Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Agar Bebas Bunga Setelah Belanja Pakai Kartu Kredit

Bunga kartu kredit jelas akan ditambahkan dalam tagihan Anda kapan pun Anda menyisakan hutang pembayaran dari bulan sebelumnya ke bulan selanjutnya. Menjaga agar kartu kredit Anda bebas dari bunga setelah berbelanja sebenarnya bukanlah hal yang rumit. Anda hanya membutuhkan perhatian serta kontrol diri yang besar. Kami akan berikan tips agar Anda terbebas dari bunga kartu kredit setelah belanja atau paling tidak, menurunkan biaya yang harus Anda bayarkan bila memang Anda terkena bunga.

Mengapa menghindari membayar bunga?

Sisi buruk membayar bunga kartu kredit adalah Anda akan berakhir membayarkan jumlah yang lebih banyak dari yang sejatinya Anda pinjam. Hal ini karena kepemilikan kartu kredit tidak membutuhkan jaminan dan inilah cara Anda untuk me-reward bank pemberi kredit yang telah meminjamkan uang mereka pada Anda.

Membayar bunga dalam jumlah yang besar juga berarti membut Anda akan memiliki lebih sedikit uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tujuan dan stabilitas finansial Anda. Semakin tinggi suku dasar bunga, semakin panjang waktu yang Anda butuhkan untuk melunasi hutang dan semakin banyak pula bunga yang harus Anda bayarkan secara keseluruhan. Kurangi jumlah bunga yang harus Anda bayarkan pada kartu kredit dan Anda akan dapat menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya yang lebih bermanfaat.

Bagaimana agar terbebas bunga kartu kredit?

  • Bayar sebelum jatuh tempo

Inilah cari yang paling mendasar, sederhana, dan utama. Anda dapat membebaskan diri dari bunga dengan membayarkan hutang Anda secara penuh setiap bulannya sebelum jatuh tempo berakhir, masa ini disebut dengan grace period. Tenggang waktunya biasanya berkisar antara 20-40 hari, tergantung kebijakan setiap bank pemberi kredit. Bank pemberi kartu kredit Anda harus mengirim lembar tagihan lebih awal agar Anda dapat memiliki waktu untuk memanfaatkan masa kelonggaran ini. Bayarkan tagihan secara penuh sebelum jatuh tempo yang tertera pada lembar tagihan tersebut dan Anda akan terbebas dari bunga.

  • Jangan bayar batas minimun

Pada lembar tagihan kartu kredit, selain jumlah tagihan yang harus Anda bayarkan, tertera pula pembayaran minimum sebesar 10% dari jumlah tagihan yang dapat Anda berikan sebelum tanggal jatuh tempo agar tidak didenda oleh bank. Namun Anda wajib tahu bahwa pembayaran minimum ini akan dikenakan bunga yang besarnya dapat mencapai 4%. Cukup tinggi, bukan?

Membayar jumlah minimum memang dapat meringankan beban dan menjadi solusi sementara agar tidak mendapat denda dari bank. Dan pada kebanyakan orang, sistem ini memang membantu apabila Anda sedang memiliki masalah temporer dalam keuangan sehingga belum dapat melunasi tagihan. Namun bila Anda terbiasa melakukannya, catatan kredit Anda pun akan jelek karena terbiasa menunggak. Maka hindarilah kebiasaan yang satu ini.

  • Jangan tunda untuk melunasi

Berkaitan dengan poin sebelumnya, cobalah untuk menghindar membayar tagihan kartu kredit dalam jumlah minimum karena sisa hutang Anda yang 90% tadi pun akan dibebankan pada tagihan bulan berikutnya dan juga akan dikenai bunga. Sehingga nilai yang harus Anda bayarkan akan semakin besar.

Solusi terbaik yang dapat kami anjurkan adalah jangan menunda-nunda pelunasan pembayaran tagihan dan bayarkan hutang Anda sesegera mungkin. Anda memang tidak akan terbebas sepenuhnya dari bunga, tapi paling tidak dengan melunasi sedini mungkin, tagihan Anda tidak akan menumpuk dan Anda tidak akan terbebani dengan jumlah total yang harus Anda bayarkan nantinya yang pasti membengkak seiring dengan berjalannya waktu.

  • Cari promo kartu kredit Anda

Selalu cari tahu di merchant manakah yang sedang mengadakan promo sesuai dengan kartu kredit yang Anda pegang. Beberapa bank bekerja sama dengan supermarket-supermarket besar di Indonesia untuk memberikan diskon khusus atau cash back bagi pemegang kartu kredit tertentu. Yang paling menguntungkan adalah promo cicilan dengan bunga 0%. Anda pasti akan amat terbantu dengan promo semacam ini. Namun ingat, manfaatkan promo ini dengan bijak dan selalu sesuaikan pembelanjaan dengan kemampuan bayar Anda. Jangan sampai Anda kembali berakhir dengan besar pasak dari pada tiang.

  • Tentukan budget belanja bulanan

Bagi Anda yang menggunakan kartu kredit sebagai satu-satunya alat pembayaran saat belanja, Anda harus waspada. Bisa jadi Anda tidak sadar bahwa sudah berbelanja di luar anggaran dan ketika tagihan kartu kredit Anda tiba, Anda tidak sanggup membayar hutang tersebut secara penuh di bulan yang sama. Mulailah untuk menyusun rencana agar tujuan finansial Anda tercapai. Hal ini termasuk menerima tagihan kartu kredit hanya sejumlah yang mampu Anda bayarkan setiap bulannya. Batasi penggunaan kartu kredit Anda, tentukan budget sesuai dengan pemasukan bulanan Anda untuk mengevaluasi apa saja dan berapa yang sanggup Anda bayarkan setiap bulannya, serta prioritaskan apa yang memang

Memiliki kartu kredit merupakan bentuk tanggung jawab finansial yang besar dan bila Anda dapat mengelola keuangan dengan baik, Anda dapat terbebas dari jeratan bunga dan justru tertolong dengan keberadaan alat pembayaran satu ini. Semoga tips di atas bermanfaat dan Anda dapat menggunakan kartu kredit dengan lebih bijaksana.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips agar bebas bunga setelah belanja pakai kartu kredit, semoga bermanfaat.

 



Mengajukan Keringanan Kartu Kredit
Kartu Kredit dengan Fasilitas Lounge di Bandara Soekarno Hatta
Cara Aman Memakai Kartu Kredit Di Pusat Perbelanjaan
Tip Belanja Lebaran dengan Kartu Kredit
Perlindungan Nasabah Kartu Kredit
Kartu Kredit Tertelan Mesin ATM?
Apa Penyebab Umum Kredit Macet?
Kapan Melakukan Tarik Tunai Kartu Kredit?
Tipe Kartu Kredit untuk Pengusaha
Bolehkah Transaksi Menggunakan Kartu Kredit Orang Lain?


Bagikan Ke Teman Anda