Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Syarat Membuat ATM BNI dan Jenis ATM-nya

#ATM #ATM BNI

Penggunaan ATM dan fasilitas bank lainnya sudah bukan menjadi hal yang asing lagi saat ini. Adanya layanan perbankan memang memudahkan kita dalam melakukan transaski keuangan, salah satunya dari bank BNI. Bank yang sudah berdiri sejak 5 Juli 1946 ini menyediakan berbagai jenis tabungan dan kartu ATM untuk memenuhi kebutuhan para nasabahnya. Pada pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai ATM BNI, mulai dari jenisnya hingga cara pembuatannya.

Jenis ATM BNI

Sebelum Anda memilih akan menggunakan kartu ATM BNI yang jenis apa, Anda akan diberikan pilihan mengenai jenis tabungan atau rekening yang akan dibuat. BNI memang menyediakan berbagai jenis tabungan berdasarkan kategori atau tujuan transaksi. Mulai dari rekening BNI Taplus, simpanan untuk pelajar dan anak, tabungan haji, rekening Taplus Bisnis, hingga rekening BNI Dollar untuk menyimpan dalam mata uang asing.

Setelah itu, baru petugas bank akan memberikan Anda pilihan mengenai jenis kartu ATM yang akan digunakan. Ada tiga jenis kartu ATM yang disediakan oleh BNI, dan terbagi berdasarkan limit transaksi serta biaya bulanan masing-masing kartu. Berikut adalah jenis-jenis kartu ATM yang dikeluarkan oleh BNI:

1. Kartu ATM BNI Silver

Kartu ATM Silver dari BNI ini adalah yang memiliki biaya bulanan paling sedikit, namun juga memiliki batas limit yang lebih sedikit juga dibanding kartu lainnya. Jika Anda menggunakan kartu Silver ini, Anda hanya perlu membayar biaya bulanan Rp 2.000. Sedangkan untuk tarik tunai di ATM, Anda hanya dapat mengambil maksimal Rp 5.000.000 per-hari.

Untuk transfer sesama BNI, limit dari kartu Silver ini adalah Rp 50.000.000 dan transfer antar bank Rp 10.000.000 per-harinya. Untuk penggunaan kartu ini di mesin EDC, Anda bisa menggunakan maksimal hingga Rp 10.000.000. Kartu ATM dari BNI juga bisa digunakan sebagai kartu debit dalam bertransaksi belanja, dengan limit Rp 10.000.000 dalam sehari.

2. Kartu ATM BNI Gold

Kartu ini memiliki biaya bulanan dan limit yang berada di posisi pertengahan, dimana lebih tinggi dari kartu Silver namun jumlahnya masih lebih rendah dibanding kartu Platinum. Biaya bulanan untuk kartu ATM BNI Gold adalah Rp 7.500 dengan limit tarik tunai ATM per-hari adalah Rp 10.000.000. Sedangkan untuk transaksi belanja sebagai kartu debit atau penggunaan mesin EDC, limit dari kartu Gold ini adalah Rp 50.000.000 per-hari.

Untuk transfer uang sendiri, Anda akan dikenakan limit hingga Rp 100.000.000 jika melakukan transfer ke sesama nasabah BNI. Namun jika transfer dilakukan ke rekening dari bank lain atau antar bank, limitnya lebih kecil yaitu hanya Rp 15.000.000. Limit dari kartu ATM BNI ini diberlakukan secara harian, sehingga Anda masih bisa melakukan transaksi lagi jika telah melewati limit di hari berikutnya terhitung sejak pukul 00.00.

3. Kartu ATM BNI Platinum

Kartu ATM dari BNI yang terakhir adalah kartu Platinum, yang memiliki biaya bulanan paling tinggi yaitu Rp 10.000. Limit transaksi yang diberlakukan pada kartu Platinum ini tentunya lebih tinggi dibanding dua kartu sebelumnya. Untuk transaksi tarik tunai di ATM, Anda bisa mengambil hingga maksimal Rp 10.000.000 dalam sehari.

Sedangkan untuk transaksi dengan menggunakan mesin EDC dan transaksi belanja lainnya, kartu Platinum ini memiliki limit hingga Rp 100.000.000. Anda bisa menggunakan limit tersebut saat menggunakan kartu ATM Platinum ini sebagai kartu debit dalam membayar transaksi. Dan untuk transaksi transfer sendiri, kartu ini memiliki limit hingga Rp 100.000.000 untuk transfer sesama BNI dan Rp 25.000.000 untuk transfer antar bank.
Syarat Membuat ATM BNI

Setelah mengetahui apa saja jenis kartu ATM yang dikeluarkan oleh BNI, selanjutnya kita akan mengulas mengenai cara dan syarat pembuatan kartu ATM. Pada dasarnya, kartu ATM bisa didapat oleh nasabah jika kita membuka rekening tabungan di BNI. Kartu ATM itu bisa digunakan untuk bertransaksi melalui mesin ATM tanpa harus ke bank, juga berfungsi sebagai kartu debit untuk pembayaran transaksi.

Berikut adalah beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk membuat ATM BNI:

1. Usia

Tidak ada batasan usia dalam membuat rekening tabungan di BNI, dimana anak mulai dari 0 tahun pun sudah bisa dibukakan tabungan atas nama mereka. Ada beberapa tabungan yang bisa dibuka untuk anak seperti BNI Taplus Muda dan BNI Taplus Anak. Namun tentu saja bagi anak atau mereka yang berusia dibawah 17 tahun, harus ada persetujuan tertulis dari orangtua untuk membuka rekening. Orangtua pun bisa mengawasi transaksi yang dilakukan oleh anak dengan adanya notifikasi melalui pesan singkat.

2. Dokumen

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dokumen yang harus disiapkan sebagai bukti dari identitas calon nasabah pembuat rekening tabungan. Dokumen utama yang harus disiapkan adalah KTP untuk WNI, sedangkan untuk WNA perlu menyiapkan paspor dan KIMS/KITAS/KITAP. Bagi calon nasabah yang berusia dibawah 17 tahun, biasanya untuk rekening Taplus Muda, perlu melampirkan fotocopy akte kelahiran, kartu pelajar, atau paspor. Selain itu, calon nasabah dibawah 17 tahun juga harus melampirkan fotocopy identitas diri orangtua, serta formulir pembukaan rekening yang ditandatangani oleh orangtua.

3. Setoran Awal

Setoran awal untuk rekening tabungan BNI berbeda-beda tergantung jenis rekening yang dipilih, namun sudah bisa dimulai dari Rp 100.000. Jumlah ini berlaku bagi rekening tabungan BNI Taplus Muda dan BNI Taplus Anak. Sedangkan untuk rekening BNI Taplus sendiri yang banyak digunakan orang, mengharuskan setoran awal Rp 500.000 untuk wilayah Jabodetabek dan Rp 250.000 untuk luar Jabodetabek.

Demikianlah pembahasan mengenai ATM BNI dan apa saja yang menjadi syarat dalam membuatnya. Seperti halnya produk perbankan lain, penggunaan kartu ATM perlu dilakukan dengan bijak agar tidak menghabiskan uang dan membuat keuangan berantakan. Pada dasarnya fasilitas perbankan dibuat untuk membantu dan mempermudah urusan kita, maka jangan sampai malah menyusahkan di kemudian hari. Semoga informasi ini bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang syarat membuat ATM BNI dan jenis ATM-nya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Ragam Kartu ATM BRI dan Syarat Pembuatannya
Mendapat Uang Palsu di ATM? Apa yang Harus Dilakukan?
Apa Fungsi ATM Sebenarnya?
Ini Dia Jenis ATM Mandiri & Syarat Membuat ATM Mandiri
Syarat Membuat ATM Bank BCA dan Jenis Tabungan di BCA
Contoh Modus Penipuan dengan ATM dan Mandiri E-CASH
Kalau Lupa PIN ATM? Ini Solusi & Tip Memilih PIN ATM
Cara Kerja Modus Ganjal ATM, Waspadalah! Waspadalah!
Contoh Modus Kasus Penipuan ATM yang Masih Marak
Kalau ATM Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?


Bagikan Ke Teman Anda