Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Skill Berharga dalam Kehidupan, Pastikan Anda Memilikinya

#berharga #skill

Hidup tidak selalu berjalan seperti yang kita inginkan. Terkadang kita merasa hidup sangat menyenangkan, terkadang hidup membawa kita menukik tajam hingga membuat kita nyaris putus asa. Terkadang kita merasa semua serba mudah kita gapai, namun terkadang semua terasa sangat sulit untuk kita raih.
Bagaimanapun dan kemanapun kehidupan membawa kita, sebenarnya ada beberapa skill berharga yang sebaiknya kita kuasai agar bisa menikmati hidup dengan baik. Berikut adalah skill-skill tersebut :

1. Tekun

Tiap orang bisa jadi berbeda pula tujuan dalam hidup. Ada yang ingin menjadi lebih kaya, ada yang ingin terus berbagi dengan orang lain, ada yang ingin selalu ada untuk keluarganya dan lainnya. Keinginan anda bisa jadi sama dengan orang lain. Yang membedakannya adalah ketekunan untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga salah satu skill berharga yang harus anda miliki untuk mencapai apapun tujuan anda, adalah ketekunan.

Tekunlah melakukan hal-hal yang dapat membantu anda meraih tujuan anda tersebut. Jangan berhenti, jangan menyerah di tengah jalan, terus bergerak maju hingga anda benar-benar sampai di tujuan yang anda inginkan.

2. Tahu Kapan Harus Berkata Apa

Skill tahu kapan harus berkata apa ini menjadi skill yang sangat sulit di area social media saat ini. Karena itulah kita mengenal istilah haters, twitwar, hingga debat tak berkesudahan di laman facebook.

Kecerdasan anda bisa dinilai dari apa yang anda tulis di social media anda. Dan orang cerdas adalah orang yang berfikir sebelum berkata-kata, berfikir sebelum menuliskan komentar, dan mereka sama sekali tidak berdebat kusir di social media, dimana semua orang berfikir bahwa pendapat mereka yang paling benar.

Saat ini bahkan HRD di beberapa perusahaan mulai menilai calon karyawan dari apa yang sang calon karyawan tulis di social media media yang mereka miliki. Sehingga jangan sampai – hanya karena anda menuliskan hal-hal yang tidak bermanfaat anda lalu dituntut ke pengadilan, atau anda di judge tidak cakap untuk menjadi calon karyawan di perusahaan idaman.

Ketika anda tidak memiliki hal baik untuk dikatakan, maka diam atau tidak menuliskan apa-apa, itu lebih baik dan berfaedah.

3. Bisa Mengenali Diri Sendiri

Banyak orang yang tidak mengenali diri mereka sendiri. Mereka hidup mengikuti aliran kemanapun aliran itu menuju – yang mana baik jika diri anda adalah Air. Namun karena anda seorang manusia dengan indvidu yang unik, sangat perlu bagi anda untuk mengenali diri anda sendiri. Apa kelebihan anda, apa kekurangan anda, apa yang sebenarnya anda ingin lakukan dalam hidup anda, apa yang tidak anda inginkan dalam hidup anda.

Setelah anda mengenali hal-hal tersebut, barulah anda bisa menyusun strategi dengan berfokus pada kelebihan-kelebihan yang anda miliki. Kabar baiknya, bukan anda saja yang memiliki kekurangan – melainkan semua manusia yang hidup di dunia. Namun jangan terlalu pusing dengan kekurangan, fokuslah pada kelebihan anda, dan kembangkan kemampuan berdasarkan kelebihan-kelebihan tersebut.

4. Memiliki Keinginan untuk Terus Berkembang

Yang membuat orang sukses terus sukses adalah karena mereka tidak pernah berhenti belajar. Anda bisa jadi puas dengan pencapaian anda sejauh ini, namun tidak ada alasan bagi anda untuk terus berhenti belajar dan stop untuk mengembangkan diri.

Jangan terlena dengan comfort zone yang sudah anda raih. Tantang diri anda untuk mempelajari hal-hal baru sehingga otak anda terus terasah dan tidak stagnan. Sehingga bagaimanapun dinamisnya dunia mengalami perubahan, anda akan dengan cepat beradaptasi. Seperti salah satu quote yang mengatakan ‘The time when you stop learning, you stop leading’.

5. Cara Memperlakukan Orang Lain

Rasanya hampir semua orang tidak akan suka dengan orang yang sombong, congkak, suka membangga-banggakan diri mereka sendiri dan perilaku buruk lainnya. Bahkan jika anda seorang dengan pangkat tinggi dan harta yang banyak, namun jika cara anda buruk dalam memperlakukan orang lain, maka anda tidak akan mendapatkan hal tertinggi yang dapat orang lain berikan kepada anda, yaitu rasa respect.

Memperlakukan orang lain dengan buruk juga hanya akan membuat anda dicemooh. Mereka hanya hormat di depan anda, namun di belakang mereka membicarakan anda. Prinsip utama yang berlaku adalah perlakukan orang lain sebagaimana anda ingin diperlakukan; dan perlakukan seorang office boy sama seperti anda memperlakukan seorang CEO.

6. Ikhlas

Pada akhirnya, salah satu skill yang berharga untuk dimiliki dalam kehidupan adalah kemampuan untuk ikhlas pada ketentuan baik dan ketentuan buruk yang terjadi dalam hidup. Karena sebagai manusia, kita bisa berusaha dengan sebaik-baiknya, namun tetap Tuhan yang memiliki kuasa atas kita dan hidup kita.

Kabar baiknya adalah, usaha terkadang tidak mengingkari hasil. Sudah banyak sekali orang sukses yang bertolak dari kehidupan paling buruk sekalipun, bisa mendapatkan yang terbaik dalam hidup mereka.

Namun ketika hidup menghadapkan wajahnya dengan hal-hal yang tidak kita inginkan, jangan pernah menyerah. Kita tetap bisa memulainya lagi dari awal dengan ikhlas, karena di dalam hidup, yang terlihat baik menurut kita terkadang menyimpan keburukan di dalamnya; dan yang terlihat buruk menurut kita terkadang menyimpan kebaikan di dalamnya.

Putus asa berarti menyerah, dan ketika anda menyerah anda sudah pasti kalah. Jadi ikhlaskan saja, dan terus berusaha untuk yang terbaik dalam hidup.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang skill berharga dalam kehidupan, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mengapa Emas Berharga? Apa Sebab Emas Bernilai?
4 Keterampilan Berharga yang Bisa Dimiliki Sepanjang Hidup
6 Skill Wajib Dimiliki Agar Sukses
Anak Mau Punya Skill Bisnis? Ini Tip Buat Orangtua!
Cara Membeli Rumah Lelang Melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)
Perbedaan Kurs Referensi JISDOR vs Kurs Tengah BI
Perbedaan Konsolidasi, Merger, dan Akuisisi
Apa itu Kartel? Apa Dampak bagi Perekonomian?
Apa itu Pertemuan Tahunan IMF? Apa Manfaat Pertemuan IMF?
Apa itu Perang Dagang? Berikut Pengaruh Perang Dagang!


Bagikan Ke Teman Anda