Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tip Menjual Mobil Agar Cepat Laku

Menjadi penjual mobil atau car salesman tidak hanya tentang menjual sebuah mobil pada pelanggan, akan tetapi lebih kepada seni dan sains. Kepribadian, keaslian, penampilan dan kemampuan seorang penjual dalam membujuk semuanya berperan penting ketika bekerja di dealer mobil.

Biasanya, banyak orang yang datang ke dealer sudah memiliki persepsi negatif tentang penjual mobil dan sudah menjadi tugas penjual mobil untuk mengubah citra tersebut menjadi sesuatu yang lebih positif bagi setiap pelanggan.

Anda harus bisa memperlihatkan pada mereka jika anda sudah mengetahui apa yang anda bicarakan dan anda juga ingin mereka mendapatkan kesepakatan yang terbaik.

Untuk itu, sangatlah penting untuk mengetahui beberapa trik penjual mobil dalam menjual termasuk juga pada cara berinteraksi dan juga mengakhiri percakapan sehingga bisa membuat pelanggan puas dengan pengalaman tersebut dan tentunya ingin membeli mobil yang anda tawarkan.

1. Sapa Pelanggan Dengan Antusias

Ketika seorang pelanggan masuk ke dealer, maka segera dekati mereka dengan penuh keyakinan, baik dan juga hangat. Kesan pertama ini sangatlah penting agar pelanggan bisa merasa anda memiliki sikap autentik pada mereka. Temui pelanggan dengan ramah, sabar dan siap membantu mereka untuk menemukan mobil yang mereka cari.

  • Pendekatan awal: Mulailah berjalan ke pelanggan dan sapa mereka dengan cara berjabat tangan yang erat sambil tersenyum dan ajukan pertanyaan tentang jenis mobil yang sedang mereka cari.
  • Pendekatan sesudah jabat tangan: Anda bisa berjabat tangan dengan kuat sambil langsung menawarkan. Berikan juga kartu nama anda dan perkenalkan nama serta rincian kontak yang anda miliki. Perlihatkan juga meja anda dan berikan waktu mereka untuk berjalan berkeliling dan jika ada mobil yang disukai dan ingin bertanya, maka bisa menyarankan pelanggan untuk datang pada anda agar bisa dibantu.

2. Bangun Percakapan Ringan

Meski ini terkadang tidak disukai pelanggan yang kebetulan memang hanya ingin melihat lihat mobil di dealer anda, akan tetap memulai percakapan ringan dengan beberapa pelanggan sangat membantu untuk membangun hubungan dan membuat mereka bisa lebih nyaman sekaligus mempercayakan anda sebagai seorang penjual mobil.

  • Salah satu pengaruh besar dari membangun kepercayaan pelanggan adalah bisa memperlihatkan pada mereka jika anda tidak sekedar tertarik untuk menjual mobil pada mereka namun juga untuk membangun hubungan dengan para pelanggan.
  • Tanyakan juga pada mereka tentang pekerjaan, keluarga, minat dan sebagainya sekaligus menemukan kesamaan dengan mereka sehingga kepercayaan bisa dibangun lewat koneksi tersebut.
  • Pelanggan umumnya lebih menyukai berbicara tentang diri mereka sendiri dan akan merasa dihormati saat diberi kesempatan untuk didengar. Dengan ini, bahkan pelanggan anda mungkin saja merujuk anda ke keluarga atau teman mereka sehingga kesempatan menjual mobil juga semakin besar.

3. Tunjukkan Bahasa Tubuh Positif

Ketika anda sedang berbicara dengan pelanggan, maka bangun kontak mata dengan mereka sehingga tahu jika anda memang benar benar tertarik dengan yang pelanggan katakan. Gunakan bahasa tubuh yang ramah dan bersahabat sehingga pelanggan bisa merasa lebih nyaman.

Jadilah seseorang yang otentik: Jangan hanya memperlihatkan wajah gembira ketika menjual mobil, akan tetapi anda perlu memperlihatkan rasa peduli dan simpati pada para pelanggan.

Sebab, pelanggan juga mungkin akan mengetahui apakah anda tidak menyukai bagian pekerjaan yang butuh interaksi dengan pelanggan atau bahkan anda terlihat seperti memaksa dengan menyapa dan langsung menunjukkan mobil pada mereka. Hal yang harus anda lakukan adalah bersabar dan jangan memaksakan keputusan apa pun pada pelanggan.

4. Berikan Pertanyaan yang Baik

Sesudah anda menyapa pelanggan, maka berikan juga kesempatan pelanggan untuk menceritakan apa yang sedang mereka cari atau tentang rasa tidak yakin mereka dengan jenis mobil yang diinginkan.

  • Usahakan untuk tidak memberikan pertanyaan ya atau tidak atau pertanyaan yang terlalu luas jika anda tidak ingin pelanggan pergi dengan mudah. Beberapa hal yang tidak boleh anda tanyakan diantaranya adalah, “Bisakah saya membantu anda hari ini” atau “Bagaimana saya bisa membantu anda”.Dengan ini, pelanggan bisa dengan mudah menjawab saya hanya melihat lihat dan kemungkinan anda bisa kehilangan kesempatan untuk menjual mobil.
  • Cobalah untuk bertanya tentang pertanyaan yang lebih terarah seperti, “Apakah anda sedang mencari mobil sedan atau SUV?” atau “Jenis kendaraan apa yang bisa saya bantu untuk menemukannya hari ini”. Memang mungkin saja pelanggan masih tidak tertarik dengan bantuan anda.

Namun anda bisa memiliki kesempatan yang jauh lebih baik dalam menjaga perhatian mereka dan mengikuti anda ke ruang pameran. Ini juga memungkinkan pelanggan untuk berbagi pikiran mereka mengenai jenis mobil yang mereka cari dan anda bisa mencocokkan kebutuhan pelanggan dengan salah satu kendaraan yang anda tawarkan.

5. Cari Tahu Tentang Hal-hal Khusus

Sesudah anda menemukan jenis mobil yang dicari pelanggan, maka anda bisa mempersempit pencarian dengan bertanya lebih spesifik baik tentang ruang yang dibutuhkan, anggaran dan fitur khusus yang diinginkan pelanggan.

Anda mungkin memiliki bagian pekerjaan untuk menjual fitur tambahan seperti sistem navigasi, kursi yang bisa dipanaskan atau didinginkan, deteksi titik buta, garansi dan sebagainya. Menjual fitur tambahan tersebut pada pelanggan akan jauh lebih mudah jika anda juga belajar tentang apa yang dibutuhkan dan diinginkan para pelanggan.

6. Bicarakan Tentang Pertukaran

Anda juga bisa bertanya apakah pelanggan memiliki kendaraan yang ingin ditukar. Ada baiknya ini dilakukan sebelum anda mulai menunjukkan mobil baru pada pelanggan supaya anda bisa mengetahui motif pembelian dari pelanggan dan juga melihat apa yang mereka rasa kurang dalam sebuah mobil tua. Ini juga memungkinkan pelanggan agar bisa lebih santai ketika ingin mencari mobil yang baru karena mengetahui jika mobil lama mereka sudah diurus dengan baik.

Jelaskan juga jika manajer penjualan merupakan orang yang akan menilai mobil mereka dan tugas seorang manajer adalah untuk memberi kemungkinan kesepakatan terbaik untuk mobil pelanggan.

7. Buat Negosiasi

Anda mungkin juga harus melakukan negosiasi harga serta pembayaran dari kendaraan dengan sistem four square atau persegi empat. Ini merupakan sistem standar yang baik dan secara psikologi bisa membuat anda lebih mudah untuk mencari keuntungan. Hal yang harus anda ingat adalah penjual mobil bukan sekedar menjual mobil namun untuk memperoleh keuntungan dari mobil yang terjual. Sistem four square tersebut adalah:

  • Harga: Ini merupakan hal terakhir yang bisa anda diskusikan sebab setiap pergerakan dalam harga berarti akan lebih sedikit keuntungan yang anda dapatkan.
  • Pembayaran: Ini merupakan alat negosiasi utama dimana jika pembayaran lebih tinggi, maka semakin banyak keuntungan yang anda miliki.
  • Perdagangan: Ini bisa dijadikan alat manipulatif sebab setiap penurunan harga secara otomatis juga bisa meningkatkan nilai perdagangan tanpa harus membebani pelanggan untuk kendaraan yang diinginkan.
  • Cash down: Ini merupakan alat manipulatif lain sebab akan lebih banyak uang tunai yang akan secara alami menurunkan pembayaran.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tip menjual mobil agar cepat laku, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Mau Jadi Penjual Profesional? Berikut Ini Caranya!
Untuk Sales, Ini Tips Mengatasi Penolakan
7 Hal Penting untuk Diketahui oleh Penjual yang Profesional
Menjadi Penjual yang Baik Itu Mudah, Ikuti Hal-hal Berikut Ini
Mau Menjadi Salesman yang Bagus? Begini Tips Suksesnya!
Trik Menjual Mobil untuk Sales Mobil
Trik Psikologi yang Digunakan Supermarket untuk Menarik Pelanggan
Tip Sukses Membuat ‘Garage Sale’ Sendiri
Kesalahan dalam Membeli Mobil
Mengapa Orang Kaya Lebih Memilih Mobil Bekas?


Bagikan Ke Teman Anda