Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Ibu Rumah Tangga Jepang dalam Menyimpan Uang

Untuk masyarakat Jepang, menjadi ibu rumah tangga juga dianggap sebagai sebuah pekerjaan. Selain mengurus keluarga dan rumah, wanita Jepang juga harus terampil dalam menghitung biaya hidup mereka sehingga ada banyak uang yang bisa lebih dihemat. Hal ini dilakukan karena sebagian besar rumah tangga di Jepang merupakan keluarga kelas menengah. Gaji yang tidak terlalu besar, biaya hidup yang sangat tinggi dan berbagai hal lain membuat para ibu di Jepang sangat berhati hati agar bisa menghemat pengeluaran. Beberapa tips ibu rumah tangga Jepang dalam menyimpan uang ini sebaiknya juga harus anda lakukan agar bisa lebih berhemat.

1. Menarik Semua Gaji yang Masuk

Para ibu rumah tangga selalu menarik tunai seluruh gaji yang sudah didapatkan meski dibayarkan tepat waktu ke rekening mereka yang bertujuan agar uang tersebut bisa lebih mudah dikelola. Perlu diketahui jika uang dalam rekening akan lebih susah untuk dikontrol dan melacak pengeluaran secara debit.

Saldo minimal juga sering kali menjadikan perhitungan anggaran juga jadi tidak terlalu akurat. Uang yang ditarik tersebut kemudian akan dipisahkan sesuai dengan kebutuhan dan ditempatkan dalam area khusus seperti untuk kebutuhan sehari hari, untuk membayar tagihan atau untuk tabungan. Dengan ini, maka gaji bulanan yang didapatkan bisa langsung dipakai untuk hal yang sudah direncanakan sebelumnya namun sangat membutuhkan kedisiplinan serta komitmen yang baik untuk melakukan hal ini.

2. Pergi ke Supermarket Dengan Daftar Belanja

Mungkin banyak yang tidak menyadari jika gaji bulanan juga bisa lebih cepat habis jika anda pergi ke supermarket tanpa membawa daftar belanja. Ibu rumah tangga Jepang terlebih dulu selalu membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket agar pembelian barang di luar rencana juga bisa dihindari.

Jika anda berkeliling supermarket tanpa tujuan, maka ini akan membuat anda lebih mudah tergoda dengan berbagai promo, diskon atau keinginan membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting. Sedangkan untuk para ibu di Jepang akan melakukan hal berbeda yakni membeli semua barang yang sudah ada dalam daftar dan langsung menuju ke kasir.

3. Membandingkan Harga

Selain membawa daftar belanjaan, ibu rumah tangga di Jepang juga memiliki kebiasaan membandingkan harga sebelum membeli. Ibu rumah tangga di Jepang selalu meluangkan waktu untuk membandingkan harga barang dari semua merek yang ada di pasar.

Ini mereka lakukan untuk mendapatkan pilihan tentang harga dan juga nilainya. Sedangkan untuk yang gemar minum kopi di kafe atau toko terkenal, maka akan pindah ke kedai kopi lokal yang memiliki rasa kopi tetap nikmat namun dengan harga yang lebih murah.

4. Selalu Membawa Botol Minuman

Kebiasaan ibu rumah tangga di Jepang untuk membawa botol air kemanapun memang mungkin terlihat sebagai hal kecil namun bisa memberikan dampak positif yang besar untuk tabungan.

Hal ini sebenarnya tidak hanya dilakukan para ibu rumah tangga namun juga anak muda di Jepang untuk menghindari membeli minuman ringan dari minimarket atau mesin penjual otomatis mengingat penjualan minuman botol di Jepang memang semakin banyak. Selain bisa menghemat keuangan, membawa botol minum kemanapun ini juga sangat penting karena ramah lingkungan dibandingkan dengan botol plastik sekali pakai.

5. Tidak Meremehkan Uang Koin

Koin juga menjadi salah satu aset yang sangat berharga untuk para ibu rumah tangga di Jepang. Mereka sudah terbiasa untuk meletakkan uang koin yang tersisa dalam celengan. Meski terlihat sangat sederhana, akan tetapi anda sendiri nantinya bisa terkejut dengan hasil uang koin yang dikumpulkan dalam waktu setahun tersebut.

6. Menjual Barang Bekas

Kebiasaan selanjutnya yang dilakukan ibu rumah tangga Jepang adalah mengelola barang bekas dan benda yang sudah tidak digunakan kemudian dijual kembali. Apabila anda memiliki baju baru, maka tentunya anda juga akan mengurangi koleksi baju lama yang sudah dikumpulkan selama beberapa tahun tersebut khususnya jika memang sudah tidak digunakan. Hal ini bisa berdampak baik karena rekening tabungan juga bisa bertambah banyak khususnya jika nilai koleksi barang anda juga masih mahal ketika dijual.

7. Merencanakan Tabungan Dengan Baik

Untuk pengeluaran di waktu berikutnya seperti renovasi rumah atau untuk liburan, ibu rumah tangga di Jepang juga terbiasa untuk membuat target menabung yang harus terpenuhi setiap minggunya. Dengan ini, maka proses menabung tidak akan terasa berat dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya yang juga sangat tepat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari anda.

8. Membeli Peralatan Tahan Lama

Sebagian ibu rumah tangga biasanya berpikir jika membeli furniture dengan harga yang murah karena beranggapan jika harga murah bisa membantu mereka untuk mengurangi biaya pengeluaran. Namun untuk ibu rumah tangga di Jepang, mereka terbiasa membeli peralatan yang berkualitas dan tahan lama untuk mengurangi biaya perbaikan dan mengurangi biaya untuk membeli peralatan baru yang juga bisa anda contoh agar bisa mengurangi biaya pengeluaran membeli berbagai peralatan.

9. Mencari Pekerjaan Paruh Waktu

Cara ibu rumah tangga Jepang menyimpan uang selanjutnya juga dilakukan dengan cara bekerja paruh waktu. Mereka juga mencari pekerjaan yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki dari rumah. Hal ini dilakukan ibu rumah tangga sebagai tindakan berjaga jaga ketika suami mereka bangkrut atau memiliki masalah dalam pekerjaan mereka.

10. Memperhatikan Waktu Membuka Lemari Es

Meski terlihat sederhana, namun para ibu rumah tangga juga selalu memikirkan apa saja yang akan mereka ambil dari lemari es tersebut. Ini dilakukan para ibu Jepang karena mengurangi frekuensi membuka dan menutup lemari es juga bisa mengurangi listrik yang terpakai dan tentunya juga berpengaruh pada penyimpanan uang mereka.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips ibu rumah tangga Jepang dalam menyimpan uang, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Tip Agar Semakin Dewasa Keuangannya
12 Aturan Keuangan yang Harus Dipahami oleh Anak-anak
6 Fakta Bisnis Orang Jepang
Jangan Beli Jenis Barang Ini dalam Kondisi Baru
Keuangan Kacau Karena Menunda-nunda?
Sehatkah Keuangan Anda? Ukur dengan 8 Cara Berikut Ini
Tip Sederhana untuk Berhemat
Kebutuhan yang Seharusnya Harganya Tidak Sampai 1 Juta
Nasehat Keuangan untuk Orang yang Belum Mandiri
Inilah 4 Langkah Jitu Mengumpulkan Dana Darurat


Bagikan Ke Teman Anda