Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri akan Kemampuan Sendiri

Kepercayaan diri, tidak jarang kita mendengar mengenai kepercayaan diri. Kepercayaan diri adalah yakin akan kemampuan yang dimiliki diri sendiri.

Kepercayaan diri ini terbentuk mulai dari manusia masih kecil. Masalah dalam kepercayaan diri sendiri biasanya timbul karena merasa gagal, merasa tidak layak, merasa tidak memiliki apa-apa. Tidak dipungkiri, terkadang kepercayaan diri sendiri jatuh karena sebuah ucapan dari orang terdekat yang sudah me-lebel orang tersebut. Sehingga mereka bertanya kepada diri mereka “Apakah yang dikatakan orang tersebut tentang saya itu benar?”

Padahal kepercayaan diri sangat di perlukan, dalam pekerjaan, mencari pasangan hidup. Tanpa adanya kepercayaan diri, anda tidak akan mendapatkan pekerjaan yang terbaik. Semua bidang pekerjaan pasti membutuhkan kepercayaan diri di dalamnya.

Contohnya saja, koki, jika koki tidak memiliki kepercayaan diri, maka ia akan memasak dengan takut. Takut mencampur bumbu karena takut salah.  Apalagi jika bidang anda adalah di depan panggung seperti Public Speaking, Master Ceremony, dan Host. Maka kepercayaan diri adalah yang utama dalam pekerjaan anda

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai tips dan cara bagaimana kita dapat menjadi seorang yang percaya diri.

Berikut merupakan langkah dan caranya;

1. Mengurangi Bermain Sosial Media

Sosial media adalah salah satu dalang keminderan kita. Mengapa? Sebab sosial media selalu menampilkan sesuatu yang lebih indah dari standar kita. Ada 1 quotes berkata; “Orang yang sering Selfie adalah orang yang paling tidak percaya diri.” Seharusnya kalimat ini berarti kebalikannya.

Bukankah orang yang selfie dan upload ke sosial media adalah orang yang percaya pada dirinya? Namun tidak begitu adanya, coba anda bertanya, apa tujuan mereka me-mamerkan ke sosial media? Alasan dan pemikiran yang logis adalah karena mereka mencari pengakuan. Pengakuan dari setiap pengikut sosial media mereka. Tidak sedikit foto yang mereka unggah adalah hasil dari editing. Apakah hal tersebut kita bisa simpulkan jika mereka Percaya diri?.

2. Seleksi Perkataan Orang

Dalam kehidupan, tidak semua orang akan merasa cocok dengan kita. Akan ada beberapa orang yang merasa kita tidak sependapat. Tidak hanya mengenai pendapat, namun bisa jadi mengenai perilaku dan prinsip. Maka dari itu akan ada orang-orang yang memang ada dalam kehidupan kita untuk membangun kehidupan kita, jangan lupa, pasti ada orang sebaliknya, ia akan menjadi haters kita.

Pada konteks kali ini, seleksi dan lihat, mana orang-orang yang datang untuk membangun anda dan mana yang datang untuk menjatuhkan anda.

Dengarkan kritik, pesan dan pujian pada orang yang membangun anda. Namun saring untuk setiap orang yang berusaha menjatuhkan kita, walau di dalamnya terdapat pujian. Karena dari mulut yang sama ia bisa mengatakan hal yang 180 derajat berbeda dengan perkataannya di depan anda.

3. Bergaul dengan Orang-orang yang Percaya Diri

Tidak dipungkiri, pergaulan adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan kita. Manusia adalah makhluk sosial, pasti banyak interaksi dan bergaul dengan orang lain.

Dari sini kita sering sekali melihat seorang anak pada pendidikan. Anak yang rajin dan pintar berkumpul dengan anak yang rajin dan pintar pula. Jika ada salah satu dari teman mereka yang kurang dalam pelajaran, maka dalam proses berjalannya waktu, maka ia akan menjadi orang yang serupa dengan anak-anak pintar tersebut.

Pilihlah pergaulan dengan orang di dalamnya percaya diri niscahya anda akan tertular dan belajar untuk lebih percaya diri, karena anda akan belajar dari pola pikir mereka.

4. Bersyukur Atas Dirimu Sendiri

Mengucapkan terima kasih kepada pencipta anda. Dan ketahuilah setiap orang diciptakan dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing, jika memang anda tidak bisa dalam 1 bagian dan teman anda bisa. Jangan pesimis, itu berarti ada kelebihan lain yang anda punya bahkan teman anda tidak miliki.

Jangan pernah berpikir rendah pada diri anda, jangan berpikir anda tidak bisa apa-apa, anda tidak memiliki apa-apa. Lihat pada apa yang anda bisa lakukan, dan ingat, bahkan ada orang lain mungkin anda tidak mengenal yang ingin memiliki kemampuan yang anda miliki. Ia juga berharap memiliki kemampuan tersebut. Bersyukur dan lihat kelebihan dalam dirimu, dan kembangkan!

5. Berjalan dengan Tegak

Salah satu gambaran tidak percaya diri adalah berjalan menunduk dan bahu yang turun. Itu benar terjadi adanya. Ada beberapa orang yang terlihat dari cara berjalan, menatap orang, bahwa dia adalah orang yang tidak percaya diri.

Belajar dan mencoba berjalan menatap apa yang di depan anda, jangan menunduk melihat lantai, angkat bahu.

Jangan merasa tidak bisa sebelum mencoba, jangan merasa gagal ketika anda mencoba namun salah. Karena satu-satunya guru terbaik adalah kesalahan yang pernah kita perbuat. Coba lagi hingga anda berhasil!

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuan sendiri, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Meningkatkan Kepercayaan Diri
Pentingnya Disiplin dalam Hidup
Kiat Jitu Reparasi Diri dan Meningkatkan Kemampuan Diri
Anda Seorang Book Smart atau Street Smart?
Apa itu Keunggulan Komparatif?
Mengenal Karakteristik Orang dengan Mental Kuat
Cara agar Berani Public Speaking
Hidup Pengen Berkembang, Ikuti Teknik Berikut
Skill Penting Wajib Dikuasai agar Sukses
Bagaimana Menjadi Orang Beruntung?


Bagikan Ke Teman Anda