Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Review Sekilas tentang Koinworks.com

Setiap lini kehidupan membutuhkan pembiayaan. Mulai dari kebutuhan ekonomi, pendidikan, hingga kesehatan. Beragam kebutuhan tersebut jelas tak bisa terelakkan, sehingga harus dipenuhi. Sayangnya, pendapatan yang diperoleh sering kali tak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut.

Tak heran, di tengah perekonomian yang kurang kondusif di mana harga-harga komoditas melonjak tanpa dibarengi dengan peningkatan pendapatan mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat. Melakukan penghematan saja tak cukup untuk menyelesaikan masalah finansial yang dihadapi masyarakat. Oleh sebab itu, masyarakat membutuhkan layanan finansial yang bisa meng-cover kebutuhannya.

Koinworks hadir untuk menjawab permasalahan finansial yang sering kali dihadapi masyarakat, yakni memberikan pinjaman baik untuk modal, dana pendidikan, maupun biaya kesehatan. Apa itu Koinworks? Koinworks merupakan platform layanan pembiayaan online berbasis P2PL (Peer to Peer Lending). Melalui platform ini, masyarakat baik atas nama pribadi maupun institusi bisa berinvestasi dan turut membantu memberikan solusi finansial bagi masyarakat yang membutuhkan. Demikian pula halnya dengan masyarakat yang membutuhkan dana baik untuk modal usaha, dana pendidikan, maupun biaya kesehatan bisa mengakses layanan finansial ini dengan mudah.

Koinworks menjadi penghubung antara investor sebagai pendana dengan masyarakat sebagai peminjam. Dalam perannya sebagai penghubung, Koinworks menghimpun dana dari investor kemudian menyalurkannya kepada peminjam. Di sini tentu Koinworks melakukan administrasi kedua pihak, yakni pendana dan peminjam.

Berikut adalah review yang dilakukan dengan melihat sekilas informasi dari website koinworks.com. Penulis belum pernah berinvestasi di Koinworks, namun hanya melihat informasi dalam websitenya.

Cara kerja Koinworks

Bagaimana Koinworks bekerja? Melalui platform P2PL yang bisa diakses di www.koinworks.com, Koinworks menyediakan akses bagi masyarakat yang ingin menjadi pendana atau peminjam secara bebas. Artinya siapapun asal memiliki dana dapat menjadi investor dan siapapun yang memiliki kemampuan untuk membayar kembali dapat menjadi peminjam.

Mekanisme kerja Koinworks dalam memproses aplikasi pinjaman yang diajukan oleh calon peminjam melalui tahapan sebagai berikut.

  • Pengajuan pinjaman. Diawali dengan pengajuan pinjaman secara online oleh calon peminjam. Untuk itu, peminjam harus melakukan registrasi atau mendaftar terlebih dahulu.
  • Pra-persetujuan. Pada tahap ini Koinworks menindaklanjuti aplikasi pinjaman yang diajukan oleh calon peminjam dengan memberikan informas tentang tingkat bunga pinjaman. Jika calon peminjam setuju dengan tingkat bunga yang ditetapkan, maka proses berlanjut pada tahap berikutnya.
  • Pengunggahan dokumen legal. Calon peminjam yang setuju dengan tingkat bunga yang ditetapkan kemudian diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen legal yang dibutuhkan seperti KTP, KK, slip gaji untuk pinjaman pendidikan dan kesehatan, laporan keuangan untuk pinjaman bisnis, dan lain sebagainya.
  • Proses pendanaan. Dari dokumen yang diunggah calon peminjam, Koinworks melakukan analisis kelayakan terhadap kredibilitas calon peminjam. Jika dinilai memadai, maka aplikasi pinjaman yang diajukan calon peminjam diterbitkan ke dalam sistem, sehingga dapat diakses oleh para investor. Berdasarkan data dan informasi calon peminjam yang diterbitkan pada sistem, investor dapat mempertimbangkan dan memperhitungkan keuntungan sekaligus risiko di setiap aplikasi pinjaman yang diajukan. Artinya, investor memiliki kebebasan untuk memilih aplikasi yang akan didanainya. Jika investor telah menentukan pilihannya, maka Koinworks menghubungkannya dengan calon peminjam dan mempersiapkan segala administrasi yang dibutuhkan untuk pencairan pinjaman.
  • Pencairan pinjaman. Perlu diketahui bahwa dalam satu aplikasi pinjaman, bisa didanai oleh beberapa investor. Jika dana yang dibutuhkan untuk menyalurkan pinjaman terpenuhi, maka dana pinjaman bisa dicairkan ke rekening bank yang ditunjuk.

Keuntungan dan kerugian pendanaan dan pembiayaan di Koinworks

Di setiap investasi tentu ada untung rugi atau risikonya. Demikian pula berinvestasi di Koinworks. Meski demikian berinvestasi di Koinworks sebagai platform P2PL dinilai lebih menguntungkan dan risikonya bisa dikendalikan, karena investor memilih langsung calon peminjam yang akan didanainya. Selain itu, Koinworks menawarkan beberapa keuntungan, yaitu:

  • Tingkat bunga pengembalian efektif 18% per tahun.
  • Dana proteksi. Setiap investasi yang ditanamkan pada platform Koinworks akan diproteksi dengan dana yang disisihkan oleh pihak Koinworks untuk menjamin keamanan dana investor yang disalurkan.
  • Nilai investasi terjangkau. Anda bisa berinvestasi di Koinworks dengan nilai investasi mulai dari Rp 100.000,-.

Meski menawarkan keuntungan, namun investasi di Koinworks tak lepas dari risiko yang juga harus dipertimbangkan oleh investor, yaitu risiko terjadinya gagal bayar oleh peminjam. Meski Koinworks telah menganalisis kelayakan peminjam secara cermat, namun kemungkinan adanya risiko tersebut tidak bisa dihindari.

Lantas, apa keuntungan bagi peminjam yang mengajukan pinjaman di Koinworks? Jelas, kebutuhan finansial bisa terpenuhi. Selain itu, berikut keuntungan yang bisa diperoleh peminjam di Koinworks.

  • Proses mudah dan cepat. Pengajuan pinjaman secara online jelas dapat menghemat waktu, karena calon peminjam tidak perlu repot-repot datang ke kantor. Aplikasi pinjaman yang masuk akan segera diproses sehingga lebih cepat dibandingkan dengan lembaga keuangan konvensional.
  • Tanpa agunan. Calon peminjam dimudahkan dalam mengajukan pinjaman karena Koinworks tidak mensyaratkan adanya agunan.
  • Tingkat bunga rendah. Koinworks memberlakukan tingkat bunga yang bervariasi di setiap jenis pinjamannya mulai dari bisnis, pendidikan, hingga kesehatan. Meski demikian, rata-rata tingkat bunga yang dibebankan lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman di lembaga sejenis.

Di samping keuntungan yang ditawarkan, terdapat kerugian yang harus ditanggung oleh calon peminjam, terkait dengan pembebanan biaya-biaya lain. Bunga pinjaman yang dikenakan bukanlah satu-satunya biaya yang harus ditanggung dan dibayar oleh calon peminjam. Oleh karenanya, cermatlah sebelum mengajukan pinjaman.

Syarat investasi dan pengajuan pinjaman di Koinworks

Untuk menjadi investor ataupun peminjam di Koinworks, Anda harus terdaftar di platform tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dan kemudian akan mendapatkan akun. Tak banyak persyaratan yang diajukan untuk menjadi investor. Jika Anda memiliki dana, Anda bisa menjadi investor di platform ini. Namun untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung mengirim email ke support@koinworks.com atau menghubungi via telepon di 021-30482280 saat jam kerja, Senin-Jumat mulai pukul 09.00 hingga 18.30 WIB.

Sementara untuk peminjam jenis pinjaman bisnis, syarat yang diberlakukan di antaranya sebagai berikut.

  • Memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 2 tahun.
  • Usaha berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
  • Melampirkan laporan keuangan minimal satu tahun terakhir.
  • Menyerahkan informasi terkait data diri dan usaha yang dijalankan.

Keamanan investasi di Koinworks

Bicara tentang keamanan investasi, Koinworks menjanjikan bahwa investasi yang ditanamkan pada platformnya aman. Sistem yang diterapkan legal dan sesuai dengan peraturan pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan telah terdaftarnya Koinworks pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga segala sistem operasionalnya pun diawasi oleh lembaga pemerintah tersebut.

Kebijakan investasi diserahkan ke pembaca, dan kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat artikel ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang review sekilas tentang koinworks.com, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Persiapan Bila Usaha Mengalami Bencana Alam
Mengapa Harus Membuat Surat Wasiat?
Pemikiran Al-Ghazali tentang Barter dan Uang
Menetapkan Tujuan agar Sukses Finansial
Mengapa Banyak Orang yang Tidak Memiliki Tabungan?
Untung Rugi Kredit Tanpa Agunan
Cara Mencari Uang Jajan Tambahan untuk Anak Sekolah
Kalau Mau Jadi Milyader, Harus Mulai dari Mana?
Ajarkan Anak Keterampilan Penting Ini, Keterampilan yang Tidak Diperoleh di Sekolah
Ketika Kemenangan Adalah Sebuah Kegagalan


Bagikan Ke Teman Anda