Kami menyediakan berbagai simulasi kredit, dari kredit mobil, kredit rumah, kpr, kartu kredit dan lain-lain. Simulasi pinjaman bisa juga dilakukan di sini.

Tips Keuangan untuk Anak Muda

Anak muda identik dengan sifatnya yang bebas dan seolah tanpa batas untuk selalu mencoba hal-hal baru di sekitarnya dengan penuh semangat. Seperti jalan-jalan, shopping, hang out ke tempat yang lagi nge-hits bareng sahabat.
Namun semangat ini terkadang berbanding terbalik dengan semangatnya dalam mengatur keuangannya yang bisa dibilang payah dan asal-asalan. Ini karena anak muda lebih menuruti keinginannya bukan memprioritaskan kebutuhannya.

Jangankan anak muda, orang yang sudah dewasa saja bila tak tahu caranya bisa kelabakan kalau menyangkut masalah pengelolaan uang.
Namun bukan berarti anak muda tak bisa melakukan apapun yang diinginkan, simak tips berikut ini agar masa muda anda tak terbuang sia-sia.

1. Rencanakan Pendidikan

Jika anda terbiasa bekerja dan mendapat uang sendiri sejak masih bersekolah, mungkin sebuah gelar sarjana bukan sesuatu hal yang penting. Namun perlu diingat bahwa bagaimana pun juga pendidikan memiliki peranan yang sangat penting.

Ketika masih muda memang belum terasa karena fisik yang kuat, seolah tanpa perlu titel sarjana anda mampu menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Namun pernahkah anda berpikir untuk bekerja tidak hanya mengandalkan fisik saja? Karena fisik bisa mengalami penurunan kemampuan, namun pendidikan yang tinggi akan tetap memiliki tempat yang dimana pun dan bisa jadi sebuah investasi di masa depan.

Jangan biarkan masa muda hilang dengan menyia-nyiakan kesempatan belajar di perguruan tinggi. Karena pendidikan yang tinggi akan membantu anda memiliki jaringan yang tidak terbatas sehingga bisa membuka peluang yang lebih lebar di masa depan.

Namun terkadang memang biaya menjadi kendala tersendiri yang membuat langkah menuju perguruan tinggi sedikit terhalang. Tak perlu khawatir karena ada beberapa bank yang memiliki program pinjaman untuk calon mahasiswa. Sehingga keinginan memiliki pendidikan yang tinggi bukan lagi hanya sebuah impian belaka.

Yang perlu diingat bahwa, pendidikan jauh lebih penting dari sekadar uang. Dengan pendidikan anda tak hanya bisa mendapatkan uang namun bisa membuat uang bekerja untuk anda. Jadi jangan remehkan soal pendidikan.

2. Temukan Tujuan Hidup yang Ingin Dicapai

Terkadang menentukan tujuan hidup bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anak muda yang masih ingin menjalani hidupnya dengan sesuka hati. Jika anda mengalami kesulitan, coba lihatlah kembali apa sih yang sebenarnya ingin anda capai di dalam hidup ini?

Setiap orang terlahir dengan bakat dan kemampuan alaminya masing-masing, dan hanya dirinya lah yang mengetahuinya bukan orang lain. Pilih karir yang membuat potensi diri anda semakin maksimal agar hidup menjadi lebih berarti. Tetapi, tak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut.

Namun jangan pernah berhenti untuk selalu mencoba mewujudkan impian di hidup anda, karena dengan impian dan tujuan hidup yang pasti semua rintangan akan terasa menjadi lebih mudah untuk dihadapi.

3. Mulai Rencanakan Masa Tua Mulai Dari Sekarang

Ketika anda mulai mendapatkan pekerjaan pertama anda, jangan ragu mempersiapkan masa tua dari sekarang. Beberapa pekerjaan memang memberikan fasilitas pensiun, namun tak ada salahnya mulai memikirkannya lebih awal, bukan?

Banyak yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk mempersiapkan hari tua nanti. Misalnya dengan membuka deposito atau program yang dikeluarkan pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Hari Tua.

Ketika premi dibayarkan lebih awal sekitar di usia 20 an, tentu yang didapat ketika memasuki masa pensiun juga akan lebih besar dibandingkan ketika baru memulai memikirkan pensiun di usia menjelang 40 tahun. Karenanya sayangi hari tua dengan mulai memikirkannya dari sekarang, agar bisa menikmati masa tua dengan penuh damai.

4. Pergunakan Uang dengan Bijak

Memang benar bila uang tidak dapat membeli kebahagiaan, tapi yang pasti uang tentulah bisa memberikan anda kenyamanan. Karenanya pergunakan uang secara bijak dan pilih apa yang ingin anda prioritaskan sebelum membelanjakannya.

Ingat ketika anda harus bekerja siang malam memeras keringat menahan rasa lelah selama sebulan dan mendapatkan gaji sebagai imbalannya. Karenanya bijaklah membelanjakan penghasilan anda untuk sesuatu hal yang penting dan bermakna. Agar kerja keras di masa muda tidak habis sia-sia tanpa tersisa.

5. Pakai Kartu Kredit dengan Lebih Terencana

Memiliki kartu kredit memang memberikan banyak kenyamanan yang luar biasa. Sehingga tak heran banyak penggunanya menjadi sedikit terlena untuk menggunakannya sesuka hati. namun ingatlah bila kenyamanan tersebut berbanding terbalik ketika tiba waktunya untuk membayar tagihannya, sungguh bisa sangat sulit sekali.

Karenanya ketika anda memiliki kartu kredit, pergunakan dengan penuh rasa tanggung jawab untuk hal-hal yang memang penting. Bayar tagihannya sesuai tanggal jatuh tempo, bayar setiap rupiah yang tertera di billing statement dan jangan menundanya. Maka kartu kredit bisa menyelamatkan kehidupan anda.

Namun bila anda tidak mampu berkomitmen dengan kartu kredit yang anda miliki, maka ada baiknya jangan pernah berpikir untuk memilikinya.

6. Bangun Hubungan Baik di Tempat Kerja

Ketika berada di tempat kerja, bangunlah sikap yang baik dan ramah pada setiap rekan kerja. Perlakukan mereka dengan hormat dan santun, sebagaimana anda ingin diperlakukan dan jangan menunggu orang lin untuk bersikap baik atau ramah.

Mulai dengan diri sendiri, karena sikap mereka merupakan cerminan dari sikap anda sendiri. Seperti saat anda tak ingin orang lain berbicara buruk mengenai diri anda maka jangan pula mengurusi kehidupan orang lain.

Hubungan baik di dunia kerja akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, dan akhirnya menimbulkan suasana yang menyenangkan. Tentunya akan lebih berharga dari sekadar uang, bukan.

Semua orang pastilah pernah mengalami masa muda, namun tak semua orang melalui masa mudanya dengan lebih terencana. Dan ketika menyadarinya hal tersebut sudah sangat terlambat.

Masa muda memang masanya untuk bersenang-senang, namun jangan lupa untuk juga menata masa depan agar hingga masa tua nanti anda masih bisa bersenang-senang tak hanya di masa muda saja. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang tips keuangan untuk anak muda, semoga bermanfaat bagi Anda semua.



Kebiasaan-kebiasaan Ini Tanpa Disadari Termasuk Pemborosan
Evaluasi Kesehatan Keuangan Anda? Ini Dia Caranya!
6 Rahasia Menyimpan Uang yang Perlu Anda Ketahui
6 Tip Mempersiapkan Krisis Ekonomi yang Dapat Dicoba
Apa itu Pinjam.co.id?
Tip Agar Semakin Dewasa Keuangannya
Tips Mengelola Anggaran Keluarga Secara Umum
5 Kebiasaan Soal Uang Ini Akan Membuat Anda Jadi Kaya
6 Jenis Biaya yang Semestinya Bisa Dihindari
9 Tips Keuangan untuk Keluarga Kecil Berbahagia


Bagikan Ke Teman Anda