Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Agar Semakin Dewasa Keuangannya

Menjadi dewasa bukan hanya soal usia saja, namun perilakunya pun juga harus mencerminkan sebuah tindakan kedewasaan. Termasuk bertanggung jawab pada diri sendiri dalam mengelola keuangannya. Karenanya menjadi seorang yang dewasa bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan karena menuntut tanggung jawab yang tak main-main.

Meski memang di usia ini anda mungkin sudah bisa menghasilkan uang sendiri tanpa bergantung lagi pada orang tua, namun tak ada salahnya bukan bila mendengar nasihat orang tua. Apalagi orang tua telah lebih dulu merasakan pahit getir kehidupan yang mungkin anda belum sampai ke tahap itu. Karena dewasa identik dengan seseorang yang bijak, dalam segala hal apa lagi bila menyangkut soal mengatur keuangan. Lalu, apakah anda sudah bertindak dewasa dengan uang yang anda miliki?

Pahami beberapa hal ini agar anda menjadi lebih dewasa dalam mengatur keuangan anda.

Jangan Suka Telat Bayar Tagihan

Memiliki kartu kredit memang memberikan prestige yang luar biasa, dan mampu meningkatkan image anda sebagai seorang yang profesional dan bergaya tentunya.  Namun berbeda dengan kartu debit, saat anda memiliki kartu kredit berarti juga harus siap dengan tanggung jawab yang menyertainya.

Secara tidak langsung ada sebuah kewajiban yang menuntut kedisiplinan yang tinggi untuk memastikan tagihan dibayar tepat waktu setiap bulannya.
Jika tidak, maka anda harus bersiap dengan denda keterlambatan dengan nilai yang pasti bisa bikin anda pusing tujuh keliling. Jangan pula terkecoh dengan kemudahan tentang “minimum payment” karena hal tersebut hanyalah omong kosong belaka.

Mengapa begitu? Sebab, saat anda membayar tagihan dengan minimum payment maka jumlah tagihan sisa bulan ini kemudian akan diakumulasikan dengan bunga dan ditagihkan bersama tagihan di bulan berikutnya sehingga bulan depan anda akan menerima tagihan dobel. Yakni tagihan sisa bulan lalu karena anda melakukan minimum payment dan tagihan bulan selanjutnya, ditambah bunga dari tagihan sisa bulan lalu. Hmm, pusing bukan?

Karena itu, jika tidak ingin pusing dengan bunga kartu kredit, maka anda harus membayar setiap rupiah yang tertera pada lembar tagihannya dan jangan melewatkannya sedikit pun.

Jangan Lupa Menabung

Siapa sih yang tak ingin punya banyak uang? Rasa-rasanya semuanya membutuhkan uang, karena uang bisa membuat anda mendapatkan apa yang diinginkan. Itulah sebabnya mengapa kita harus berkerja untuk bisa mendapatkannya. Namun apa gunanya memiliki banyak uang bila tak bisa mengelolanya, dan hanya menghambur-hamburkannya untuk hal yang kurang penting?

Disinilah peran sebuah kedewasaan diperlukan. Jika anda mengaku dewasa, tentu harus bisa mempergunakan uang dengan bijak. Karena uang bisa saja habis dalam sekejab mata tak bersisa jika tak pandai mengelolanya.
Memiliki uang tunai memang perlu tapi akan lebih baik lagi bila menginvestasikan atau menabungnya agar keuangan menjadi semakin aman dan kerja keras anda selama bekerja pun juga tidak percuma.

Setidaknya milikilah tabungan maupun investasi mulai dari sekarang untuk memberikan rasa aman di saat-saat tidak terduga, karena tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi nanti.

Jangan Malas Berusaha

Bermalas-malasan dan mengharapkan bantuan dari orang lain memang mudah dilakukan. Dan hanya orang malas yang bisa dengan mudah mengatakan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaiki atau pun mengubah kondisi keuangannya.

Tahukah anda? Bila sesungguhnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi keuangan yang tidak terkontrol. Dimana pengeluaran seringkali lebih besar dari penghasilan yang didapat. Seiring meningkatnya harga – harga kebutuhan pokok akhir-akhir ini tentu sangat sulit jika harus melakukaan penghematan dan memangkas biaya hidup. Kalau pun bisa, tentu butuh pengorbanan yang luar biasa untuk bisa melakukannya.

Namun ada hal lain yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya ketimbang hanya mengeluh saja meratapi nasib. Salah satunya dengan melakukan pekerjaan sampingan disamping pekrjaan tetap yang anda jalani, supaya anda memiliki penghasilan lebih. Misalnya dengan bekerja paruh waktu menjadi guru privat, berbisnis online, menjual jasa dan banyak kegiatan lain sesuai dengan keahlian yang anda miliki. Tak ada salahnya mulai melakukan pekerjaan sampingan asal halal dan bukan hal yang bertentangan dengan hukum.

Jangan menunggu ada hal buruk untuk mulai melakukan sesuatu yang baik, begitu pun dengan mengelola keuangan. Jangan tunggu hingga terlilit hutang baru mau berusaha lebih. Pekerjaan tambahan pun jika digeluti dengan setulus hati dan maksimal tentu akan memberikan hasil yang luar biasa. Karena usaha tak pernah membohongi hasil, jadi mulailah dari sekarang jangan tunda lebih lama lagi.

Jangan Seperti Anak-anak

Anak-anak memang tak pernah berikir panjang soal uang jajannya, bila habis ia akan minta lagi pada orang tuanya. Namun urusannya akan lain bila ia sudah dewasa. Sebab, saat dewasa tentu anda tak mungkin lagi leluasa meminta uang jajan pada orang tua, apalagi bila sudah bekerja dan berkeluarga.

Jika setelah berumah tangga anda tetap berprilaku konssumtif seperti saat masih kanak-kanak, tentu masalah akan dengan segera menghaampiri.
Misalnya saat masuk ke sebuah mall, jika anda masih saja kalap melihat pajangan etalase, dan gatal ingin membelinya. Maka anda belum benar – benar dewasa. Memang, hidup sederhana bukan perkara yang mudah dilakukan.

Namun demi sebuah kemapanan finansial di masa mendatang, hidup sederhana dan berhemat bukanlah sesuatu yang buruk.
Karena hidup sederhana bukan berarti harus menyiksa diri, namun lebih memprioritaskan kebutuhan dan bukan hanya memenuhi keinginan semata. Bila hal ini mampu dilakukan, kehidupan finansial anda akan benar – benar menjadi dewasa.

Dewasa secara ekonomi dan finansial merupakan keinginan setiap orang, masalahnya terkadang hal ini hanya mudah diucapkan saja. Tapi, jika anda memiliki tekad sejatinya tak ada yang tak mungkin. Dan sekarang hanya anda yang bisa merubah diri anda bukan orang lain. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip agar semakin dewasa keuangannya, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Barang Mahal yang Layak Dibeli
Kesalahan Pola Asuh Anak Mengenai Keuangan yang Mungkin Anda Lakukan
6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
Tipe Orang yang Akan Gagal Mengelola Uang
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya
Apa itu Tabungan Jenius? Review Tabungan Jenius
Daftar Kata-kata Bijak Tentang Keuangan
7 Tip Perencanaan Keuangan Pribadi dan Investasi
Tip Keuangan untuk Kamu yang Baru Lulus dari SMA


Bagikan Ke Teman Anda