Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Review Sekilas tentang Amartha.com

Banyak anggota masyarakat yang ingin merintis usaha guna meningkatkan perekonomian keluarga. Maklum saja, di tengah kondisi ekonomi yang serba sulit di mana kebutuhan semakin banyak, harga komoditas meroket, tetapi daya beli menurun. Dengan merintis usaha mikro harapannya dapat memperoleh tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Sayang, hasrat untuk merintis usaha sering kali terkendala oleh keterbatasan bahkan ketiadaan modal. Bagi mereka yang bankable tentu akan mudah mencari pinjaman ke bank. Kenyataannya, banyak anggota masyarakat yang tergolong sebagai kelompok marginal tidak memenuhi persyaratan jika harus mengajukan pinjaman modal ke bank (unbanked).

Melihat adanya peluang pembiayaan di sektor mikro, Amartha hadir untuk memberikan layanan pembiayaan pada kelompok marginal yang unbanked. Apa itu Amartha? Amartha merupakan platform layanan finansial peer-to-peer lending berbasis online. Meski sebagai platform online, namun Amartha juga mencakup layanan offline. Artinya, Amartha memiliki tim lapangan untuk mengkaji langsung kelayakan usaha dari calon peminjamnya.

Amartha berdiri sejak tahun 2010 yang awalnya sebagai lembaga keuangan mikro. Seiring dengan perkembangannya, kini Amartha menjadi fintech peer-to-peer lending yang menghubungkan langsung pengusaha mikro dengan pemilik modal secara online.

Berikut adalah review yang dilakukan dengan melihat sekilas informasi dari website amartha.com. Penulis belum pernah berinvestasi di Amartha, namun hanya melihat informasi dalam websitenya.

Cara kerja Amartha

Tumbuh sebagai platform P2PL, Amartha menjembatani kebutuhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan modal dengan kebutuhan investor akan return. Dengan layanan online, tujuan yang ingin dicapai adalah memperluas menjangkau investor dan mitra peminjam. Meski layanannya berbasis online, Amartha tetap melakukan aktivitas offline dengan terjun ke lapangan secara langsung dalam setiap tahap proses pembiayaannya, terutama dalam hal penyeleksian mitra peminjam.

Sasaran utama dari layanan finansial Amartha adalah ibu-ibu pelaku UMKM yang memiliki usaha rumahan, tetapi unbankable dalam hal permodalan. Oleh sebab itulah, Amartha melakukan survei langsung agar bisa menilai kelayakan usaha dan melakukan pendampingan. Proses ini dilakukan sekaligus sebagai upaya untuk menjaring calon peminjam yang berkualitas dan meminimalkan risiko. Sebelum menyalurkan pinjaman modal, Amartha melakukan tiga tahapan sebagai berikut.

  • Survei wilayah dan demografi. Untuk memperluas jangkauan kemitraan, tim lapangan Amartha melakukan survei wilayah dan demografi dengan mendatangi lokasi yang akan dilayani. Pada proses ini, Amartha melakukan dialog dengan tokoh masyarakat setempat untuk memperoleh gambaran tentang potensi di wilayah tersebut. Hal ini dilakukan untuk memetakan potensi dan risiko sebelum membuka cabang atau kelompok pembiayaan baru.
  • Membentuk kelompok majelis. Bagi calon peminjam perorangan yang membutuhkan modal diminta untuk membuat kelompok kecil beranggotakan 5 orang, yang kemudian bergabung dalam satu majelis besar yang beranggotakan 15 hingga 20 orang. Dari kelompok ini sepakat melakukan tanggung renteng atau menanggung risiko secara bersama apabila ada anggota kelompok yang gagal bayar. Metode ini dinilai lebih aman dan mampu menurunkan tingkat kredit bermasalah hingga 0%, karena setiap peminjam saling mengawasi kredibilitas satu sama lain.
  • Memberikan pelatihan kepada peminjam. Setelah terbentuk kelompok majelis baru, setiap anggotanya diwajibkan untuk mengikuti pelatihan yang diberikan oleh pihak Amartha. Pelatihan ini berkaitan dengan pengelolaan modal yang akan dipinjamkan dan kedisiplinan dalam pengembaliannya. Selama proses pembiayaan berjalan, tim lapangan Amartha melakukan pertemuan secara rutin untuk memantau, mendampingi, dan menerima pembayaran angsuran pinjaman selama jangka waktu yang disepakati bersama.

Keuntungan dan kerugian pendanaan dan pembiayaan di Amartha

Amartha menawarkan keuntungan menarik baik bagi pemodal maupun peminjam. Bagi pemodal, keuntungan yang bisa diperoleh, diantaranya:

  • Transparansi terkait dengan informasi tentang profil calon peminjam yang disertai dengan skor kreditnya, sehingga memudahkan pemodal untuk mempertimbangkan risiko sebelum membuat keputusan untuk memberikan pendanaan.
  • Dalam akad perjanjian, pemodal bisa mengetahui secara jelas data diri peminjam dan tujuan dari peminjaman modal tersebut.
  • Informasi angsuran ditampilkan secara online pada dasbor akun pemodal.
  • Imbal hasil yang tersedia bisa ditarik kapan saja sehingga bersifat likuid.
  • Pemodal dapat memperoleh tingkat pengembalian yang lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan instrumen investasi konvensional.

Tentu tak hanya pemodal saja yang dapat memperoleh keuntungan dalam proses pembiayaan di Amartha, tetapi juga para peminjam. Adapun keuntungan yang ditawarkan kepada peminjam, antara lain:

  • Jangkauan layanan yang lebih luas hingga ke pelosok daerah, sehingga memungkinkan bagi calon peminjam yang belum tersentuh dengan layanan perbankan konvensional untuk mengaksesnya.
  • Memberikan peluang akses pembiayaan yang lebih mudah bagi para pelaku UMKM.
  • Memperoleh skor kredit yang bisa menjadi referensi dalam mendapatkan nilai pembiayaan lebih besar.

Syarat menjadi investor dan peminjam di Amartha

Tertarik untuk berinvestasi di Amartha? Anda harus tahu dulu syaratnya untuk menjadi investor di platform ini. Pada prinsipnya Amartha memberlakukan syarat yang begitu mudah dipenuhi untuk menjadi investor atau pemodal. Amartha membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi baik perorangan maupun institusional, asal memiliki rekening di bank.

Untuk menjadi investor baik perorangan maupun atas nama badan hukum berbentuk PT atau CV, diwajibkan untuk memiliki akun Amartha. Artinya, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses website platform Amartha yang beralamat di www.amartha.com. Klik menu Daftar dan isilah formulir yang tersedia sesuai dengan data diri Anda. Jika Anda telah berhasil mendaftar sebagai investor di Amartha, Anda bisa mulai melakukan pendanaan dengan nilai minimum Rp 3 juta untuk investor perorangan.

Keamanan berinvestasi di Amartha

Meski menyasar pelaku UMKM yang unbankable, namun tingkat keamanan investasi di Amartha justru terjaga dan bisa diandalkan. Selain pembiayaan dijamin oleh Perusahaan Penjamin Kredit, Amartha juga menerapkan sistem pengendalian berbasis teknologi untuk meminimalkan risiko. Tak hanya itu, Amartha sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial telah terdaftar dan operasionalnya diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, sistem yang diterapkan oleh Amartha telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga legal dan aman.

Kebijakan investasi diserahkan ke pembaca, dan kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat artikel ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang review sekilas tentang amartha.com, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Review Sekilas tentang Investree.id
Review Buku The Science of Getting Rich
Review Sekilas tentang Modalku.co.id
Tip Sederhana untuk Berhemat
Pilih Mana Kartu Kredit vs Kartu Debit?
Apa Itu ICO (Initial Coin Offering)?
Alasan Buruk Mengambil Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang
Pentingnya Disiplin dalam Hidup


Bagikan Ke Teman Anda