Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Cepat Mengatur Keuangan yang Baik

Arus keuangan yang kita miliki seringkali mengalami ketidakseimbangan, karena kurangnya pengaturan yang baik serta pola hidup yang masih bersifat konsumtif. Padahal, jika kita mau sedikit saja mengatur keuangan yang masuk dan keluar, maka kita bisa memiliki uang simpanan yang kelak akan berguna untuk keperluan di masa mendatang. Dalam artikel kali ini akan dibahas bagaimana beberapa tips sederhana dapat membantu keuangan Anda menjadi lebih baik. tips berikut akan membantu Anda dalam mengarahkan keuangan untuk keperluan yang penting sehingga Anda dapat menikmati kondisi keuangan yang stabil di masa depan.

1. Periksa Pengeluaran Harian Anda

Kebanyakan orang berpikir keuangan menyusut karena mereka membeli sesuatu yang mahal atau besar. Padahal kenyataannya tidak demikian. Bahkan hal-hal kecil pun seringkali tanpa kita sadari dapat menyebabkan uang keluar begitu saja. Nah, agar keuangan dapat terkontrol kita perlu memeriksa kembali pengeluaran harian yang kita lakukan. Salah satu caranya adalah dengan membuat catatan khusus untuk mencatat setiap pengeluaran, bahkan untuk membeli benda sekecil dan semurah apapun. Buat dalam bentuk tabel dimana ada kolom untuk mengisi tanggal dan bulan, harga yang harus dibayar dan benda apa yang dibeli.

Lebih baik untuk mencatat pengeluaran dalam setiap periode, misalnya saja belanja dalam satu minggu. Bawalah catatan tersebut setiap Anda pergi, jika di tengah perjalanan Anda membeli sesuatu Anda bisa langsung mencatatnya. Jika Anda menggunakan smartphone, ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat setiap pengeluaran Anda. Setelah mencapai satu minggu, periksalah catatan dan tambahkan pengeluaran yang telah dilakukan selain yang sudah dibuat di catatan pada awal minggu. Dengan begitu, Anda akan tahu kemana uang Anda dihabiskan dan catatan ini bisa menjadi evaluasi agar di minggu berikutnya Anda bisa menahan pengeluaran yang sifatnya tidak penting.

Selain membuat catatan pengeluaran, kita juga perlu memahami kebiasaan yang kita lakukan dalam membelanjakan keuangan yang dimiliki. Ingat-ingat, kemana saja Anda pergi untuk membelanjakan uang tersebut. Dengan begitu Anda akan lebih teliti dalam memilih tempat yang tepat untuk membelanjakan uang yang ada.

2. Bandingkan Pemasukan dan Pengeluaran

Agar keuangan dapat dikendalikan, Anda harus tahu berapa jumlah uang yang masuk dan keluar setiap bulannya. Setidaknya Anda harus memikirkan kemana uang Anda dikeluarkan, apakah untuk kebutuhan utama seperti makanan dan transportasi atau keperluan rutin seperti biaya listrik, pulsa dan asuransi. Atau bisa jadi Anda mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang sifatnya sesekali dilakukan seperti liburan dan biaya pengobatan. Apapun itu, Anda harus membuat anggaran untuk melihat apakah Anda menghabiskan uang lebih banyak atau lebih sedikit dari kemampuan finansial Anda.

Dengan membuat rencana anggaran Anda akan melihat perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran. Perbandingan tersebut dapat digunakan untuk mengevaluasi arus keuangan yang dimiliki. Jika pemasukan lebih kecil daripada pengeluaran, artinya Anda harus mengurangi pengeluaran dan mulai untuk menahan diri agar tidak boros pada keperluan yang tidak penting dan mendesak. Sebaliknya, jika pemasukan Anda lebih besar dari pengeluaran, itu menandakan Anda memiliki uang lebih untuk disimpan. Tabungan tersebut berguna untuk memenuhi keperluan mendadak, atau mencapai tujuan di masa depan.

3. Prioritaskan Kemana Uang Anda akan Dihabiskan

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui mana kebutuhan yang harus dipenuhi dan menjadi prioritas untuk segera dibelanjakan. Sebagai perumpamaan, Anda bisa membayangkan memiliki sebuah ember besar yang berisi air. Ember tersebut ibarat pemasukan yang Anda dapatkan selama sebulan. Lalu Anda bayangkan kembali ada tiga ember kecil dimana masing-masing ember tersebut mewakili pengeluaran yang bersifat kebutuhan dasar, keinginan yang akan dipenuhi dan keperluan ekstra yang sifatnya hanya untuk bermewah-mewahan.

Nah, Anda perlu mengatur dengan seksama, air dari ember besar tersebut harus bisa dibagi dengan tepat ke setiap ember kecil. Artinya, Anda harus membuat tabel yang membagi antara kebutuhan dasar seperti makan, listrik, gas, biaya kesehatan dan sebagainya. Lalu kebutuhan yang termasuk keinginan atau target yang ingin dicapai seperti biaya pendidikan, mobil, membayar cicilan dan sebagainya. Kemudian ada kebutuhan ekstra seperti liburan, makan di café, memberi hadiah atau sumbangan. Sebaiknya penuhi dahulu kebutuhan dasar sesuai catatan yang telah dibuat.

Jika Anda memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk memenuhi target hidup untuk kesejahteraan di masa depan. Sesekali Anda juga boleh mengeluarkan uang untuk bersenang-senang, tetapi harus diperhatikan jangan sampai pengeluaran tersebut melebihi anggaran yang telah ditetapkan. Buatlah list apakah ada kebutuhan yang bisa dipangkas atau diganti dengan alternatif lain yang lebih terjangkau harganya. Dengan begitu, Anda dapat melihat dan mengatur keseimbangan antara pemasukan dengan pengeluaran, serta dapat menyimpan uang yang berlebih setelah memenuhi kebutuhan selama sebulan.

4. Buatlah Uang Berputar Secara Otomatis

Setelah Anda menerapkan cara di atas, Anda akan mendapatkan sebuah cara agar semua hal terjadi secara otomatis. Artinya keuangan Anda akan berjalan tanpa perlu membuat Anda pusing untuk mengaturnya. Anda bisa membayar keperluan yang sifatnya kredit atau sewa langsung dari rekening bank tepat setelah uang Anda masuk ke rekening. Anda juga bisa mencegah pengeluaran yang besar pada bulan-bulan tertentu, dengan menandai hari ulang tahun atau momen spesial yang dirayakan pada kalender. Dengan begitu, Anda punya banyak waktu untuk menyisihkan uang secara bertahap hingga hari perayaan tiba.

Selain itu, Anda harus memastikan apakah arus keuangan masih pada jalur yang ditetapkan atau meleset jauh dari anggaran. Caranya dengan memeriksa catatan anggaran secara rutin. Bila perlu, Anda bisa menempel beberapa pesan singkat untuk mengingatkan Anda mengenai pengeluaran pada pintu kulkas. Cara-cara di atas sangat mudah dilakukan asalkan ada kemauan. Pada akhirnya, Anda akan lebih mudah mengatur keuangan sehingga bisa memenuhi tujuan hidup yang lebih besar seperti pendidikan yang tinggi untuk anak hingga liburan bersama keluarga di masa yang akan datang.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips cepat mengatur keuangan yang baik, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Langkah-langkah Mempersiapkan Dana Pernikahan Agar Kantong Tidak Jebol
Nasehat Finansial ini Patut Diajarkan ke Generasi Selanjutnya
Anggaran, Kunci Sukses Perencanaan Keuangan Anda
10 Tips Keuangan bagi Pelajar yang Baru Lulus Sekolah
Bagaimana Cara Hidup Hemat Berumah Tangga?
Aturan Finansial Pribadi yang Tidak Boleh Dilanggar
Ajarkanlah Tip Keuangan Ini pada Anak Anda!
Persiapan Bila Usaha Mengalami Bencana Alam
Inilah Cara Jitu untuk Mempersiapkan Dana Kuliah Anak
UangTeman.com Tawarkan Pinjaman Uang Online


Bagikan Ke Teman Anda