa, melakukan apa, dan memiliki apa dalam hidup ini, maka Anda akan dapat melihat berbagai kesempatan yang ada untuk membuat seluruh bayangan Anda tercapai. Setelah itu, untuk mencapai kesuksesan, Anda perlu bertindak sesuai dengan kesempatan-kesempatan tadi. Anda harus spesifik tentang apa yang Anda inginkan, beri tujuan untuk dapat meraih hal-hal tersebut, dan fokuskan pikiran Anda bahwa Anda akan berhasil mencapai keinginan Anda.

4. Berkarya, bukan berkompetisi

Dunia ini cukup untuk seluruh orang yang ada di dalamnya. Anda tidak perlu berkompetisi untuk apapun karena ada kekayaan yang berlimpah di dunia ini untuk Anda. Anda pun punya kemampuan untuk menciptakan apa yang Anda inginkan lewat pikiran dan tindakan, sehingga Anda tidak perlu merampas hal-hal tersebut dari orang lain. Jangan pula bertindak curang atau memanfaatkan orang lain dalam proses tadi.

5. Hargai lebih

Beri penghargaan terhadap seseorang lebih dari apa yang Anda dapatkan dari mereka. Wattles menyebutnya sebagai overdelivering. Orang akan mengenal Anda karena hal ini dan mereka ingin bekerja dengan Anda atau membeli sesuatu dari Anda karena tahu bahwa mereka akan mendapatkan nilai lebih dari yang mereka bayar.

6. Bersyukur

Bersyukurlah dengan apa yang sudah Anda miliki, latih diri Anda untuk juga selalu bersyukur tentang apa yang belum Anda miliki. Hukum fisika menyatakan bahwa setiap aksi pasti memiliki reaksi. Sehingga rasa syukur yang Anda ungkapkan untuk hal-hal yang Anda inginkan dapat membuat mereka datang dan bergerak lebih dekat pada Anda.

7. Hindari berpikiran negatif

Energi dari gagasan dapat menciptakan apa yang Anda pikirkan. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu waspada akan segala bentuk keraguan, ketidakyakinan, atau hal-hal yang berbau negatif yang memasuki pikiran Anda. Berpikir positif adalah hal yang penting untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

Ini bukan berarti Anda harus menyingkirkan pikiran negatif jauh-jauh, namun kenali pikiran tersebut dan jangan merasa ragu bahwa Anda dapat meraih keinginan Anda. Jaga pula lisan Anda, jangan pernah mengecilkan diri Anda sendiri maupun orang lain.

8. Lakukan segala sesuatu dengan maksimal

Hal ini tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan, namun tentang segala hal atau tugas yang hendak/sedang Anda kerjaan. Lakukan semaksimal mungkin apa yang dapat Anda capai setiap harinya dan lakukan hal tersebut secara efisien.

9. Jangan terburu-buru

Kesalahan sering terjadi akibat bertindak terlalu gegabah, tidak peduli tindakan tersebut dilandasi rasa takut atau gelisah. Bila Anda sadar bahwa Anda sedang terburu-buru, ingatlah kembali tentang hal-hal yang telah Anda syukuri terutama yang belum Anda dapatkan. Bersyukurlah bahwa Anda akan mendapatkan keinginan Anda. Hal ini akan memerkuat keyakinan Anda dan memerbarui tujuan Anda.

10. Jangan khawatir akan rintangan

Anda pasti akan menghadapi rintangan dalam perjalanan mencapai tujuan Anda, yang bisa jadi hanya berupa kekhawatiran atau berbentuk nyata. Namun bila Anda mengikuti cara-cara yang telah kami paparkan di atas, Anda pasti akan menemukan jalur baru yang dapat Anda lalui untuk mencapai tujuan tersebut.

11. Kegagalan adalah sesuatu yang pasti

Jangan pernah kecewa bila segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Anda mungkin menganggapnya sebagai sebuah kegalalan, tapi tetaplah jaga keyakinan Anda dan lihatlah bahwa kegagalan merupakan sesuatu yang pasti. Namun setelahnya, sesuatu yang lebih baik pasti akan datang dan mengubah kegalalan tersebut menjadi suatu kesuksesan.

Anda bisa memeroleh buku elektronik The Science of Getting Rich secara gratis di internet karena buku ini sudah tidak lagi berada di bawah hak cipta. Selamat belajar menjadi sukses!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang review buku The Science of Getting Rich, semoga bermanfaat bagi anda semua.



Review Sekilas tentang Amartha.com
4 Penyebab Harga Buku Teks Kuliah Lebih Mahal
Buku yang Wajib Dibaca oleh Entrepreneur
Review Sekilas tentang Modalku.co.id
Review Sekilas tentang Investree.id
Apa itu BUKU Bank? Apa Syarat Kategorisasinya?
Mengapa Perempuan Mudah Terjebak Utang Kartu Kredit?
Financial Planning Before Disaster (Persiapan Finansial Sebelum Bencana)
Bagaimana Menggunakan ATM dengan Aman?
Sisi Buruk Kerja di Perusahaan Startup


Bagikan Ke Teman Anda