Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Review Sekilas tentang Modalku.co.id

Modalku merupakan platform peer-to-peer (P2P) lending berbasis online yang mempertemukan pelaku UKM (Usaha Kecil Menengah) yang membutuhkan modal dan layak kredit dengan pemberi pinjaman yang ingin mencari alternatif investasi. Di bawah naungan PT. Mitrausaha Indonesia Grup, Modalku menyelenggarakan layanan penyaluran pinjaman uang berbasis teknologi informasi finansial (Fintech).

Sebagai platform, Modalku berperan sebagai perantara antara peminjam dengan pemberi pinjaman. Tentu tak hanya sebatas perantara saja, Modalku juga mengelola dan menyalurkan dana dari pemberi pinjaman yang bertindak sebagai investor kepada para pelaku UKM yang membutuhkan modal usaha.

Layanan yang diselenggarakan oleh Modalku jelas bergerak di bidang teknologi finansial, khususnya pengelolaan dan penyaluran modal usaha. Sebagai platform P2P Lending, skala usaha Modalku tergolong cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan prestasi Modalku yang telah mendapatkan pendanaan seri A terbesar di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, Modalku juga menerima banyak penghargaan, bahkan dinobatkan sebagai salah satu perusahaan Fintech 250, yakni daftar perusahaan terbaik yang melakukan terobosan inovasi teknologi finansial. Prestasi membanggakan lainnya adalah Modalku berhasil memenangkan Digital Innovation Award dari Warta Ekonomi Indonesia.

Berikut adalah review yang dilakukan dengan melihat sekilas informasi dari website modalku.co.id. Penulis belum pernah berinvestasi di modalku, namun hanya melihat informasi dalam websitenya.

Keuntungan dan kerugian dalam layanan Modalku

Dengan tagline “Bersama Memajukan Ekonomi Indonesia”, Modalku berusaha untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modalku memang bukan satu-satunya platform P2P Lending di Indonesia, namun banyak investor dan juga pelaku UKM yang memanfaatkan layanan Modalku untuk memenuhi kebutuhan finansialnya. Hingga saat ini, jumlah pendanaan yang telah dikelola oleh Modalku mencapai Rp 1,7 triliun dalam skala regional.

Kepercayaan yang diberikan investor sebagai pemberi pinjaman modal dan pelaku UKM sebagai peminjam modal kepada Modalku untuk menangani urusan finansialnya tak lepas dari adanya keuntungan yang ditawarkan. Adapun keuntungan yang ditawarkan Modalku kepada investor, antara lain:

  • Nilai pendanaan yang terjangkau. Bagi Anda yang ingin menginvestasikan dana Anda melalui Modalku, Anda hanya perlu deposit minimum Rp 10 juta. Jika Anda memiliki dana lebih tentu akan lebih baik, karena potensi return yang bisa diperoleh semakin besar. Dengan nilai pendanaan minimum Rp 10 juta tersebut, Anda sudah bisa mendanai atau memberi pinjaman minimum Rp 1 juta. Artinya, Anda bisa memberikan pinjaman modal ke lebih dari satu pelaku UKM yang membutuhkan tambahan modal.
  • Risiko terkendali. Setiap investor pastinya ingin agar investasinya memiliki risiko rendah dengan tingkat pengembalian yang tinggi. Tak bisa dipungkiri bahwa di setiap investasi akan ada risiko yang sulit untuk dieliminasi. Meski demikian, risiko dapat diminimalkan. Modalku menjanjikan bahwa risiko investasi dapat dikendali dengan melakukan diversifikasi pendanaan. Diversifikasi merupakan penyaluran modal ke beberapa peminjam. Artinya, modal yang diinvestasikan oleh investor tidak hanya dipinjamkan pada satu peminjam saja. Dengan demikian, risiko wanprestasi atau gagal bayar dapat diminimalkan.
  • Tingkat bunga pengembalian menarik. Poin ini menjadi keunggulan layanan yang ditawarkan oleh Modalku. Bagaimana tidak? Modalku berani memberikan tingkat pengembalian yang tinggi kepada investor atas investasi yang ditanamkannya, melebihi tingkat pengembalian pada deposito. Diversifikasi pendanaan yang dilakukan Modalku tidak hanya meminimalisir risiko, tetapi juga memaksimalkan tingkat pengembalian. Kok bisa? Tingkat suku bunga pinjaman yang diberlakukan berbeda, tergantung pada jenis pinjaman yang diajukan peminjam.
  • Kendali penuh terhadap investasi yang dimiliki. Modalku memberikan kemudahan akses bagi investor untuk memantau bahkan mengendalikan investasinya. Artinya, investor dapat mengetahui secara jelas penyaluran modal yang ditanamkan pada Modalku, karena memang platform ini dikelola secara transparan.
  • Review ketat para peminjam. Secara etika bisnis P2P Lending, investor tidak dapat mengetahui data diri peminjam secara formal. Informasi tentang peminjam hanya berupa gambaran profil usaha dan jejak finansial dari sang peminjam. Meski demikian, tak ada yang perlu dikhawatirkan karena Modalku melakukan review ketat terhadap kredibilitas calon peminjam, sehingga hanya yang benar-benar layak saja yang akan memperoleh pinjaman.

Meski menawarkan banyak keuntungan, namun ada baiknya jika sebelum berinvestasi mempertimbangkan kemungkinan adanya kerugian yang dialami. Mengingat belum ada asuransi yang digunakan untuk meng-cover investasi yang disalurkan. Oleh sebab itu, investasi dalam bisnis P2P Lending ini berisiko terhadap tindakan wanprestasi dan gagal bayar oleh peminjam. Akibatnya, investor mengalami kerugian karena dananya tidak bisa kembali secara penuh.

Keuntungan tak hanya ditawarkan kepada investor saja, tetapi juga peminjam modal di Modalku. Adapun keuntungan bagi peminjam melalui Modalku, di antaranya:

  • Tanpa agunan. Pembiayaan yang dilakukan oleh Modalku tergolong sebagai KTA (Kredit Tanpa Agunan), yang tentu tidak bisa dilakukan oleh lembaga-lembaga perbankan.
  • Tingkat suku bunga terjangkau. Modalku menawarkan tingkat suku bunga yang kompetitif dan terjangkau antara 12 hingga 26% per tahun. Tingkat suku bunga tersebut tentu tergantung pada jenis dan nilai pinjaman yang diajukan.
  • Proses cepat. Dalam memproses aplikasi pinjaman yang diajukan, Modalku membutuhkan waktu kurang lebih 4 hari kerja. Jangka waktu proses tersebut tentu tergolong cepat mengingat pinjaman yang diberikan tanpa agunan.
  • Mekanisme transaksi aman. Modalku menjamin keamanan dalam bertransaksi dan informasi pribadi dari peminjam. Setiap transaksi baik pencairan modal hingga angsuran dicatat dan dibukukan secara transparan sehingga bisa diakses baik oleh peminjam maupun pemilik modal.

Dalam penyaluran modal usaha melalui Modalku, baik peminjam maupun investor dikenakan biaya administrasi. Besaran biaya administrasi untuk peminjam adalah 3% dari total pinjaman yang dicairkan. Sementara untuk investor sebesar 3% di setiap repayment pendanaan yang dilakukan.

Cara memanfaatkan layanan Modalku

Untuk menjadi investor atau peminjam di Modalku, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Dari registrasi dilakukan, Anda akan memiliki akun di platform Modalku. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar online dengan mengisikan data diri yang diminta pada formulir yang telah disediakan di situs Modalku yang beralamat di www.modalku.co.id. Setelah mendaftar, Anda akan memperoleh email berisi link untuk mengaktifkan akun di Modalku.

Dengan memiliki akun di platform Modalku, Anda bisa menjadi investor atau peminjam atau bahkan keduanya. Untuk investor, Anda bisa segera deposit minimum Rp 10 juta. Namun, Anda tidak bisa langsung melakukan pendanaan, karena harus menunggu konfirmasi dari Modalku setidaknya dalam waktu kurang lebih 5 jam. Jika Anda telah mendapatkan konfirmasi, maka bisa melakukan pendanaan dengan mengaktifkan formulir bagian Pendanaan dan mengisikan nama, alamat email, nomor telepon, dan lainnya sesuai dengan petunjuk yang ada.

Sementara untuk peminjam bisa langsung mengajukan aplikasi pinjaman secara online dengan mengisikan data diri berupa nama, nomor telepon, email, nama perusahaan, bentuk usaha, nilai modal yang dibutuhkan, dan jangka waktu pinjaman. Aplikasi pinjaman yang diajukan akan segera diproses melalui penyeleksian dan analisis kelayakan usaha sehingga dapat dinilai layak tidaknya untuk mendapatkan pinjaman.

Jika pemohon pinjaman dinilai memiliki kelayakan untuk mendapatkan pembiayaan, maka Modalku akan menyetujui aplikasi yang diajukan. Selanjutnya aplikasi tersebut akan ditawarkan kepada investor melalui marketplace di platform Modalku. Apabila ada investor yang tertarik melakukan pendanaan pada aplikasi pinjaman yang ditawarkan, maka pembiayaan bisa segera direalisasikan.

Selain investor dan peminjam, Modalku juga menyediakan layanan rekanan (partner) atau referral. Untuk menjadi rekanan Modalku, Anda juga harus mendaftarkan diri dengan menghubungi alamat email info@modalku.co.id.

Syarat memanfaatkan layanan Modalku

Sebenarnya tidak ada syarat khusus yang memberatkan bagi investor yang ingin berinvestasi di Modalku. Jika Anda telah berusia 18 tahun baik WNI (Warga Negara Indonesia) maupun WNA (Warga Negara Asing) dan memiliki dana lebih, maka Anda bisa mendaftarkan diri sebagai investor di Modalku. Untuk mencegah terjadinya tindak pencucian uang dalam bisnis P2P Lending ini, setiap investor diwajibkan untuk memberikan data diri berupa KTP atau paspor.

Sementara syarat untuk pelaku UKM yang ingin mengajukan pinjaman melalui

Modalku ditentukan sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia minimum 21 tahun atau maksimum 60 tahun.
  • Menyerahkan identitas dan dokumen pribadi.
  • Jika mengajukan sebagai badan usaha, maka harus menyertakan legalitas perusahaan.
  • Memiliki NPWP pribadi atau perusahaan.
  • Menyerahkan laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit 2 periode terakhir.
  • Menyerahkan rekening bank 3 bulan terakhir.
  • Menyerahkan identitas penjamin.
  • Memiliki omzet per bulan minimum Rp 20 juta dan usaha yang dilakukan telah berjalan minimum 1 tahun.
  • Berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Keamanan layanan Modalku

Dalam menyalurkan pinjaman modal, Modalku memang tidak tanggung-tanggung. Plafon pinjaman yang diberikan maksimum mencapai Rp 2 miliar. Tentu bukan tanpa risiko. Meski demikian, Modalku memiliki strategi untuk mencegah atau setidaknya meminimalkan kemungkinan terjadinya risiko yang mengakibatkan timbulnya kerugian pada pihak investor. Diversifikasi pendanaan, penerapan sistem scoring, dan analisis kelayakan bisnis yang ketat menjadi beberapa upaya Modalku untuk menekan terjadinya risiko kerugian.

Bagaimana dengan legalitas Modalku? Platform ini legal secara hukum, di mana aturan yang diberlakukan tunduk pada hukum perundang-undangan yang ada.

Tak hanya itu, Modalku telah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga sistem operasionalnya dalam pengawasan pemerintah. Intinya, Modalku sebagai platform P2P Lending bukanlah investasi bodong, tetapi riil dan terbukti telah membantu banyak UKM dalam upaya mengembangkan bisnisnya. Secara lebih luas, Modalku turut berpartisipasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

Jadi, Anda yang ingin berinvestasi ataupun pelaku UKM yang membutuhkan tambahan modal usaha tak perlu ragu untuk menyerahkan urusan finansial tersebut kepada Modalku. Tak hanya aman, pengelolaan, penyaluran, dan pengadministrasian setiap transaksi terkait dengan pembiayaan dilakukan oleh Modalku secara transparan dan profesional.

Kebijakan investasi diserahkan ke pembaca, dan kami tidak bertanggung jawab atas kerugian yang timbul akibat artikel ini.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang review sekilas tentang modalku.co.id, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Review Sekilas tentang Amartha.com
Review Sekilas tentang Investree.id
Review Buku The Science of Getting Rich
Perhitungan THR Karyawan (Tunjangan Hari Raya)
Apa itu Kebijakan Quantitative Tightening (QT)?
Cara Kerja Penjahat ATM Skimmer
Perbedaan Kebijakan Fiskal vs Kebijakan Moneter
Mengenal Hirarki Kebutuhan Dalam Piramida Maslow
Trend Cord Cutting TV Kabel di Indonesia
Perbedaan Tax Avoidance dengan Tax Evasion


Bagikan Ke Teman Anda