Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Terlambat Bayar Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit bukan hanya soal kemudahan dalam membelanjakannya saja, namun juga menuntut pengguna untuk selalu tepat waktu dalam membayarkan setiap tagihan yang muncul setiap bulannya. Membayar tagihan tepat waktu selain menghilangkan rasa khawatir juga akan mengurangi resiko dikenakannya biaya – biaya tambahan lainnya yang mungkin akan dibebankan setiap bulannya, misalnya saja jika pengguna terlambat membayarkan tagihannya.

Konsekuensi jika terjadi keterlambatan

Setiap pengguna kartu kredit akan menerima lembar tagihan yang akan dikirimkan oleh pihak Bank penerbit setiap bulannya beserta tanggal jatuh tempo pembayaran. Dan biasanya, pengguna kartu kredit diberikan jatuh tempo pembayaran setidaknya minimal 10 hari setelah lembar tagihan dicetak diterima. Hal ini memungkinkan untuk melakukan pembayaran tanpa harus terlambat. Namun jika pengguna masih saja mengalami keterlambatan pembayaran melebihi batas jatuh tempo maka akan dikenakan Late Charge Fee.

Late Charge Fee sendiri merupakan biaya atau denda yang ditetapkan pihak Bank atas keterlambatan pembayaran dan besarannya pun telah ditetapkan oleh Bank Indonesia. Yakni sebesar 3 % dari seluruh jumlah tagihan pada bulan tersebut, namun tidak boleh melebihi dari Rp 150.000. Karena besaran denda yang dikenakan cukup besar, maka seharusnya pengguna akan berpikir ulang jika ingin melewatkan pembayaran tagihan kartu kredit.

Penyebab keterlambatan

Keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit bisa saja terjadi pada setiap penggunanya, dan tentu ada hal yang mendasarinya. Berikut beberapa alasan yang sering membuat pengguna mengalami keterlambatan membayar tagihan katu kredit.

  • Kurangnya komitmen

Keteterlambatan pembayaran terjadi bisa karena seorang pengguna kartu kredit kurang memiliki komitmen dan suka menyepelekannya. Karena masih merasa dalam waktu tenggang dan belum sampai tanggal jatuh tempo. Bila seorang pengguna memiliki komitmen, tentu ia tidak akan menganggap enteng sebuah tagihan dan menunda untk membayar.

  • Terjadi hal tidak terduga

Terkadang ada suatu sebab yang bisa membuat pengguna kartu kredit bisa mengalami keterlambatan, salah satunya karena ada sebab tidak terduga misalnya kecelakaan atau pun terkena PHK. Namun meskipun demikian seorang pengguna kartu kredit tetap diharuskan melakukan pembayaran sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

  • Lembar tagihan terlambat diterima

Pengiriman lembar tagihan oleh Bank penerbit biasanya telah disesuaikan dengan apa yang telah dipilih oleh pengguna di waktu pertama mengajukan aplikasi. Baik cara pengiriman dengan pos, email maupun dengan cara lainnya serta alamat tujuan pengiriman lembar tagihan. Namun karena sesuatu hal bisa saja lembar tagihan terlambat diterima oleh pengguna, meskipun demikian tetap saja waktu pembayaran setiap bulan tidak berubah dan sebelum tagihan kartu kredit muncul pengguna bisa melakukan pembayaran demi terhindar dari keterlambatan.

  • Pahami cara pembayaran

Membayar tagihan kartu kredit bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni dengan transfer melalui ATM, autodebet, tunai, melalui teller, bilyet giro atau cek maupun pembayaran dengan metode lainnya yang disediakan oleh Bank. Yang perlu diingat ialah, pembayaran tersebut tentunya akan membutuhkan waktu paling tidak selama satu hari agar pembayaran dicatat dan dibukukan oleh pihak Bank.

Meski banyak hal yang bisa menyebabkan seorang pengguna kartu kredit terlambat membayar tagihan, namun bukan berarti hal ini menjadi sebuah alasan yang bisa diterima. Karena membayarkan tagihan kartu kredit adalah kewajiban sesuai dengan kesepakatan yang telah ditanda tangani sewaktu mengajukan aplikasi kartu kredit baru.

Solusi agar tidak terlambat

Saat keterlambatan pembayaran terjadi tentu hal ini akan memberatkan pengguna kartu kredit karena adanya biaya keterlambatan yang turut disertakan. Namun hal ini merupakan cara untuk mendisiplinkan setian pengguna agar mampu berkomitmen dengan setiap kewajibannya. Ada beberapa solusi yang bisa diterapkan agar pembayaran tagihan tidak sampai terlambat lagi dan lagi, berikut diantaranya.

1. Disiplin membayar tepat waktu

Meski terkadang timbul godaan untuk membayar tagihan kartu kredit di saat – saat terakhir dan hampir masuk tanggal jatuh tempo, namun perhatikan resiko yang mungkin bisa timbul bila terjadi keterlambatan, misalnya terkena denda. Dengan disiplin membayar tagihan kartu kredit setiap bulannya sesuai dengan jadwal, tentunya bisa meminimalkan denda keterlambatan yang mungkin akan dikenakan oleh pihak bank. Karenanya membayar tagihan secara disiplin dan tepat waktu adalah sebuah keharusan.

2. Perhatikan semua tagihan yang harus dibayarkan

Saat membayar tagihan, selalu perhatikan setiap poin dalam lembar tagihan dan cermati dalam pembayarannya jangan sampai ada yang terlewatkan. Sebab nominal yang terlewat bisa saja dianggap sebagai tunggakan yang nantinya akan turut diberlakukan bunga majemuk yang tentu isa menambah biaya lainya lagi.

3. Atur jadwal tetap

Dengan megatur jadwal pembayaran kartu kredit secara tetap, pengguna akan sangat mungkin tidak mengalami keterlambatan. Karena pengguna akan berlatih disiplin dengan komitmen pembayaran. Dan oleh sebab itu atur jadwal pembayaran agar tidak terlalu dekat dengan tanggal jatuh tempo.

4. Atur penerimaan lembar tagihan

Bila biasanya lembar tagihan dikirimkan pada pengguna kartu kredit akan memakan sedikit waktu dan bisa saja tidak tepat waktu dan bahkan terlambat diterima. Namun lain bila pengguna menggunakan kemudahan dengan email, selain bebas biaya, juga akan lebih cepat sampai dan tepat waktu. Sehingga pengguna dapat segera melunasi pembayaran.

Terlambat membayar kartu kredit sesungguhnya bisa dihindari bila seorang pengguna kartu kredit mengetahui setiap resiko yang mungkin ditimbulkan. Namun terlepas dari ha tersebut, mengatur keuangan merupakan jalan utama agar tidak terjadi masalah keterlambatan. Perhatikan pemasukan yang didapat dengan setiap transaksi yang digunakan menggunakan kartu kredit agar setiap pengeluaran bisa dikendalikan tanpa adanya masalah. Karenanya selalu cermati dan kontrol keuangan yang dimiliki. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel akibat terlambat membayar kartu kredit, semoga bermanfaat bagi pembaca.



Dimana Jasa Pembuatan Kartu Kredit?
Bijak dalam Menggunakan Kartu Kredit
Langkah Awal Mengatasi Kartu Kredit Dibobol
Tip Aman Bertransaksi Kartu Kredit di Luar Negeri
Biaya Surcharge Apakah Ilegal?
Mengajukan Keringanan Kartu Kredit
Transaksi dengan VCC (Virtual Credit Card) dan VCN (Virtual Credit Number)
Waspadai Kejahatan terhadap Pengguna Kartu Kredit!
Apa Yang Biasanya Dilakukan Bank, Bila Ada Kredit Macet?
Orang Kaya Memakai Kartu Kredit? Kenapa Tidak Bayar Tunai?


Bagikan Ke Teman Anda