Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Agar Kredit Motor Disetujui

Saat ini kredit motor menjadi salah satu jenis kredit yang cukup marak diminati masyarakat. Pihak bank atau pun leasing kendaraan motor sepertinya berlomba lomba untuk membuat program kredit motor yang menarik dengan skema yang beragam. Anda bisa menjumpai kredit motor dengan uang muka yang rendah dan juga cicilan bulanan yang relatif rendah dengan tenor kredit yang lama. Kredit motor pun sering diidentikan sebagai kredit yang mudah dilakukan karena persyaratannya yang tidak sebanyak dan serumit jenis kredit lainnya. Meski begitu, tetap ada peluang kredit motor seseorang ditolak oleh pihak bank atau leasing. Agar terhindar dari penolakan ini, berikut adalah tips jitu agar kredit motor disetujui.

Riwayat Kredit Bersih

Sama seperti pengajuan kredit lainnya, kredit motor juga memiliki prasyarat riwayat kredit bersih. Sudah tentu pihak bank, dealer maupun leasing yang menyediakan fasilitas kredit motor menjadikan syarat riwayat kredit baik sebagai hal yang wajib dipenuhi calon debitur. Bila Anda hendak mengajukan kredit motor, pastikan Anda tidak memiliki histori kredit macet atau masalah dalam proses kredit sebelumnya. Perlu diingat bahwa riwayat kredit setiap orang akan tercatat oleh Bank Indonesia, sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda tidak masuk dalam daftar orang orang yang memiliki riwayat kredit buruk. Bila sebelumnya Anda mengajukan kredit lain dan masih memiliki hutang di Bank, ada baiknya Anda segera menyelesaikan kredit tersebut.

Bank atau leasing penyedia kredit motor pastinya akan memilih debitur yang bisa membayar cicilan per bulannya dengan lancar, oleh karena itu status bebas kredit macet harus Anda miliki sebelum mengajukan kredit motor. Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak memiliki masalah kredit atau hutang dengan dengan pihak leasing yang akan Anda ajukan kredit motor.

Penghasilan Tetap

Syarat penting lainnya yang harus dipenuhi calon debitur kredit motor adalah memiliki penghasilan bulanan yang tetap. Pihak bank maupun leasing pastinya hanya akan memberikan kredit pada orang yang bisa membayar cicilan bulanan kredit sesuai dengan penghasilan per bulannya. Penghasilan bulanan Anda harus cukup untuk membayarkan cicilan motor tiap bulannya. Pihak bank maupun leasing pastinya telah memiliki kebijakan dan hitungan tertentu tentang batas penghasilan yang harus dimiliki oleh calon debitur kredit motor.

Pada umumnya, bank mematok angka maksimal 30-40% dari penghasilan sebagai batasan maksimum cicilan per bulan yang bisa dibayarkan debitur. Bila cicilan motor Anda lebih dari 40% dari penghasilan bulanan Anda, kemungkinan pengajuan kredit motor Anda akan ditolak.

Selain itu bank juga akan melihat pengeluaran Anda tiap bulannya dan sisa kredit lain yang mungkin masih menjadi tanggungan. Kemudian pihak bank akan menganalisis apakah penghasilan Anda cukup untuk mengambil kredit motor. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit motor, pastikan Anda telah memperhitungkan kemampuan finansial Anda dan membuat rencana keuangan yang rinci agar kredit motor Anda disetujui dan bisa berjalan lancar.

Persiapkan Data Lengkap

Dalam mengajukan kredit motor, pihak pemberi kredit pastinya juga memberikan persyaratan kepada debitur untuk mengirimkan data data yang dibutuhkan. Data data ini dapat berupa aplikasi pengajuan kredit motor dan dokumen pendukung lainnya seperti bukti kepemilikan rumah, surat keterangan domisili, surat keterangan nikah, surat keterangan kerja dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa untuk kredit motor, Anda hanya bisa mengajukannya di domisili yang sesuai dengan KTP Anda. Artinya Anda hanya bisa membeli motor kredit di wilayah tempat Anda tinggal sesuai dengan alamat KTP Anda. Untuk itu, perlu diperhatikan kejelasan alamat yang Anda miliki. Lebih baik untuk memakai alamat yang tetap atau yang sudah ditempati setidaknya lebih dari tiga bulan. Selain keterangan kepemilikan rumah dan alamat yang jelas, Anda juga perlu menyertakan surat keterangan kerja dan slip gaji yang menunjukan bahwa Anda memiliki penghasilan yang tetap.

Bagi para freelancer atau wirausahawan yang tidak memiliki slip gaji, Anda bisa menyertakan rekening koran Anda sebagai dokumen yang menunjukan penghasilan bulanan Anda. Cobalah untuk jujur dan memberikan data yang sesuai dengan data pribadi Anda. Data data ini harus diperhatikan dengan detail dan dikirimkan secara lengkap agar kredit motor Anda bisa disetujui.

Pengajuan Kredit dengan Uang Muka Besar

Besar uang muka juga bisa menjadi penentu apakah kredit motor Anda disetujui atau tidak. Dengan membayar uang muka yang lebih besar, maka kemungkinan bagi kredit motor Anda untuk disetujui menjadi lebih besar pula. Bila Anda memberikan uang muka yang besar, artinya cicilan per bulan yang akan Anda tanggung bisa lebih rendah sehingga kemungkinan Anda untuk mampu membayar cicilan per bulan akan semakin besar. Meski sebenarnya besarnya uang muka dan cicilan per bulan ini merupakan kebijakan dari pihak pemberi kredit, tidak ada salahnya Anda memilih skema kredit dengan uang muka yang lebih besar bila memang Anda mampu

Tips lainnya yang harus Anda jalani adalah bersikap kooperatif dengan pihak pemberi kredit. Bank atau leasing motor pastinya akan memilih debitur yang bisa bekerjasama dan mudah untuk dihubungi. Jangan sampai ada kesan bahwa Anda mempersulit kerja dari bank atau leasing sehingga kredit motor Anda bisa ditolak, meskipun penghasilan Anda sebenarnya cukup besar. Yang jelas, perencanaan keuangan yang matang mutlak dibutuhkan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan kredit motor.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips agar kredit motor disetujui, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Akal Bulus Modus Perusahaan Pelunasan Kredit
Apakah Financial Technology (Fintech) itu dan Apa saja Produknya?
Apa Itu Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK)?
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Kredit Motor
Cara Menghadapi Debt Collector
Tips Jitu untuk Menghindari Kredit Motor Macet
Bolehkah Debt Collector Mengambil Motor Kredit Anda?
Inilah Alasan Bank Menolak Appraisal Rumah yang Diajukan Sebagai Agunan
Apa Itu PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang)?
Kredit Emas Batangan?


Bagikan Ke Teman Anda